avatardisplay_general
DISITU
13 Jun 2018

Empat Jenis Investasi yang Aman dan Menguntungkan

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1806/180613/Merencanakan Masa Depan dengan Empat Jenis Investasi yang Aman dan Menguntungkan.jpg

“High Risk, High Return”, begitulah prinsip berinvestasi yang paling umum dan sudah sangat familiar di masyarakat. Artinya, semakin ebsar risiko berinvestasi, maka semakin besar pula peluang keuntungan yang akan diperoleh di masa depan.

Saat ini, investasi keuangan sudah banyak dilakukan orang-orang, bukan hanya dari masyarakat kalangan atas, tapi juga dilakukan oleh kalangan menengah ke bawah. Di antara produk investasi yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat misalnya simpanan deposito, obligasi, unit link, reksadana, saham dan jenis produk investasi lainnya.

Literasi keuangan memungkinkan hal tersebut terjadi dengan kondusif dan menguntungkan. Meski begitu, masih banyak pula masyarakat yang masih bingung dan ragu dalam memanfaatkan ragam bentuk produk investasi yang setiap hari ditawarkan pada mereka. Kekhawatiran khususnya karena takut rugi atau uang yang diinvestasikan tak kembali.

Maka dari itulah artikel ini hadir untuk memberikan sejumlah referensi bagi Anda yang tertarik berinvestasi secara aman dan sehat. Dengan cerdas memilih produk investasi yang sesuai dengan kemampuan Anda, maka ini akan menjadi bagian dari langkah Anda dalam merencanakan masa depan yang sejahtera.

Berikut ini uraian tentang Merencanakan Masa Depan dengan Empat Jenis Investasi yang Aman dan Menguntungkan:

1. Investasi Dana Tunai

Jenis investasi ini tidak jauh berbeda dengan tabungan biasa, reksadana maupun deposito. Dengan tingkat risiko yang sangat kecil, keuntungan yang bisa Anda dapatkan hanya berada pada kisaran enam persen pertahun dari besar dana yang diinvestasikan.

Adapun simulasi perhitungannya dalah sebagai berikut. Jika Anda menyimpan uang sejumlah Rp 100 juta, maka dalam jangka waktu setahun uang Anda akan tetap utuh, bahkan bertambah, tapi hanya kecil saja. Di mana dalam waktu setahun Anda akan memeroleh keuntungan sebesar Rp 6 juta atau Rp 500 ribu setiap bulannya.

2. Investasi Pendapatan Tetap

Pada jenis investasi ini, Anda selaku calon investor akan ditawarkan produk investasi dalam bentuk obligasi atau surat utang, serta reksadana pendapatan tetap. Investasi jenis ini memiliki kelebihan yakni memberikan pendapatan tetap bagi investornya, bisa setiap bulan atau per tahun.

3. Investasi Saham

Kalangan menengah ke atas mungkin sudah sangat familiar dengan jenis investasi saham alias pasar modal. Saham artinya sebuah bukti atas kepemilikan terhadap perusahaan tertentu. Jenis saham terbagi menjadi dua, yakni saham perusahaan terbuka dan saham perusahaan tertutup.

Investasi saham merupakan jenis investasi yang memiliki risiko besar. Tetapi, tentu saja risiko ebsar tersebut diimbangi dengan peluang keuntungan yang juga tinggi. Setidaknya ada beberapa media yang bisa Anda datangi ketika ingin berinvestasi saham. Media tersebut yakni pasar modal primer dan pasar modal sekunder atau biasa dikenal dengan Bursa Efek.

4. Investasi Aset Fisik

Ini dia model investasi yang sangat kongkrit karena benda yang disimpan dan dikembangkan dalam bentuk asset fisik. Di antara asset fisik tersebut misalnya emas, berlian, tanah serta barang properti lainnya. Jika memperhatikan nilai jualnya, investasi asset fisik sangat baik untuk dimasukan ke dalam kategori investasi jangka panjang.

Meski begitu, peluang keuntungan yang didapatkan dari model investasi ini sangatlah variatif, bergantung dari kecerdasan Anda mengelolanya. Tapi ada nilai lebih dari jenis investasi ini, yakni Anda bisa memegang kuasa penuh atas asset yang Anda miliki.

Demikianlah informasi seputar empat jenis investasi yang menguntungkan. Silakan pelajari lebih lanjut dari keempat model investasi ini. Selanjutnya, rencanakanlah masa depan Anda dan keluarga dengan memilih model investasi yang tepat.  

cari-kredit-DISITU-pilihanmu