avatardisplay_general
DISITU
18 Jul 2018

Kriteria Atau Syarat Gadai BPKB Mobil Tahun 97

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180718/Kriteria Atau Syarat Gadai BPKB Mobil Tahun 97.jpg

BPKB mobil merupakan benda berharga lain yang saat banyak digunakan sebagai jaminan untuk mengajukan pinjaman dana. Cara ini biasanya didasarkan karena nominal gadainya yang cukup tinggi. Selain mobil baru, ada juga mobil lama yang masih bisa digadaikan BPKBnya yaitu mobil tahun 97. Lantas adalah kriteria khusus ketika ingin gadai BPKB mobil tahun 97? Tentu saja ada dan berikut penjelasannya untuk Anda :

1. Mobil Masih Memiliki Harga Jual

Kriteria pertama ketika Anda ingin melakukan gadai BPKB mobil tahun 97 adalah mobil yang Anda jaminan masih memiliki nilai ekonomis tinggi. Hal ini cukup beralasan karena secara umum pihak kreditur akan mengabulkan permohonan pinjaman dana Anda jika barang jaminan yang diajukan masih memiliki nilai jual. Maka dari itu untuk menentukan jumlah nominal pinjaman, Anda juga harus tahu berapa kisaran harga gadai mobil yang Anda jaminkan. Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa bertanya ke pihak customer service jika menggadaikan BPKB ke bank atau pegadaian. Nantinya pihak customer service akan memberi tahu berapa nominal gadai yang bisa Anda ajukan sesuai dengan kondisi kendaraan Anda. Usahakan untuk melakukan survei terlebih dahulu karena dengan begitu akan meminimalisir pengajuan dana Anda ditolak pihak kreditur.

2. Merupakan Jenis Mobil Yang Cukup Digemari

Kriteria kedua yang harus Anda perhatikan ketika ingin menggadaikan BPKB kendaraan adalah jenis mobil itu sendiri. Secara umum, pihak kreditur akan menerima pengajuan pinjaman dana Anda jika kendaraan yang Anda jadikan jaminan merupakan jenis kendaraan yang banyak digemari. Hal ini cukup beralasan karena secara umum pihak kreditur tidak berani mengambil resiko jika harus menerima gadai barang yang kurang diminati. Selain kurang diminati, kendaraan semacam itu juga memiliki nilai gadai yang rendah dan bisa saja berisiko menggagalkan pengajuan pinjaman dana Anda. Secara umum, jenis kendaraan yang banyak diminati dipengaruhi merk pasar seperti Honda, Mitsubishi, Toyota, dan yang lainnya. Semua itu tergantung dari kebijakan yang ditetapkan oleh kreditur. Jadi sebelum menggadaikan BPKB, tanyakan dulu apakah mobil Anda masuk kriteria barang gadai yang disetujui atau bukan.

3. Surat-Surat Lengkap

Kriteria selanjutnya yang harus Anda penuhi sebelum menggadaikan BPKB kendaraan adalah mengetahui surat-surat kendaraan yang akan Anda jaminkan lengkap atau tidak. Selain BPKB, STNK kendaraan juga perlu Anda perhatikan karena jika tidak ada maka bisa saja kendaraan yang Anda jaminkan dituduh kendaraan curian. Selain surat kendaraan, Anda juga perlu menyiapkan beberapa syarat lain seperti fc. KTP, fc. KK, buku tabungan, rekening listrik, dan lain sebagainya. Semua persyaratan tersebut, nantinya akan cukup berpengaruh pada proses gadai yang akan Anda lakukan. Maka dari itu sebelum melakukan gadai, persiapkan dulu segala yang Anda butuhkan. Dengan begitu proses pengajuan pinjaman yang Anda lakukan bisa berjalan dengan lancar.

4. Tidak Terlilit Kredit Macet

Tidak terlilit kredit macet, juga termasuk kriteria atau syarat yang harus Anda penuhi ketika ingin menggadaikan BPKB kendaraan. Secara umum, mobil tahun 97 sudah tidak diproduksi lagi namun masih ada beberapa unit yang dijual dengan kondisi bekas. Selain membeli secara cash, beberapa orang lebih memilih membelinya secara kredit di sorum atau tempat jual kendaraan yang lain. Nah, untuk Anda yang melakukan pembelian mobil bekas secara kredit, usahakan untuk tidak melakukan kredit macet. Dengan begitu pengajuan dana Anda bisa berjalan dengan lancar dan sesuai keinginan. 

5. Kondisi Mobil Terawat

Kriteria terakhir yang harus Anda ketahui sebelum melakukan gadai BPKB mobil tahun 97 adalah kondisi kendaraan itu sendiri. Hal ini cukup beralasan karena secara umum kondisi kendaraan cukup berpengaruh pada nilai gadainya.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu