avatardisplay_general
DISITU
03 Nov 2018

Kuliah Gratis di Korea Selatan? Coba 5 Beasiswa Ini!

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201811/181103/banner/Kuliah%20Gratis%20di%20Korea%20Selatan_%20Coba%205%20Beasiswa%20Ini!.jpg

Korea Selatan memang menjadi salah satu negara di Asia yang memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya menarik perhatian melalui musik atau dramanya saja, negeri gingseng ini kini juga menjadi salah satu negara tujuan belajar yang banyak dilirik mahasiswa tanah air.

Untuk dapat berkuliah di Korea Selatan, Anda tidak perlu memusingkan soal biaya pendidikan. Wujudkan mimpi kuliah di Korea Selatan dengan beberapa beasiswa yang dapat dicoba seperti berikut ini:

 

  1. KGSP

Beasiswa

KGSP atau Korea Goverment Scholarship Program merupakan salah satu beasiswa ke Korea Selatan yang paling populer. Diadakan oleh Pemerintah Korea Selatan, KGSP memberikan beasiswa untuk jenjang pendidikan D2 sampai dengan S3 di berbagai universitas ternama seperti Universitas Konkuk dan Yonsei. Tidak hanya memberikan bantuan biaya pendidikan, Anda yang mendapat beasiswa ini juga akan mendapat berbagai tunjangan seperti biaya hidup, biaya penelitian, sampai dengan asuransi. Untuk mendaftar, ada dua jalur yang dapat dicoba yaitu melalui Universitas atau langsung di Kedutaan Besar Korea Selatan. Namun perlu diingat, setiap pendaftar hanya dapat mendaftar melalui satu jalur saja. Jika ketahuan mendaftar di kedua jalur, secara otomatis Anda akan langsung di diskualifikasi. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai beasiswa KGSP, silahkan mengunjungi website www.beasiswakorea.com.

 

  1. LPDP

Beasiswa

LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan memang sudah terkenal di kalangan mahasiswa dan sering menjadi incaran utama untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri. Beasiswa yang diadakan oleh Indonesia ini menawarkan bantuan pendidikan bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang S2 dan S3.  Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti beasiswa ini, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi antara lain adalah memiliki nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,0 dari skala 4,0 dan dokumen bukti penguasaan bahasa Inggris terbitan ETS seperti TOEIC. Nilai TOEIC yang harus dipenuhi pun telah ditetapkan yaitu minimal 600 untuk beasiswa dalam negeri, sementara Anda memerlukan nilai minimal 750 untuk dapat berkuliah di luar negeri seperti Korea Selatan.

 

  1. The Objective of The Art Major Asian (AMA) Scholarship Program

Beasiswa

Kabar gembira bagi Anda yang ingin belajar seni di Korea. Melalui beasiswa AMA, Anda memiliki kesempatan untuk belajar berbagai bidang seni seperti musik, seni visual, film/TV/multimedia, dance, dan seni tradisional Korea di Korea National University of Arts. Hampir sama dengan KGSP, jika berhasil mendapat beasiswa ini, maka Anda akan mendapat berbagai tunjangan seperti biaya pendidikan, tiket pesawat, uang bulanan, biaya kursus bahasa korea, sampai dengan asuransi. Sementara itu, salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi adalah usia peserta tidak boleh lebih dari 40 tahun. Syarat lainnya, Anda akan diminta untuk mengisi formulir, menyerahkan portofolio dalam bahasa Inggris, ijazah pendidikan sebelumnya, dan dokumen bukti penguasaan bahasa seperti bahasa Inggris atau Korea.

 

Baca jugaAsuransi Mandiri, Asuransi Teman Perjalanan Anda

 

  1. Beasiswa Riset

Beasiswa

Tertarik dengan dunia sains dan riset? Beasiswa riset adalah pilihan yang tepat! Melalui beasiswa ini, Anda dapat mengembangkan kemampuan penelitian di sejumlah universitas ternama seperti University of Science and Technology, Korea. Tidak hanya itu, melalui beasiswa ini Anda juga berkesempatan untuk kuliah dan melakukan penelitian di Government Funded-National Research Institute (GF-NRIs). Bagi Anda yang tertarik, ada 32 universitas yang dapat dipilih dan setiap bulannya peserta beasiswa akan diberikan tunjangan sebesar 1,2 KRW untuk jenjang S2 dan 1,6 juta untuk jenjang S3. Menarik bukan?

 

  1. POSCO TJ Park Foundation

Beasiswa

Satu lagi beasiswa ke Korea Selatan yang dapat Anda coba adalah beasiswa dari POSCO TJ Park Foundation. Beasiswa yang diberikan oleh Yayasan asal Korea Selatan ini menawarkan pengalaman belajar gratis untuk jenjang S2 dan S3. Tidak hanya mendapat pendidikan gratis, Anda juga akan mendapatkan uang tunjangan setiap bulannya. Yang lebih menyenangkan lagi, beasiswa ini hanya ditujukan bagi warga negara asia sehingga kesempatan Anda juga semakin besar.