avatardisplay_general
DISITU
07 Jul 2018

Hukum Gadai Mobil Tanpa BPKB di Penyedia Gadai

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180707/Ketahuilah Hukum Gadai Mobil Tanpa BPKB di Penyedia Gadai.jpg

Ketika melakukan kredit mobil memang biasanya BPKB mobil dipegang oleh pihak penyedia kredit. Hal ini sebagai langkah pengamanan agar mobil yang sedang dalam tahap kredit aman. Tapi, kadang kala kebutuhan mendesak mengharuskan pemilik mobil untuk menempuh jalan gadai. Hanya saja harus diingat ada hukum gadai mobil tanpa BPKB yang tertulis dan tidak tertulis di antara penyedia gadai. Hukum-hukum inilah yang harus Anda ketahui terlebih dahulu sebelum mulai menggadaikan mobil Anda.

1. Tidak Semua Menerima Mobil Tanpa BPKB

Hukum pertama yang harus Anda ketahui adalah bahwa tidak semua perusahaan gadai menerima gadai mobil tanpa BPKB. Ini karena resiko yang ditanggung gadai mobil tanpa BPKB lebih besar. Apalagi banyak kasus yang ternyata berawal dari gadai mobil tanpa BPKB ini. Seperti kasus gadai mobil rental yang pada akhirnya menyeret pihak penyedia gadai ke ranah hukum. Ini karena pihak penyedia gadai dianggap sebagai penadah dari hasil kejahatan pelaku. Tak heran jika banyak penyedia gadai menolak pengajuan gadai mobil tanpa BPKB. Namun, ada juga penyedia gadai yang menerima gadai mobil tanpa BPKB dengan syarat tertentu.

2. Ada Persyaratan Tertentu

Seperti pada poin pertama disebutkan bahwa penyedia gadai yang menerima gadai tanpa BPKB memiliki persyaratan tertentu. Syarat yang diajukan tergantung dari perusahaan penyedia gadai. Namun umumnya terkait dengan keterangan dari penyedia kredit yang menahan BPKB calon nasabah. Keterangan ini yang nantinya menjadi bukti untuk ditindaklanjuti, apakah kemudian gadai disetujui atau tidak.

3. Untuk Mobil Kredit Ada Minimal Lunas Kredit

Biasanya setiap perusahaan gadai memiliki hukum gadai mobil tanpa BPKB yang menyangkut jumlah kredit yang lunas. Ini berkaitan dengan gadai mobil tanpa BPKB akibat masih dalam masa kredit. Minimal kredit lunas ini berlaku sejumlah nilai gadai yang diajukan. Kredit lunas biasanya harus lebih dari 80% dari total kredit. Ada juga yang mensyaratkan jika total kredit yang lunas harus lebih besar dari total gadai yang diajukan. Untuk itulah ketika akan mengajukan gadai Anda sebaiknya bertanya pada pihak penyedia gadai terkait total kredit lunas minimal.

4. Dana Cair Tergantung Jumlah Kredit Lunas

Poin ketiga berkaitan dengan dana cair. Apalagi jika perusahaan gadai menerapkan total dana yang lunas tidak boleh kurang dari plafon pinjaman dari gadai. Semakin sedikit kredit yang lunas tentu semakin sedikit pula plafon yang dihasilkan. Untuk itu harus dipastikan berapa jumlah dari plafon gadai yang disetujui oleh pihak gadai. Konsultasikan juga dengan pihak penyedia kredit untuk masalah ini. Jangan sampai ternyata kasus gadai ini menyeret Anda ke pengadilan. Karena banyak masalah gadai kredit yang berujung pengadilan karena tuduhan penggelapan.

5. Penyedia Jasa Kredit Juga Disoroti

Selanjutnya yang dilihat dari penyedia jasa gadai saat melakukan gadai mobil tanpa BPKB adalah pihak penyedia kredit.  Gadai tanpa BPKB lebih mudah disetujui bila penyedia kredit adalah pihak resmi dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Ini karena pihak resmi dari Otoritas Jasa Kredit dinilai lebih terpercaya dibanding pihak lainnya. Jadi sebelum mengajukan gadai sebaiknya tanyakan kepada pihak gadai apakah pihak mereka menerima gadai dari tempat Anda melakukan kredit. Anda juga dapat meminta daftar penyedia kredit yang disetujui oleh pihak pegadaian.

Beberapa hal di atas merupakan hukum gadai mobil tanpa BPKB dari penyedia gadai.  Hukum-hukum tersebut merupakan hukum tertulis dan tidak tertulis. Anda harus mencermati setiap peraturan dari penyedia gadai untuk memastikan apakah gadai Anda disetujui atau tidak.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu