avatardisplay_general
DISITU
23 Sep 2018

Komikus Indonesia yang Melebarkan Sayap di Mancanegara

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180923/Jajaran Komikus Indonesia yang Sukses Melebarkan Sayap di Mancanegara.jpg

Saat masih duduk di bangku sekolah komik tentu menjadi kenangan yang tidak dapat dilepaskan. Rangkaian kisah seru yang dikemas dalam gambar-gambar menarik menjadikan komik seolah tidak pernah lekang oleh waktu. Bahkan dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini, para penggemar komik semakin dimanjakan dengan adanya aplikasi komik digital atau webtoon.

Melalui aplikasi tersebut, siapa saja bisa membaca beragam genre komik mulai dari kisah action sampai romantis. Selain itu tidak hanya ditulis oleh pengarang asal Jepang, Anda pun kini bisa menikmati karya-karya komikus Indonesia dengan kisah yang tak kalah menarik.

Bicara tentang komikus Indonesia, siapa sangka beberapa komikus tanah air rupanya telah memiliki nama di mancanegara dimana karya-karya mereka sudah diakui dunia. Beberapa di antaranya bahkan menangani proyek terkenal seperti kisah superhero dari DC Comics.

  1. Alti Firmansyah

Indonesia

Nama pertama yang sukses jadi komikus di mancanegara adalah Alti Firmansyah. Wanita alumni ITB ini menjadi line artist untuk menggambar sketsa komik berjudul Goliath Girls. Komik ini sendiri merupakan kerja sama dengan komikus Amerika Serikat bernama Sam Humphries. Bahkan berkat kesuksesan komik daring tersebut, Alti kemudian diundang dalam acara Comic Con Internasional di San Diego Amerika Serikat Juli silam.

Tidak hanya membuat Goliath Girls, Alti bahkan pernah turut dalam proyek pembuatan komik Marvel. Beberapa judul seperti “Thor vs Hulk” dan “X-Men’92” menjadi bukti kecakapannya dalam menggambar.

  1. Ardian Syaf

Indonesia

Sama dengan Alti, komikus yang satu ini juga sukses memegang sejumlah peran penting di Marvel dan DC Comics. Ardian yang lahir di Tulungagung ini pernah dipercaya menjadi komikus dalam beberapa kisah superhero seperti Batman dan X-Men.

Karirnya sebagai komikus yang mendunia dimulai saat dirinya menjadi komikus untuk majalah Indonesia seperti Bobo. Dengan kegigihan dan usaha keras akhirnya Ardian berhasil menjadi komikus yang dikenal dunia. Namun sayang karena kontroversi menyisipkan simbol “212” dan “QS 51:5”, Marvel terpaksa memberhentikan Ardian sebagai komikus. Meskipun demikian ia tidak menyerah dan masih kebanjiran tawaran untuk menjadi komikus.

  1. Chris Lie

Indonesia

Komikus tanah air lainnya yang sukses jadi komikus terkenal adalah Chris Lie. Chris yang merupakan lulusan dari ITB ini menjadi terkenal berkat karyanya dalam komik GI Joe dan juga Transformers. Tidak hanya itu ia juga membuat komiknya sendiri yang berjudul “The Birth of Labyrinth” dan diterbitkan oleh Tokyopop.

Meskipun sudah terkenal di mancanegara, rupanya Chris masih memiliki perhatian untuk dunai komik Indonesia. Kini selain disibukan dengan pekerjaannya sebagai komikus luar negeri, ia juga tengah mencoba membangun dunia komik lokal bersama komikus Indonesia lainnya.

  1. Iwan Nazif

Indonesia

Kisah para viking yang berusaha menaklukan naga dalam How to Train Your Dragon memang sangat menarik untuk ditonton. Namun tidak hanya tersaji dalam bentuk film, Anda juga bisa membaca kisahnya dalam bentuk komik. Tidak dibuat oleh komikus asing, siapa sangka Iwan Nazif seorang komikus asal Indonesia lah yang ternyata menggambar tokoh-tokoh dalam cerita tersebut. Selain menggarap proyek asal Dreamworks tersebut, Iwan juga sempat dipercaya menjadi komikus untuk komik legendaris berjudul Si Buta dari Gua Hantu yang dibuat sebagai perayaan ulang tahun ke-50 kisah tersebut.

  1. Yasmine Putri

Indonesia

Wanita lain yang sukses jadi komikus di Marvel adalah Yasmine Putri. Sama seperti Alti, wanita berwajah oriental itu sukses menjadi komikus di Marvel setelah mendaftarkan dirinya pada Comic Con 2014 silam. Sejak lolos menjadi komikus di perusahaan ternama tersebut, Yasmine telah mengerjakan sejumlah proyek seperti “Invincible Iron Man” dan juga “The Amazing Spiderman”.