18 August 2017 00:00

Memiliki Gelar Itu Penting. Mengapa? (1)

DISITU

16.gapai gelar itu penting,kenapa tidak coba pinjaman bank

Sebagian orang memilih untuk segera memiliki pekerjaan setelah lulus SMA. Alasannya beragam. Salah satunya adalah kita tidak perlu lagi menghabiskan uang, tenaga, pikiran dan waktu selama beberapa tahun untuk meneruskan pendidikan di bangku kuliah. Dengan bekerja, kita bisa langsung mendapatkan penghasilan sendiri tanpa harus bergantung dengan orang tua. Hal ini sangatlah wajar, karena sebenarnya kita tidak selalu perlu gelar sarjana ataupun diploma untuk meraih mimpi dan kesuksesan. Ada beberapa profesi yang tidak mengharuskan Anda memiliki gelar tersebut, contohnya pramugari, aktor/aktris, penyanyi/pemain musik, makeup artist dan sebagainya. Namun tanpa disadari, sebenarnya ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika meneruskan pendidikan hingga kuliah. Apa saja keuntungannya?

 

1. Mengangkat Status Sosial

Apakah orang yang memiliki ijasah SMP dinilai sederajat dengan orang yang memiliki ijasah S1, S2 dan seterusnya? Tentu saja ada perbedaan baik dari segi kualitas diri maupun wawasan dan ilmu pengetahuan. Lalu, apakah status sosial seseorang dapat terangkat karena sebuah gelar yang dimilikinya? Umumnya orang-orang akan setuju karena tidak semua orang mampu menyelesaikan pendidikan sampai setinggi itu. Selain karena biaya yang dikeluarkan tidak sedikit, proses pembelajaran yang harus dilalui ketika menyelesaikan pendidikan pun bukanlah suatu hal yang mudah. 

2. Lebih Mudah Mendapat Pekerjaan

Saat ini, mayoritas perusahaan mencari calon karyawan dengan gelar Diploma atau Sarjana karena dinilai lebih kompeten dan memiliki kemampuan untuk membantu perusahaan tersebut berkembang. Selain itu, banyak perusahaan yang menjadikan pengalaman-pengalaman yang Anda dapatkan semasa kuliah sebagai suatu keunggulan, misalnya apakah Anda aktif dalam kegiatan organisasi, apakah Anda pernah mengikuti program magang atau pertukaran pelajar dan lain sebagainya. Dengan demikian, seseorang yang memiliki gelar sarjana ataupun diploma akan lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan.

3. Mengasah Kemampuan Berorganisasi

Selama kuliah, terdapat berbagai pilihan organisasi yang dapat diikuti oleh para mahasiswa/i. Jika Anda aktif di organisasi, secara tidak langsung Anda dapat mengasah soft skill Anda, sebut saja belajar membuat program kerja, mengerti tentang struktur organisasi, belajar bekerjasama sebagai tim, bahkan belajar mengambil keputusan dalam memecahkan suatu masalah. Pengalaman Anda dalam berorganisasi tentu bisa menjadi nilai tambah dan dapat Anda aplikasikan di segala aspek kehidupan Anda.

4. Memiliki Wawasan yang Lebih Luas

Di zaman yang semakin berkembang ini, internet memang dapat membantu siapapun mencari berbagai informasi yang dibutuhkan sehingga dapat memperluas wawasan. Tetapi dengan pendidikan yang lebih lanjut, ilmu dan wawasan yang Anda miliki pastinya lebih kaya dan beragam. Hal tersebut bisa Anda dapatkan melalui proses pembelajaran di kelas maupun pada saat bertukar pikiran dan pendapat dengan teman-teman dan dosen-dosen Anda yang cara berpikirnya sudah lebih maju karena memiliki latar belakang pendidikan yang baik. Selain itu, berbagai kegiatan ataupun program di kampus dapat membantu memperluas wawasan Anda. 
 
Baca selengkapnya di "Memiliki Gelar Diploma itu Penting. Mengapa?" bagian 2.