avatardisplay_general
DISITU
11 Jun 2018

Mengatur keuangan Biar Tetap Senyum Meski Tanggal tua

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1806/180611/Langkah Cerdas Mengatur keuangan Biar Tetap Senyum Meski Tanggal tua Tiba.jpg

Bagi sebagian orang, mengatur keuangan mungkin saja menjadi suatu hal yang rumit dan memusingkan. Penyebab utamanya bisa disebabkan oleh perasaan bahwa pemasukan alias gaji selalu tidak sebanding dengan kebutuhan dan pengeluaran. Dampaknya, setiap tanggal tua datang pasti akan berada di posisi kekurangan sehingga jauh dari senyuman.

Tapi tunggu dulu! Apakah memang selamanya disebabkan gaji atau penghasilan yang kecil sementara kebutuhan Anda perbulannya selalu membengkak? Bisa jadi sebenarnya karena Andalah yang kurang terampil mengatur keuangan. Nah, berikut ini kami sajikan beberapa tips dan langkah cerdas yang bisa Anda terapkan, agar keuangan Anda senantiasa sehat dan seimbang.

1. Nabung Dulu, Kemudian Belanja

Menabung harus diprioritaskan sebelum Anda memikirkan hal-hal yang berbau pengeluaran uang dan belanja. Menabung di awal gajian, lalu tidak mengganggu tabungan itu sampai jangka waktu yang lama setidaknya akan melahirkan sejumlah keuntungan. Misalnya, Anda akan terjaga dari sifat boros, disiplin menabung, serta bisa menekan pengeluaran untuk hal-hal yang tidak perlu. Tentu saja besar uang yang akan ditabungkan harus menyesuaikan dengan besaran penghasilan serta pengeluaran bulanan.

2. Membuat Rencana Pengeluaran

Anda pasti punya keinginan-keinginan berkaitan dengan uang Anda. Misalnya Anda ingin jalan-jalan ke luar negeri, membuat yayasan amal, membangun rumah atau membeli kendaraan mewah. Keinginan-keinginan tersebut menuntut Anda untuk menabung, sebab biaya mewujudkannya pasti memakan uang yang tidak sedikit.

Di sisi lain, Anda punya kebutuhan sehari-hari dan bulanan yang mesti dipenuhi. Kebutuhan tersebut meliputi makanan, perumahan, transportasi serta biaya operasional rumah tangga lainnya seperti listrik dan air.

Rincilah anggaran pengeluaran tersebut secara detail, kalau perlu catatan keuangan tersebut dibuat secara berkala, harian, bulanan hingga tahunan. Pertimbangkan jumlah pemasukan dengan pengeluaran yang sudah dirinci tersebut. Jangan sampai besar pasak dari pada tiang, alias lebih besar pengeluaran dari pada pendapatan. Dengan begitu, uang yang berlebih bisa Anda masukkan ke rekening tabungan untuk mewujudkan mimpi-mimpi jangka panjang Anda

3. Tahan Diri untuk Kredit Ini Itu

Biasanya di tanggal muda alias baru gajian, Anda akan disodorkan dengan sejumlah tawaran membeli barang atau pakaian secara kredit. Meskipun Anda tertarik, tolong tahan diri untuk menambah pengeluaran jika memang hal tersebut tidak terlalu penting. Intiplah catatan pengeluaran dan pemasukan Anda, jangan sampai pengeluaran baru karena hawa nafsu berbelanja Anda membuat neraca keuangan Anda menjadi defisit.

4. Mencari Produk Serupa yang Menawarkan Harga Lebih Murah

Pandai-pandailah berbelanja. Jika Anda berbelanja barang berdasarkan kebutuhan, lalu Anda menemukan barang tersebut dijual di salah satu toko online maupun offline, jangan langsung membelinya. Lakukanlah penawaran harga agar Anda bisa berhemat dan mendapatkan harga lebih murah.

Nyali untuk menawar juga harus dibekali pengetahuan tentang harga. Maka, sebelum berbelanja, luangkanlah sedikit waktu untuk melakukan riset dan perbandingan harga. Dengan begitu, Anda akan merasa puas dengan pembelian barang yang berkualitas, tapi harganya pun adil di mata Anda maupun pedagang.

5. Cari Pendapatan Tambahan di Luar Pekerjaan Utama

Di zaman serbateknologi saat ini, Anda bisa dengan mudah mendapatkan uang tambahan tanpa perlu mengganggu apalagi meninggalkan pekerjaan utama Anda. Anda bisa mengambil pekerjaan paruh waktu di waktu libur kerja atau mungkin berjualan online di media sosial.

Demikianlah informasi seputar Langkah Cerdas Mengatur keuangan Biar Tetap Senyum Meski Tanggal tua Tiba. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu