avatardisplay_general
DISITU
29 Nov 2017

Mau Liburan Tapi ga ada pinjaman dana?Siasati aja

7.cari dana pinjaman untuk liburan yang kurang budget.jpg

Kepadatan aktivitas sehari-hari tentu saja membuat kita menjadi jenuh, apalagi jika kegiatan yang dilakukan hanya itu-itu saja. Rasanya ingin melepas penat, salah satunya adalah dengan liburan. Tentu saja liburan adalah kegiatan yang sangat diinginkan, terutama bagi para pekerja. Namun kembali yang dipikirkan oleh sebagian orang ketika ingin liburan adalah masalah “biaya”.

Sebenarnya berlibur tidak harus mahal, yang penting adalah kesan dan kualitas untuk menikmati waktu bersantai. Ini adalah beberapa tips dan trik yang dapat diikuti jika biaya yang berada di kantong “pas-pasan”.

1.    Cari Tahu Tempat Wisata yang Bagus dan Murah

Modal awal jika ingin melakukan perjalanan liburan, tentu saja adalah mengetahui tempat wisata yang dituju, entah itu kotanya, tempat pariwisatanya atau lain sebagainya. Mencari tahu tempat-tempat wisata yang menyenangkan lewat beberapa website maupun blog pribadi seseorang jelas akan sangat membantu Anda. Namun disarankan adalah tempat wisata yang murah dan mudah dijangkau.

2.    Transportasi

Transportasi yang digunakan untuk berlibur, akan sangat menekan pengeluaran Anda jika benar-benar dipikirkan dan dipersiapkan dengan baik. Diusahakan untuk menghindari transportasi umum yang mahal, misalnya menggunakan pesawat. Naik kereta atau bus, tentu akan lebih murah. Terlebih lagi selain lebih murah, Anda dapat menikmati pemandangan-pemandangan bagus selama di perjalanan, walaupun memang akan memakan waktu lebih lama.

Lalu jika sudah berada di tempat tujuan, usahakan untuk mencari tempat penginapan yang dekat dari lokasi wisata yang dituju. Sehingga jika ingin pergi kesana, Anda cukup jalan kaki saja. Selain tidak mengeluarkan uang untuk transportasi, jalan kaki juga menyehatkan bukan? Hitung-hitung sambil olahraga.

3.    Memilih Penginapan yang Murah namun Nyaman

Untuk tempat beristirahat, tidak perlu harus mahal bukan? Yang penting bersih dan nyaman. Bagi para wisatawan yang memiliki biaya pas-pasan, hotel berbintang adalah tempat menginap yang paling dihindari. Selain karena mahal, terkadang hotel berbintang jauh dari lokasi wisata yang murah. Jadi, cari dan pilihlah penginapan yang biasa saja.

4.    Menginap di rumah teman atau kerabat.

Berbeda hal jika Anda memiliki teman atau kerabat di lokasi yang Anda tuju. Jelas saja ini akan sangat membantu. Bagaimana tidak? Jika Anda memiliki teman atau kerabat disana, maka tidak perlu diragukan lagi, Anda dapat menginap di tempat mereka daripada harus mengeluarkan uang untuk menyewa penginapan. Selain itu, teman atau kerabat dapat membantu Anda untuk menjadi “tour guide” selama Anda di lokasi. Tidak perlu mengeluarkan uang bukan?

5.    Hindari Tempat Wisata yang Banyak di Kunjungi oleh Turis Asing.

Tempat wisata yang dikunjungi oleh turis asing pasti menjadi minat Anda untuk beberapa saat ketika Anda memutuskan untuk berlibur. Namun patut diperhitungkan bahwa tempat wisata yang menjadi tujuan turis asing, biasanya akan menjadi lebih mahal dari tempat wisata yang biasa dikunjungi oleh masyarakat lokal. Terutama untuk biaya tiket masuk dan makanan di sekitar area nya.

6.    Hindari Musim Liburan

Ketika musim liburan tiba, biasanya harga tempat wisata akan menjadi lebih mahal dari pada hari biasanya. Karena itu, jika ingin liburan yang jauh lebih hemat silahkan berlibur sebelum atau sesudah musim liburan. Selain itu, Anda dapat menghabiskan waktu lebih nyaman karena tempat wisata akan menjadi lebih sepi.

7.    Bawa Uang Tunai dan Catat Pengeluaran

Bawalah uang tunai selama liburan! Mengapa demikian? Karena jika Anda membawa uang tunai, maka Anda bisa menghitung dan mencatat berapa pengeluaran Anda dan sisa dari uang Anda sehingga dapat berpikir beberapa kali sebelum mengeluarkan uang.

8.    Liburan Untuk Bersenang-Senang

Kebanyakan orang berpikir bahwa selain untuk jalan-jalan, liburan juga menjadi ajang membeli sesuatu yang berbeda terutama jika lokasi yang sekarang dikunjungi belum pernah dikunjungi sebelumnya. Terlebih jika kerabat juga “menagih” oleh-oleh pada Anda pasca liburan Anda selesai. Namun kembali lagi ke awal, tujuan liburan adalah untuk sekadar jalan-jalan sambil melepas penat. Jadi, kurangilah niat Anda untuk membeli banyak barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk Anda.