avatardisplay_general
DISITU
21 Aug 2018

Lapangan Olahraga Hingga Multifungsi yang Ada di Jakarta

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180816/Stadion%20Olahraga.jpg

Stadion Gelora Bung Karno merupakan stadion bertaraf internasional yang menjadi tempat digelarnya berbagai macam pertandingan dan acara tingkat nasional.  Namun, pada penyelenggaraan Asian Games 2018, penggelaran pertandingan sepak bola tidak akan dilakukan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Stadion utama GBK difokuskan untuk menjadi tempat bagi opening dan closing ceremony Asian Games 2018 saja. Hal ini dikarenakan ada berbagai lapangan lain yang dianggap memiliki potensi untuk menjadi tempat penyelenggaraan pertandingan-pertandingan yang ada. Berikut adalah lapangan-lapangan di Jakarta yang memiliki kualitas untuk menjadi tempat digelarnya berbagai pertandingan olahraga kelas atas.

  1. Kompleks Gelora Bung Karno

Kompleks GBK ini tidak hanya memiliki stadion utama sepak bola yang sudah sangat terkenal, tetapi juga berbagai lapangan yang diperuntukkan bagi cabang olahraga lainnya. Didalam kompleks GBK ini, terdapat lapangan Istana Olahraga (Istora) yang merupakan stadion tertutup untuk berbagai kegiatan masyarakat dan olahraga, seperti bulu tangkis dan bola basket. Selain itu, terdapat juga Aquatic Center yang memiliki 4 buah kolam renang yang mana merupakan salah satu kolam renang terbaik di dunia. Aquatic center ini biasanya digunakan sebagai tempat untuk perlombaan renang, loncat indah, renang indah dan polo air.

Lapangan tenis, baik indoor maupun outdoor juga menjadi lapangan favorit yang ada pada kompleks GBK ini. Lapangan-lapangan lain seperti Hall Basket, Lapangan Hoki, Lapangan Bisbol, Lapangan Sofbol, Lapangan Panahan, Lapangan Rugbi, fasilitas training, hingga Jakarta Convention Center (JCC) juga menjadi pelengkap bagi salah satu stadion terbesar di dunia ini.

  1. Jakarta International Velodrome

Jakarta International Velodrome merupakan lapangan balap sepeda yang baru saja diresmikan oleh gurbernur Jakarta, Anies Baswedan, menjelang pembukaan Asian Games 2018. Arena balap sepeda yang memiliki daya tamping sekitar 3.000 hingga 5.000 penonton ini diklaim sebagai arena balap sepeda terbaik di Asia. Lintasan balap sepeda sepanjang 250meter dengan tingkat kemiringan 40 derajat terbuat dari kayu siberia yang didatangkan langsung dari Jerman.

  1. Jakarta International Equesterian Park (JIEP)

Jakarta International Equestrian Park merupakan lapangan pacuan kuda yang terbesar di Asia Tenggara. Bagunan utama setinggi empat lantai ini dikatakan dapat menampung 1.000 penonton dan 500 tamu VIP. JIEP ini dilengkapi ruang konferensi pers, media & broadcasting, mushola, toilet, announcer box & judges room, hingga ruangan untuk federasi equestrian. Arena pacuan kuda pun telah di rancang memenuhi standar internasional, dengan spesifikasi fasilitas serta perlengkapan pertandingan yang mengacu pada persyaratan internasional.

  1. Theater Garuda

Theater Garuda ini dikenal dengan nama Taman Bhineka Tunggal Ika yang terletak di Taman Mini Indonesia Indah. Desain dari Teater Bhinneka Tunggal Ika menggambil anatomi Burung Garuda yang sedang terbang. Bentuk paruh berfungsi sebagai penerima tamu, bentuk badan digunakan sebagai tempat duduk dengan daya tampung 2.000 kursi, ekor sebagai panggung seluas 12 x 18 m, serta sayapnya terbentang berupa bangunan 2 lantai yang pemanfaatannya multifungsi. Theater Garuda ini memiliki fasilitas indoor dengan Main Theater dan didukung dengan area outdoor. Theater ini biasanya digunakan untuk pertunjukkan pentas seni hingga olahraga Kabbadi.

  1. Jakarta International Expo (JIExpo)

Jakarta International Expo atau yang biasanya dikenal Arena JIExpo Kemayoran merupakan sebuah pusat konvensi dan eksibisi. Jakarta International Expo yang bisa juga disebut sebagai lapangan multifungsi ini memiliki 5 balai dengan kapasitas 5000 hingga 12000 tempat duduk. Tempat ini biasanya dipilih dalam penyelenggaraan berbagai macam konser, pameran, dan event spesial lainnya baik tingkat nasional maupun internasional, seperti Pekan Raya Jakarta, Djakarta Warehouse Project, Jakarta Jazz Festival, audisi Indonesian Idol, hingga malam puncak Miss Indonesia sejak tahun 2012.