avatardisplay_general
DISITU
09 Jun 2018

Menelisik Manfaat Giro dan Peluang Gadai Giro

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1806/180609/Menelisik Manfaat Giro dan Peluang Gadai Giro.jpg

Giro merupakan istilah perbankan untuk suatu cara pembayaran, transaksi atau penarikan, di mana dalam sistem penarikannya, ia dapat dilakukan kapan saja dengan menggunakan cek. Adapun pengertian cek yakni suatu sarana yang dapat digunakan untuk melakukan penarikan tunai.

Cek berbentuk surat perintah tertulis dari pemegang rekening bank yang kemudian cek tersebut ditujukan kepada pihak bank terkait untuk alat pembayaran kepada pemegang cek tersebut. Giro kebanyakan digunakan oleh perusahaan atau badan usaha. Tapi tak menutup kemungkinan bahwa giro dimiliki oleh individu.

Bagaimanakah peluang gadai giro? Bagaimana pula manfaat giro dalam kancah perbankan dan moneter tanah air. Untuk informasi lebih jelas, mari kita simak uraian berikut ini:

1. Peluang Gadai Giro Terbuka Lebar

Praktik gadai giro berppeluang untuk dilakukan, tapi tidak semua lembaga pembiayaan mempersilakan nasabah untuk melakukan gadai giro karena keterbatasan fasilitas maupun sarana. Periksalah ragam layanan gadai yang ditawarkan oleh sejumlah perusahaan gadai.

Jika ada yang mempersilakan Anda untuk melakukan gadai giro, silakan datang dan bekerja sama. Syarat dan ketentuan dari pihak penerima gadai juga harus diperhatikan agar proses gadai giro bisa dikabulkan secara aman dan cepat.  

2. Bilyet Giro Berpeluang Digadaikan

Salah satu jenis giro yang bisa digadaikan yakni Bilyet Giro. Ia adalah sebuah surat perintah dari seorang nasabah kepada bank yang mengelola rekening giro nasabah tersebut. Bank diperintahkan melakukan pemindahbukuan dengan sejumlah uang dari rekening nasabah pemilik kepada nasabah penerima yang telah disebutkan nama nasabah tersebut pada bank yang sama atau bank yang berbeda.

Sebab berjudul pemindahbukuan saja, maka dalam pencairannya, Bilyet Giro tidak berupa uang tunai serta tidak sama seperti cek. Bilyet Giro lebih dominan kepada pemindahan transaksi uang dari satu rekening ke rekening lainnya. Dengan kata lain, praktik bilyet giro hanya mentransfer uang melalui perintah tertulis.

3. Syarat Praktik Bilyet Giro

Bilyet Giro harus melewati sejumlah syarat agar proses pemindahbukuan dapat dilakukan. Syarat-syarat tersebut di antaranya tertera nama bilyet giro dan  nomer serinya (nomer seri biasanya bersifat unik), ada perintah tanpa syarat untuk melakukan pemindahbukuan sejumlah uang ke nasabah atas beban rekening yang bersangkutan serta tertera nama dan tempat bank terkait.

Persyaratan selanjutnya yakni tertera jumlah dana yang akan dipindahkan dalam angka dan dijelaskan dengan huruf, terdapat nama pihak penerima atau tujuan serta tanda tangan penarik terkait (dapat juga berupa cap stempel penarik jika si penarik tersebut merupakan badan atau perusahaan). Dua syarat lainnya dalam melakukan pemindahbukuan yakni tertulis tanggal dan tempat penarikan dilakukan serta terdapat nama bank yang menerima pemindahbukuan tersebut

Adapun manfaat dari keberadaan giro antara lain sebagai berikut:

a. Mampu menjaga uang agar lebih aman, sebab bank-lah yang menyimpan dan mengelola serta bertanggung jawab secara penuh sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

b. Rekening giro memungkinkan kita agar tidak perlu membawa uang yang banyak, terutama ketika bepergian atau berbelanja.

c. Memberikan fasilitas, di mana uang dapat ditarik dengan menggunakan cek sebagai salah satu alat penarikan uang. 

d. Rekening giro meminimalisir kebingungan saat kita membutuhkan uang dalam pecahan kecil atau juga dalam jumlah besar ketika melakukan transaksi. Sebab bank-lah yang akan mengatur proses pembayaran atau penarikan yang dilakukan oleh seseorang yang telah memegang surat perintah.

e. Giro membuat transaksi lebih mudah dan aman baik bagi pemberi maupun penerima cek.

f. Rekening giro tidak memiliki batas limit sehingga meski transaksi menggunakan uang yang cukup banyak, bank akan mengatur dan mengkordinasikannya dengan baik.

Demikianlah ragam informasi seputar Manfaat Giro dan Peluang Gadai Giro. Semoga artikel ini ada manfaatnya untuk Anda.