avatardisplay_general
DISITU
27 Aug 2018

Gadai Sertifikat Rumah Bunga Rendah Dengan Hal Ini

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180827/Lakukan Hal Hal Berikut Supaya Bisa Gadai Sertifikat Rumah Bunga Rendah.jpg

Anda ingin gadai sertifikat rumah, tapi takut diminta membayar bunga tinggi? Sudah umum di masyarakat bahwa siapa pun yang gadai sertifikat rumah pasti akan dikenakan biaya bunga tinggi.  Kalau tidak demikian, dana pinjaman yang diberikan jadi lebih rendah dari seharusnya. Sebenarnya, mungkin tidak kita mendapat gadai sertifikat rumah bunga rendah?

Jawaban kami: mungkin. Tapi sebelumnya, Anda perlu memahami mekanisme gadai sertifikat rumah bunga rendah. Selain itu, Anda juga harus memahami alasan kenapa mitra gadai tidak bisa memberikan bunga rendah untuk gadai sertifikat rumah. Sehingga Anda dapat mengantisipasinya sebelum gadai ditolak. Berikut kami berikan ulasan lengkapnya.

Gadai Sertifikat Rumah Berbunga Tinggi, Kenapa?

Setiap mitra gadai punya jawaban sendiri-sendiri mengenai hal ini. Ada mitra gadai yang memberikan banyak alasan. Ada pula yang sedikit. Semakin banyak alasan suatu mitra gadai, maka akan semakin sulit menembusnya. Hal-hal yang biasa dijadikan alasan antara lain sebagai berikut.

  • Bank. Bank memiliki pakem utama dalam menilai akan menerima gadai seseorang. Pakem ini disebut 5C, yaitu Capacity (kapasitas), Character (karakter), Condition (kondisi), Capital (kekayaan), dan Collateral (keamanan dokumen). Jika Anda menggadaikan sertifikat rumah, pasti pikiran bank ke Anda seperti ini: Anda sedang benar-benar kesulitan ekonomi. Jadi secara capacity, condition, dan capital, Anda sedang bermasalah.

  • Pegadaian. Pegadaian juga punya persyaratan tertentu. Walau tidak seketat bank. Pegadaian mungkin akan memberikan bunga tinggi pada Anda dalam kondisi tertentu. Misalnya, sertifikat rumah Anda masih berupa Akta Jual Beli, bukan Sertifikat Hak Milik. Karena kekuatan hukumnya lebih tinggi SHM, maka biaya penjaminan risiko AJB ini akan dikenakan pada Anda. Sehingga bunga Anda akan tinggi.

  • Koperasi. Ada tiga kemungkinan alasan koperasi memberi Anda bunga tinggi. Pertama, Anda bukan anggotanya. Kedua, sertifikat rumah Anda kurang kuat secara hukum. Ketiga, koperasi itu sebenarnya rentenir berkedok koperasi. Jadi jika Anda memilih mitra gadai koperasi, Anda perlu lebih hati-hati lagi. Biasanya, bunga koperasi sudah pakem dan memiliki kelas. Pahami besaran bunga tersebut sebelum memutuskan gadai. Ada kok, koperasi yang memiliki program gadai sertifikat rumah dengan bunga rendah. Tapi biasanya itu khusus anggota.

Langkah-Langkah Mendapatkan Gadai Sertifikat Rumah Bunga Rendah

Bunga bukanlah sesuatu yang dapat Anda tentukan sendiri. Karena yang berhak menentukan bunga adalah mitra gadai Anda. Tapi bukan berarti Anda bisa begitu saja menerimanya. Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut sebelum melakukan gadai.

1. Pahami Program Mitra Gadai

 Sebelum memutuskan gadai, pahami program-program yang ditawarkan mitra gadai. Biasanya, mitra-mitra gadai akan bersaing menawarkan program lebih baik. Salah satunya adalah suku bunga rendah. Anda bisa memilih mitra gadai yang menawarkan program tersebut.

2. Cek Konsistensi Mitra Gadai Pada Program

Di beberapa tempat, mitra gadai mungkin memberikan penawaran menggiurkan seperti bunga rendah. Tapi pada kenyataannya, mereka tidak menepati “janji” tersebut. Hal ini bisa merugikan Anda. Sebelum itu terjadi, lakukan kroscek. Hubungi orang-orang yang Anda tahu pernah gadai pada mitra tersebut. Tanyakan apakah mitra gadai tersebut konsisten dengan program yang ditawarkan.

3. Ajukan Jaminan “Kedua”

Jaminan “Kedua” yang dimaksud di sini, bukan menyertakan barang-barang Anda yang lain untuk digadaikan. Sebenarnya dalam konsep gadai, Anda lebih baik menggadaikan barang dengan nilai terkecil lebih dulu. Baru setelah itu barang dengan nilai tinggi. Misalnya, Anda ingin gadai sertifikat rumah. Jika mitra gadai tahu Anda punya aset lain yang lebih besar dari itu, maka mitra gadai akan makin mempercayai Anda.

4. Bangun Citra Anda

Ini sangat penting bagi Anda yang ingin menggadaikan sertifikat rumah bunga rendah. Sebelum menerima, mitra gadai akan mengecek apakah track record Anda baik? Apakah Anda jujur, serta memiliki komitmen dan integritas? Jika track record Anda buruk, maka citra Anda di mata mitra akan buruk juga. Sehingga supaya aman bertransaksi dengan Anda, mitra akan menetapkan bunga tinggi. Jadi, bangun citra positif sebaik mungkin di masyarakat.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu