avatardisplay_general
DISITU
05 Jul 2018

Kendaraan Untuk Gadai Mobil Di Pegadaian Tanpa BPKB

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180705/Ketentuan Kendaraan Untuk Gadai Mobil Di Pegadaian Tanpa BPKB.jpg

Gadai mobil tanpa BPKB hampir dikatakan sebagai hal yang mustahil. Ini karena jarang sekali pegadaian yang mau menerima gadai mobil tanpa adanya BPKB. Selain masalah keamanan yang mengintai, pihak gadai juga terancam terseret hukum bila ternyata kendaraan tersebut bermasalah. Ini karena pihak gadai dianggap sebagai penadah dari barang curian atau barang hasil penggelapan. Tapi, ada beberapa tempat yang menerima gadai mobil tanpa BPKB. Namun, ini dilakukan dengan kondisi tertentu. Harus diketahui bahwa beberapa tempat gadai mensyaratkan kendaraan-kendaraan yang dapat digunakan untuk gadai. Berikut ini syarat-syarat kendaraan untuk gadai mobil di pegadaian tanpa BPKB yang harus Anda ketahui.

1. Tahun Kendaraan

Tahun kendaraan menjadi syarat wajib hampir di semua tempat gadai. Jadi tiap tempat gadai memiliki syarat tahun tersendiri yang wajib dipenuhi. Ada memang pegadaian yang tidak mensyaratkan tahun kendaraan. Namun, memang lebih banyak yang mensyaratkan tahun kendaraan. Rata-rata gadai mobil menggunakan tahun 2005 sebagai tahun batas kendaraan yang akan di gadai. Tapi, banyak juga yang mensyaratkan tahun 2009 ke atas untuk tahun gadai. Ini berkaitan dengan kondisi kendaraan serta harga jual di pasaran.

2. Merk Kendaraan

Untuk selanjutnya yang biasanya menjadi syarat dipegadaian adalah merk kendaraan. Syarat yang satu ini memang sebenarnya jarang terdapat di pegadaian. Karena lebih sering pegadaian yang tidak mensyaratkan merk mobil. Tapi, ada beberapa pegadaian yang menggunakan merk mobil tertentu sebagai syarat. Ini sekali lagi berkaitan dengan harga jual di pasaran. Jadi sebelum mulai gadai, ada baiknya Anda menanyakan apakah ada syarat merk kendaraan yang diperlukan atau tidak. Jika iya, sebaiknya mintalah daftar merk kendaraan yang diterima oleh pegadaian tersebut.

3. Kondisi Kendaraan

Syarat kendaraan untuk gadai mobil di pegadaian tanpa BPKB selanjutnya adalah kondisi kendaraan. Maksud dari kondisi kendaraan adalah kondisi fisik dari kendaraan. Termasuk mesin dan berbagai hal lainnya. Tentu pegadaian tidak mau menerima kendaraan yang sedang dalam kondisi rusak. Untuk itulah saat melakukan pegadaian biasanya pihak pegadaian meminta barang untuk dibawa. Fungsinya untuk mengecek kondisi kendaraan. Sehingga akan keluar harga yang tepat untuk hasil gadai kendaraan tersebut.

4. Surat-Surat Pengganti BPKB

Selain kondisi fisik, tahun dan merk biasanya pihak pegadain juga mensyaratkan surat-surat pengganti BPKB. Maksud dari surat-surat pengganti BPKB seperti STNK, KK, KTP dan keterangan kredit dari pihak penyedia kredit. Ini diperlukan untuk memastikan apakah pihak nasabah benar-benar sedang melakukan kredit sehingga BPKB-nya ditahan pihak kredit. Karena gadai tanpa BPKB biasanya disetujui pihak kredit hanya dalam kondisi BPKB yang ditahan karena kredit. Untuk kondisi lain seperti hilang dan memang tidak memiliki BPKB jarang sekali yang mau menerima kendaraan dengan kondisi seperti itu. Surat dari penyedia kredit juga diperlukan untuk memastikan apakah riwayat kredit calon nasabah bermasalah atau tidak. Calon nasabah yang memiliki riwayat kredit macet tentu akan memiliki penilaian tersendiri dalam persetujuan gadai.

5. Kepastian BPKB

Terakhir biasanya syarat yang dilihat dari kendaraan adalah kepastian kapan BPKB tersebut dapat diterima penyedia gadai. Jika ternyata BPKB masih diterima dalam jangka waktu cukup lama biasanya penyedia gadai akan menolak. Sebaliknya jika kepastian BPKB kendaraan dapat diterima dengan cepat maka kemungkinan besar gadai akan disetujui. Tapi, untuk masalah ini juga bergantung pada persyaratan masing-masing tempat gadai.

Ada beberapa syarat yang biasanya diajukan tempat gadai. Apalagi dalam kasus gadai mobil di pegadaian tanpa BPKB biasanya syarat yang dipenuhi juga cukup banyak. Terutama terkait dengan surat-surat pengganti BPKB yang harus menyertakan keterangan dari pihak penyedia kredit. Ini menjadi langkah pengalaman dari pihak penyedia gadai. Karena ada banyak kasus gadai tanpa BPKB yang ternyata bermasalah sehingga harus diperkarakan di ranah hukum. Seperti misalnya kasus mobil yang digadaikan hasil curian atau hasil penggelapan. Kasus-kasus seperti ini yang diantisipasi oleh pihak penyedia gadai dengan berbagai macam persyaratan tersebut.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu