avatardisplay_general
DISITU
05 Jul 2018

Mekanisme Dan Proses Gadai Mobil Jazz Yang dilalui

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180705/Mekanisme Dan Proses Gadai Mobil Jazz Yang Harus Anda Lalui.jpg

Jika Anda memiliki aset mobil dan sedang membutuhkan dana dalam jumlah besar dalam waktu singkat, ada dua solusinya. Jalan keluar dari masalah Anda adalah menjual atau menggadaikan aset mobil Anda. Apabila Anda masih merasa sayang dengan mobil Anda, maka Anda cuku melakukan gadai mobil Anda saja. Mobil apa yang sering digadaikan selain Avanza? Gadai mobil Jazz adalah yang paling sering kedua, karena mobil ini memang pernah merajai penjualan mobil domestik. Wajar jika banyak sekali orang yang memiliki mobil ini, dan memperbesar kemungkinan menggadaikannya. Dalam melakukan gadai mobil, Anda harus melewati mekanisme dan proses yang sudah ditetapkan lembaga keuangan. Mengenai hal tersebut akan dibahas dalam artikel ini.

Dimana pun Anda melakukan gadai mobil, pasti harus melalui mekanisme dan proses yang sudah ditentukan lembaga keuangan tersebut. Sebagai peminjam wajib hukumnya untuk menaati mekanisme dan proses yang ada, karena normalnya memang begitu. Jangan mudah percaya dengan iklan yang menawarkan pinjaman tanpa proses kepada Anda karena itu hampir tidak mungkin. Berikut mekanisme dan proses dalam gadai mobil Jazz atau pun merk lain, yang harus Anda ikuti:

1. Hubungi Pihak Lembaga Keuangan Untuk Menyampaikan Detail Mobil Yang Akan Digadai

Pertama yang harus Anda lakukan adalah menghubungi pihak lembaga keuangan penyedia layanan gadai mobil. Anda bisa menghubungi lewat Customer Service (CS) atau marketing yang dimiliki lembaga keuangan tersebut. Setelah terhubung, sampaikan maksud dan tujuan Anda untuk melakukan gadai mobil. Sampaikan nama, alamat dan detail mobil jazz yang akan digadaikan. Agar pihak kreditur bisa memperkirakan dan menghitung simulasi kreditnya untuk Anda.

2. Lembaga Keuangan Akan Menerbitkan Simulasi Kreditnya

Mekanisme kedua adalah, pihak lembaga keuangan akan menerbitkan simulasi pinjaman gadai sementara. Perhitungannya didapat dari perkiraan yang ditentukan berdasarkan informasi mengenai detail mobil yang telah Anda sampaikan sebelumnya. Seperti tahun produksi, transmisi, merk, status kepemilikan, semuanya mempengaruhi besar pinjaman yang akan Anda terima. Sebagai contohnya transmisi otomatis akan mendapat pinjaman lebih besar dibanding transmisi manual di Jabotabek, karena memang mobil otomatis lebih dibutuhkan.

3. Lembaga Keuangan Akan Mengirimkan Tim Survey

Ketiga, setelah Anda mengetahui simulasi pinjaman yang ditawarkan, Anda bisa menentukan ingin melanjutkan permohonan gadai atau tidak. Jika Anda melanjutkan pinjaman maka mekanisme selanjutnya adalah pendaftaran. Pengajuan pinjaman gadai Anda akan didaftarkan, dan tim survey akan dikirimkan ke rumah Anda untuk melakukan verifikasi data dan mengambil dokumen yang dibutuhkan.

4. Penyerahan Agunan Dan Pencairan Dana

Selanjutnya, setelah survey dilakukan Anda harus menunggu keputusan pihak kreditur untuk menyetujui permohonan pinjaman gadai Anda. Jika permohonan disetujui maka Anda akan diminta datang untuk menyerahkan BPKB asli sebagai agunan pinjaman Anda. Setelah kreditur menerima dokumen tersebut maka pencairan dana akan segera dilakukan. Anda perlu melakukan penandatanganan perjanjian pinjaman gadai dengan kreditur atau lembaga keuangan, sebagai legalitas pinjaman Anda. Setelah itu Anda akan mendapatkan pencairan dana yang Anda pinjam, sesuai jumlah simulasi yang telah diberitahukan sebelumnya.

5. Pembayaran Cicilan Pengembalian Pinjaman

Terakhir, sebagai peminjam Anda berkewajiban untuk melakukan pengembalian pinjaman. Pengembalian pinjaman dilakukan dengan cara mencicil selama tenor yang sudah ditentukan di awal perjanjian. Pembayaran biasa dilakukan dengan tunai atau pun transfer ke rekening lembaga keuangan tersebut, sampai pinjaman Anda lunas.

Pahami mekanisme dan proses gadai mobil di atas, sebagai pertimbangan Anda saat melakukan gadai mobil jazz Anda.