avatardisplay_general
DISITU
26 Sep 2018

Kram saat Olahraga? Atasi dengan Cara Ini!

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180926/Kram%20saat%20Olahraga_%20Atasi%20dengan%20Cara%20Ini!.jpg

Untuk menjaga tubuh lebih bugar dan sehat, berolahraga merupakan cara terbaik yang bisa Anda lakukan selain menjaga pola makan. Tidak hanya untuk mendapatkan tubuh bugar, olahraga yang dilakukan secara rutin juga dapat membantu seseorang untuk mengurangi.

Sayangnya tidak semua masyarakat Indonesia melakukan olahraga secara teratur. Kebanyakan hanya melakukan aktivitas fisik saat memiliki waktu senggang atau sedang mood. Karena itu tidak mengherankan ketika kembali berolahraga banyak orang lupa untuk melakukan pemanasan sehingga menyebabkan kaki kram.

Kaki kram saat berolahraga sebenarnya tidak hanya terjadi karena kurang pemanasan. Dehidrasi serta kekurangan mineral seperti kalsium, kalium, dan magnesium juga dapat menyebabkan kaki Anda kram.

Jika Anda mengalami hal ini saat tengah berolahraga, jangan panik. Segera beristirahat dan pulihkan kaki kram dengan beberapa cara berikut ini:

 

  1. Lemaskan Otot

Olahraga

Saat kram menyerang, segera melipir dan istirahat sambil meluruskan kaki Anda. Jangan menekuk kaki karena dapat membuat kaki kram semakin parah. Secara merlahan gerakan kaki perlahan untuk mengirimkan sinyal pada tubuh bahwa otot butuh berkontraksi kemudian relaksasi.

 

  1. Pijat Bagian yang Sakit

Olahraga

Sambil terus berusaha untuk melemaskan otot kaki dengan menggerakannya perlahan, coba pijat pada bagian yang terasa kram. Misal jika bagian ujung jari kaki Anda yang kram dengan posisi tertekuk, secara perlahan coba pijat bagian tersebut. Sambil dipijat, lemaskan kaki sampai tidak ada jari yang tertekuk dan lakukan perawatan sampai rasa kram hilang.

 

  1. Minum Air Mineral

Olahraga

Selain melakukan beberapa perawatan di atas, untuk mengatasi kaki kram coba minum air mineral atau minuman yang mengandung elektrolit. Tidak hanya membantu Anda lebih tenang, cara ini juga dapat mencegah kram selanjutnya datang.

 

  1. Kompres Air Hangat

Olahraga

Untuk membuat otot kaki yang kram lebih rileks, cobalah mengompres bagian yang sakit dengan handuk air hangat. Tepuk atau balutkan handuk sambil dipijat perlahan. Namun perlu diingat, cara ini sebaiknya tidak dilakukan untuk orang yang menderita cedera tulang belakang, diabetes, serta kondisi tertentu.

Itu tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kaki kram saat berolahraga. Beberapa cara di atas memang dapat dilakukan untuk meredakan kram ringan yang Anda alami. Namun jika rasa sakit sudah sangat tidak tertahankan disertai dengan perubahan warna kulit, bengkak, dan kemerahan, maka sebaiknya Anda segera mendapatkan pertolongan medis.