avatardisplay_general
DISITU
02 Jun 2018

Mau Gadai Elektronik Tanpa Ribet? Begini Prosedurnya!

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1806/180602/Mau Gadai Elektronik Tanpa Ribet Begini Prosedurnya.jpg

Praktik gadai bisa menjadi solusi tepat ketika Anda sedang butuh dana cepat untuk kebutuhan mendesak. Namun apa jadinya jika Anda tidak punya simpanan emas apalagi berlian, surat tanah karena rumah masih mengontrak atau bahkan tidak punya BPKB motor atau mobil. Jangan buru-buru berkecil hati lalu lari pinjam uang ke rentenir. Sebab, Anda tetap bisa melakukan gadai dengan mengandalkan barang-barang elektronik yang tersimpan rapi di rumah.

Perum Pegadaian sebagai salah satu tenmpat gadai yang aman, adil dan terpercaya mempersilakan nasabahnya untuk menggadaikan alat elektronik dengan spesifikasi tertentu. Alat elektronik yang dimaksud di antaranya televisi, telepon seluler, komputer, mobil, dan sepeda motor.

Jika Anda berniat menggadaikan barang-barang elektronik, perhatikanlah spesifikasi produk yangdiperbolehkan untuk digadaikan, misalnya memperhatikan model dan tahun pembuatan barang elektronik yang dimaksud. Berikut ini kami sampaikan sejumlah pertimbangan dari pegadaian ketika kita ingin menggadaikan barang elektronik tertentu:

1. Tidak semua model barang elektronik bisa digadaikan

Hal tersebut mengacu pada perkembangan teknologi yang selalu berubah dari waktu ke waktu. Pegadaian akan memperhitungkan potensi barang elektronik jika harus dilelang. Jangan sampai barang tersebut sulit lelang dan tidak laku karena sudah ketinggalan zaman.

Misalnya, untuk televisi, pegadaian hanya menerima lelang TV model flat. Pastikan TV yang Anda miliki bertipe LCD dengan produksi minimal lima tahun belakangan. Sementara, televisi model tabung sudah tidak diterima karena saat ini kurang diminati serta tidak mendominasi pasar. Sama halnya dengan telepon seluler. Jika Anda ingin meminjam uang dan menggunakan ponsel sebagai agunannya, pilihlah ponsel yang memiliki kamera.

2. Komputer Dekstop Tidak Bisa Digadaikan

Khusus untuk perangkat elektronik, Pegadaian hanya menerima komputer jinjing alias laptop merek apapun. Sementara itu, untuk komputer jenis dektop atau personal computer (PC) tidak bisa digadaikan maupun dijadikan sebagai barang jaminan.

3. Perhatikan Masa produksi Barang

Selain TV, laptop dan telepon seluler, ada sejumlah barang elektronik lainnya yang bisa dijadikan barang agunan. Barang-barang tersebut misalnya lemari es (kulkas) dan radio. Minimal masa produksi barang-barang elektronik tersebut yakni hingga lima tahun.

4. Blackberry dan Microwave tidak Bisa Digadaikan

Meskipun termasuk dalam kategori barang elektronik, Blackberry dan Microwave tidak bisa digunakan sebagai barang yang bisa digadaikan. Untuk Blackberry, ia tidak bisa dijadikan barang agunan karena barang tersebut dianggap sangat rentan terhadap penurunan nilai jual barang yang sangat drastis dan signifikan. Seperti kita ketahui, perkembangan teknologi ponsel sangat pesat sehingga potensi “ketinggalan zaman” terbuka lebar.

Sementara untuk microwave, Pegadaian tidak memasukannya ke dalam jenis barang yang bisa digadaikan karena barang elektronik ini dianggap tidak akan laku dijual kembali ke pasaran. Peminat microwave pun dianggap tidak terlalu tinggi dan hanya kalangan tertentu saja yang menggunakannya, misalnya para chef dan pengusaha makanan.

5. Lengkapi Permohonan Gadai dengan Dokumen Lainnya

Dokumen lain yang mesti Anda siapkan ketika ingin menggadaikan barang elektronik yakni bukti identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga. Dokumen yang terkait barang elektronik juga jangan sampai ketinggalan misalnya kwitansi pembelian barang elektronik, kartu garansi, serta syarat mutlak berupa kondisi barang jaminan yang utuh tanpa cacat.

Demikianlah jenis-jenis barang elektronik yang bisa Anda gadaikan di pegadaian. Semoga bermanfaat, terutama bagi Anda yang ingin menggadaikan barang elektronik untuk kebutuhan spesifik.  

cari-kredit-DISITU-pilihanmu