Dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 2018, semua data pengajuan yang masuk melalui DISITU.COM akan diproses kembali pada tanggal 19 Juni 2018. DISITU.COM mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H

23 March 2018 00:00

Kuliah Sambil Kerja? 7 Hal & 5 tips ini Harus Kamu Syukuri

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/583 Kuliah Sambil Kerja 7 Hal dan 5 tips ini Harus Kamu Syukuri.jpg

Tak semua orang bisa menjalani antara kuliah dan bekerja dalam waktu yang bersamaan. Konsekuensi yang tak pernah mudah membuat salah satunya kadang harus dikorbankan. Tapi meski begitu, kedua hal ini bukan tak mungkin bisa dilakukan bersama. Seperti kamu yang saat ini sedang berjuang menaklukan pekerjaan serta pendidikan di waktu yang bersamaan. Pasti banyak kesulitan yang kamu alami, tapi dibalik itu semua akan banyak hal manis yang akan kamu rasakan.

  1. Semakin keras usaha kamu, makin besar pula hasil yang didapat. Kamu akan siap kerja begitu lulus kuliah

Bekerja sambil kuliah, kalau dipikir-pikir pasti begitu berat rasanya. Lelah jangan ditanya lagi, karena apa yang kita lakukan dua kali lebih banyak dibandingkan dengan teman-temanmu yang lainnya. Saat mahasiswa yang lain akan pulang ke tempat kosnya atau malah nongkrong bersama teman-teman selepas kuliah, berbeda dengan kamu yang langsung meluncur ke tempatmu bekerja. Rasanya dapat waktu istirahat sejam atau dua jam saja jadi waktu yang tak ternilai harganya untukmu.

Mungkin sekarang kamu hanya beranggapan bahwa yang akan kamu dapatkan hanyalah lembaran rupiah untuk menopang kehidupanmu selama ini. Tapi ternyata bekerja sambil kuliah punya manfaat yang lain, yaitu kamu sudah punya pengalaman kerja sebelum lulus kuliah. Memiliki pengalaman kerja sangat bermanfaat untukmu selepas lulus kuliah nanti, karena kamu yang sudah memiliki pengalaman jelas diutamakan oleh kantor atau perusahaan yang ingin kamu masuki nanti.

  1. Terbiasa melakukan banyak hal sekaligus, kamu jadi lebih cekatan dan pandai mengatur waktu setiap harinya

Banyak kelebihan yang akan menyertaimu, seorang mahasiswa yang mau bekerja sambilan. Bukan hanya materi, menjadi lebih cekatan dan mampu membagi waktu juga jadi keuntungan yang akan kamu dapatkan. Bagaimana tidak, kamu harus sudah ada di tempat kerja tepat saat jam kuliahmu selesai. Mau tidak mau kamu harus bisa cepat mengerjakan tugas-tugas kuliah. Tak hanya itu, bekerja tepat sasaran dan bisa kejar target membuatmu tak bisa bermalas-malasan setiap harinya. Tidak hanya diharuskan kerja cepat, namun kamu juga wajib kerja tepat.

Awalnya mungkin kamu merasa keteteran dan sulit membagi waktu. Selalu saja ada yang kamu korbankan. Namun seiring berjalannya waktu, kamu belajar untuk lebih bisa mengatur waktu. Seperti memadatkan jadwal sampai mengatur kesibukan secara mendetail.

  1. Meski sering mengorbankan jam tidur untuk belajar dan kejar target, tapi kamu bisa menjadi pribadi yang lebih kuat secara mental dan fisik

Disaat teman-teman yang lain sudah terlelap dan mimpi indah, kamu yang memilih untuk bekerja sambil kuliah sering merelakan sebagian tidur malammu untuk menyicil sebagian tugas kuliah supaya tidak makin keteteran. Tak jarang pula, malam-malammu digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan supaya bisa kejar target.Capek sih jelas, tapi setiap perjuangan memang harus ada yang dikorbankan. Seperti kamu yang harus mengorbankan sebagian tidur malammu. Di tengah tumpukan segala macam tuntutan dari pekerjaan mau pun kuliah, istirahat memang sebaiknya cukup, tapi bagaimana lagi bila itu jadi jalan satu-satunya? Dibalik itu semua, kamu sedang membentuk dirimu menjadi seseorang yang tangguh bermental baja. Kamu memang akan ngantuk di dalam kelas saat kuliah, tapi kamu tak pernah mengabaikan segala tugas yang memang sudah jadi kewajiban. Nikmati saja, mumpung masih muda dan tenaga juga mumpuni.

  1. Masa mudamu tidak dihabiskan untuk melakukan hal yang sia-sia. Bekerja sambil kuliah mengajarkanmu jadi pribadi yang mandiri

Segala kesulitan yang kamu hadapi sekarang, mau tak mau harus kamu hadapi sendiri. Karena bagi teman-temanmu yang lain, mungkin masa ini belum bisa mereka hadapi. Itulah mengapa, kebanyakan kamu harus mengandalkan diri kamu sendiri untuk mengatasi setiap kesulitan yang datang. Tak heran, kamu pun secara tidak sadar ditempa menjadi pribadi yang makin mandiri. Tak ada lagi waktu untuk mengeluh dan malas-malasan. Selagi kamu bisa melakukannya kamu akan coba melakukannya sendiri.

  1. Gaji yang kamu dapatkan memang tak seberapa banyaknya, namun hal itu membuatmu jadi lebih menghargai uang

Hidupmu saat ini selalu berkutat tentang kuliah dan kerja, hampir tidak ada yang namanya nongkrong atau main sepulang jam kuliah selesai. Beberapa teman mungkin akan memandangmu kuper, pelit, sampai ada yang mengatakan bahwa kamu kurang piknik. Tapi memang pelit selagi muda itu perlu, apalagi kini kamu tengah berusaha membiayai hidupmu sendiri, kamu jadi makin paham betapa susahnya cari uang setiap hari. Kini, tiap ingin membeli sesuatu atau sekadar makan di restoran mahal kamu pasti akan berpikir ulang, karena selalu terbayang perjuanganmu selama sebulan demi lembaran rupiah yang disebut gaji.

Gajimu memang tidak banyak, tapi kamu bisa mendapatkannya karena hasil jerih payah yang kamu lakukan sendiri. Tanpa perlu meminta ke orangtua. Kamu jadi paham makna kerja keras yang sebenarnya. Sehingga untuk menghambur-hamburkan uang yang sudah susah payah kamu dapatkan, kamu pun akan berpikir ulang.

  1. Kamu memang hampir tak punya waktu untuk bersenang-senang, tapi bekerja mengajarkan kamu tentang bekerja sama dengan lebih banyak orang

Kuliah sambil bekerja hingga kadang tak punya waktu untuk sekadar nongkrong bersama teman di cafe adalah salah satu konsekuensi yang harus kamu terima. Awalnya memang terasa berat, namun sadarkah kamu bahwa saat ini kamu sedang selangkah lebih maju dibandingkan teman-teman kamu yang lainnya.

Dari kesibukanmu ini, kamu sedang dilatih bekerja sama dengan banyak orang ketika berada di tempat kerja. Kamu tidak hanya bekerja dalam lingkup kecil seperti kelompok belajar, tapi kamu berada di sebuah kelompok besar yang tak lain adalah struktur organisasi di kantor yang bertanggung jawab pada hal-hal tertentu. Tak sekadar bekerja sama, kamu juga jadi belajar memahami berbagai karakter orang lain. Hal ini tentunya membuat kamu lebih peka terhadap orang lain. Dan tak menutup kemungkinan pergaulanmu akan lebih luas.

  1. Bersyukurlah sekalipun tak mudah. Bekerja sambil kuliah membuatmu lebih dewasa dan matang dengan sendirinya

Seberat apapun kesulitan yang menghadang saat kamu kuliah sambil bekerja, kamu hanya perlu terus bersyukur. Secara tak sadar kamu sedang menjalai proses pendewasaan dengan sendirinya. Karena tidak semua orang mampu melakukan apa yang sedang kamu lakukan. Percayalah, kamu patut berbangga dengan dirimu sendiri.

Bersabarlah menjalani hidupmu saat ini, kamu hanya perlu percaya bahwa suatu saat kamu akan memetik buah yang manis dari segala pengorbananmu saat ini. Walau tidak mudah, kamu patut yakin kalau kamu pasti bisa. 5 keuntungan ini pastinya membuat kuliah sambil kerja pastinya menarik dicoba, bukan? Jika kamu sempat berpikir bahwa kamu belum menemukan pekerjaan yang tepat, atau tidak memiliki kemampuan untuk membagi waktu kuliah sambil kerja, kamu dapat mencoba beberapa tips ini agar rencana kuliah sambil kerja kamu jadi sukses.

  1. Memilih bidang kerja yang sesuai

Kamu dapat memilih bidang kerja yang sesuai dengan jurusan kamu saat kuliah. Dengan ini kamu dapat memprakikkan langsung apa yang kamu pelajari saat kuliah di tempat kamu bekerja. Selain itu, kamu juga memiliki kesempatan untuk belajar lebih dulu tentang suatu hal yang belum kamu pelajari saat kuliah. Dengan kuliah sambil kerja, kamu jadi bisa meningkatkan nilai kamu atau menambah pekerjaan baru seperti menjadi tutor. Jika kamu tidak menemukan pekerjaan di bidang yang sesuai, kamu dapat mencoba menyesuaikan pekerjaan kamu dengan waktu atau kemampuan kamu. Kamu bisa saja mencoba bekerja menjadi pekerja paruh waktu di café atau bekerja sebagai freelancer. Dengan jenis pekerjaan tersebut, kamu dapat memiliki waktu luang yang lebih banyak karena kamu tidak perlu menghabiskan waktu lebih dari 7 jam untuk bekerja di kantor. Kamu dapat dengan mudah bekerja di rumah atau di kampus. Tentunya hal ini dapat membuka ketertarikan lebih untuk mencoba kuliah sambil kerja bukan?

  1. Menginformasikan ke perusahaan bahwa kamu adalah mahasiswa

Karena kuliah sebaiknya menjadi prioritas pertama kamu, informasikanlah kepada perusahaan kamu jika kamu adalah seorang mahasiswa. Dengan begitu perusahaan dapat bantu menyesuaikan jadwal bekerja kamu dengan jadwal kuliah kamu. Kamu dapat mengkonsultasikan hal ini dengan bagian HRD dari perusahaan tempat kamu bekerja. Tim HRD akan memberikan solusi terbaik bagi kamu dan perusahaan. Sehingga kamu dapat kuliah sambil kerja dengan maksimal.

Atau sebaliknya, untuk dapat menyeimbangi kehidupan kuliah sambil kerja kamu dapat melakukan konsultasi dengan pihak kampus mu agar kamu dapat mengikuti kelas malam. Dengan mengikuti kelas malam, saat siang hari kamu dapat menggunakan waktu untuk bekerja. Jika kamu mengambil kuliah malam, waktu kuliah kamu akan lebih efektif karena tidak ada waktu kosong di sela jam kuliah seperti kuliah reguler.  Sehingga kamu dapat menyeimbangkan waktu dalam kuliah dengan waktu bekerja.

  1. Perhatikan biaya pengeluaran agar tetap efisien

Tak jarang beberapa dari mahasiswa memilih kuliah sambil bekerja untuk meringankan biaya kuliah atau sekedar menambang uang jajan. Namun, hal itu dapat kamu atasi dengan mengajukan permohonan beasiswa untuk perusahaan tempat kamu bekerja. Jika hal itu diterima perusahaan, kamu dapat meringankan biaya kuliah kamu dari beasiswa yang diberikan oleh perusahaan tempat kamu bekerja. Namun, masih ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika kamu berhasil memperoleh beasiswa dari perusahaan.

Performa kamu bekerja harus tetap menjanjikan, jika ya, bisa saja kamu akan diberikan beasiswa hingga akhir kuliahmu. Atau adanya perjanjian yang perlu kamu tepati seperti kontrak kerja hingga kompensasi yang harusnya kamu terima. Untuk itu kamu perlu mempertimbangkan baik-baik biaya yang kamu perlukan sehingga dapat menjalankan kuliah sambil kerja dengan baik.

  1. Perfoma kamu saat kuliah sambil kerja harus menjanjikan

Jika kamu sudah memutuskan untuk mencoba kuliah sambil kerja, kamu harus menjamin performa kamu baik saat kuliah ataupun saat kamu bekerja. Karena walaupun menurut beberapa orang kerja jauh lebih menguntungkan dibandingkan kuliah, kamu harus tetap menjaga performa kamu saat kuliah. Selain untuk memperkaya diri dengan ilmu yang sedang kamu tekuni, kamu perlu mengingat kalau kamu juga punya tanggung jawab untuk menyelesaikan kuliah kamu. Maka itu kamu harus menjaga performa kamu saat kuliah walaupun kamu sedang bekerja.

Dengan menjaga performa kamu saat kuliah, bukan berarti kamu perusahaan tempat kamu bekerja memaklumi jika performa kerja mu kurang baik. Maka itu diperlukan ketekunan dan niat dalam menjalankan kuliah sambil kerja. Kamu harus menunjukan perfoma kamu saat bekerja juga, sehingga atasan kamu dapat yakin jika kamu memiliki kemampuan yang sama dengan professional yang lainnya. Jika kamu dapat membuat atasan kamu memiliki pandangan baik akan perfoma kamu saat bekerja, kamu dapat meyakinkannya untuk memberikan beberapa kompensasi seperti penyesuaian jadwal kerja, fleksibilitas kerja, hingga beasiswa untuk kuliah kamu.

  1. Menjaga diri tetap produktif

Dengan kuliah sambil kerja, tentu waktu kamu untuk melakukan hal-hal seperti belajar, mengembangkan diri, melaksanakan hobi akan menjadi lebih sedikit. Maka itu, kamu harus pandai-pandai memanfaatkan waktu luang kamu untuk tetap produktif. Misalnya sepulang kuliah kamu dapat mempersiapkan diri untuk belajar materi kuliahmu atau untuk menyiapkan diri bekerja esok harinya. Kamu juga perlu membuat jadwal harian kamu agar tidak ada hal yang terlupakan. Dengan membuat jadwal harian kamu juga dapat mengatur waktu kamu dengan efisien.

Hindari procastination, karena hal tersebut akan membuat kamu merasa 24 jam dalam sehari tidak cukup. Dengan itu kamu perlu menjaga semangat kamu agar kamu tidak menunda pekerjaan yang ada. Atau kamu dapat menggunakan waktu luang mu untuk memperbanyak jam tidur kamu, namun kamu juga perlu memperhatikan kewajiban kamu sehingga kamu tidak terlalu banyak menggunakan waktu luangmu untuk beristirahat walaupun istirahat merupakan hal yang baik. Banyak hal yang sebenarnya menguntungkan jika kamu mencoba kuliah sambil kerja. Dengan kuliah sambil kerja, kamu dapat memperoleh pengalaman lebih dibandingkan teman kamu yang hanya berfokus pada kuliah atau kerja. Kamu akan memiliki awal karier yang lebih cepat dibandingkan dengan teman kamu yang berfokus pada kuliah. Atau kamu akan memiliki pengetahuan lebih dibandingkan dengan teman kamu yang memilih bekerja dan tidak kuliah. Walaupun banyak pro dan kontra, kuliah sambil kerja bukanlah hal mustahil untuk kamu coba. Kamu hanya perlu memiliki niat dan ketekunan yang besar untuk menjalankan keduanya sekaligus. Pastikan Diri-Mu Benar-Benar Siap Lulus kuliah dengan nilai memuaskan, tanggung jawab pekerjaan tetap terjaga, serta kesehatan dan kehidupan pribadi tak terganggu adalah fokus utama bagi seseorang yang sedang meningkatkan kariernya. Pastikan bahwa diri kita sudah benar-benar siap. Jenjang karier terbuka lebar dan kemungkinan dapat lanjut ke jenjang pendidikan selanjutnya juga akan terus ada.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu