avatardisplay_general
DISITU
26 Aug 2018

Ketentuan Untuk Gadai BPKB Motor Kelapa Gading

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180826/Ketentuan Yang Harus Dipenuhi Jika Ingin Gadai BPKB Motor Kelapa Gading.jpg

Banyak cara yang biasa dilakukan masyarakat Kelapa Gading untuk menutupi kekurangan dana yang dibutuhkan. Ada yang memilih untuk berhutang kepada saudara, meminjam uang di bank, maupun menggadaikan barang yang dimiliki. Namun, hingga saat ini gadai BPKB motor dianggap sebagai solusi terbaik untuk mendapatkan uang secara cepat. Dengan cara ini Anda tidak perlu menjual barang untuk mendapatkan uang yang Anda butuhkan. Lalu, apa saja ketentuan gadai BPKB motor Kelapa Gading yang perlu dipenuhi? Berikut penjelasan lengkapnya :

1. Adanya Barang Jaminan

Barang jaminan mutlak harus ada dalam mengajukan pinjaman uang ke pegadaian. Dan setiap pengajuan pinjaman ke pegadaian harus disertai dengan barang jaminan yang memiliki nilai gadai. Nilai barang jaminan tersebut yang nantinya akan menentukan nilai pinjaman maksimal yang bisa disetujui oleh pegadaian. Tak terkecuali dengan gadai BPKB motor.

2. Adanya Biaya Administrasi

Dalam setiap transaksi pasti akan dikenakan biaya administrasi termasuk saat melakukan gadai BPKB motor Kelapa Gading. Namun besarnya biaya administrasi di setiap pegadaian tidaklah sama tergantung nilai pinjaman yang disetujui oleh pihak pegadaian. Semakin besar nilai pinjaman artinya semakin besar pula biaya administrasi yang diperlukan. Begitu juga sebaliknya, jika nilai pinjaman kecil berarti biaya administrasinya juga kecil. Biaya administrasi di pegadaian biasanya 1% dari nilai pinjaman. Biaya ini bisa dibayarkan secara tunai atau lewat pengurangan pinjaman yang akan diterima nasabah.

3. Jangka Waktu Pinjaman

Jangka waktu pinjaman di pegadaian dengan sistem gadai barang termasuk ke dalam pinjaman singkat. Batas waktu maksimalnya tidak bisa mencapai tahunan seperti halnya pinjaman di bank. Jangka waktu pinjaman di pegadaian maksimal hanya 4 bulan atau kurang lebih 120 hari. Jika jatuh tempo atau jangka waktu telah berakhir, artinya nasabah harus menebus barang yang dijaminkan. Yaitu dengan membayar pinjaman pokok plus bunganya atau yang diistilahkan dengan sewa modal.

4. Sistem Pelunasan

Untuk masalah pelunasan, nasabah dapat menebus barang gadai atau melunasi pinjaman selama masa berlakunya pinjaman. Artinya, menebus barang gadai atau pelunasan tidak harus menunggu jatuh tempo. Untuk memperkecil sewa modal atau bunga yang harus dibayarkan, disarankan Anda melunasi pembayaran sebelum jatuh tempo.

 Lalu, bagaimana kalau pinjaman telah jatuh tempo tetapi Anda belum memiliki uang untuk menebus barang gadai Anda?. Solusinya, Anda harus memperpanjang jangka waktu pinjaman selama 120 hari ke depan dengan hanya membayar bunga atau sewa modalnya saja. Agar Anda lebih ringan dalam menebus barang gadai, pegadaian biasanya menerapkan sistem cicilan. Artinya,Anda bisa mencicil pinjaman selama berlangsungnya masa pinjaman.

5. Pelelangan Barang Gadai

Ini yang wajib Anda perhatikan. Jika Anda tidak bisa menebus atau memperpanjang masa pinjaman barang yang digadai sebagai jaminan, maka pegadaian akan melelang barang tersebut. Untuk waktu pelelangan biasanya telah dicantumkan secara detail pada Surat Bukti Kredit (SBK) yang diberikan kepada Anda saat persetujuan transaksi.

Namun sebelum dilakukan pelelangan barang gadaian, biasanya Anda akan menerima SMS pemberitahuan ke nomor yang Anda cantumkan di biodata peminjaman. Jika Anda tidak memberi respon dalam jangka waktu toleransi penebusan, maka pegadaian akan otomatis melelang barang gadaian Anda tersebut.

Nah, itulah uraian mengenai syarat-syarat melakukan gadai BPKB motor Kelapa Gading. Jika Anda menginginkan sistem peminjaman uang yang lebih praktis dengan syarat yang tidak ribet, Anda bisa memilih sistem peminjaman online. Salah satu jasa peminjaman online terbaik yang direkomendasikan adalah disitu.com. Cermati dan tentukan jenis pinjaman yang akan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.