avatardisplay_general
DISITU
15 Jun 2018

Modal Bisnis Barbershop Yang Perlu Anda Siapkan

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1806/180615/Modal Bisnis Barbershop Yang Perlu Disiapkan Sebelum Membuka Usaha.jpg

Saat ini persaingan di dunia kerja semakin ketat. Anda harus pandai-pandai memanfaatkan berbagai peluang yang ada. Karena saat ini lahan lapangan pekerjaan semakin sempit dan jalur tepatnya yaitu berwirausaha. Banyak sekali jenis usaha yang bisa Anda coba misalnya saja usaha barbershop. Usaha ini memiliki prospek yang menjanjikan. Modal bisnis barbershop juga tergolong tidak mahal. Dengan modal yang minim Anda bisa membuka usaha potong rambut sendiri di rumah. Keuntungan yang didapatkan juga bisa mencapai 3 juta per bulan di hari biasa. Dan jika mendekati hari-hari besar pelanggan bisa melonjak, dan perkiraan omsetnya mencapai Rp 5.000.000 per bulan. Bagi Anda yang ingin membuka bisnis barbershop, berikut ini akan tersaji rincian modalnya. 

1. Menentukan Lokasi

Lokasi sangat berpengaruh besar terhadap konsumen yang dituju. Tentukan siapa sasaran konsumen anda. Apabila mahasiswa maka sewalah lokasi untuk bisnis barbershop di dekat kampus atau bahkan dekat dengan kos-kosan. Namun apabila Anda mengincar target orang umum maka sewalah lokasi di tempat umum. Misalnya saja menyewa ruko di dekat pasar atau gang penduduk. Perkiraan modal bisnis barbershop untuk sewa lokasi yaitu antara Rp 800.000 sampai Rp 1.000.000 per bulannya. Perkiraan biaya sewa ini tergantung lokasinya yang strategis atau tidak. Semakin strategis tentunya harga sewanya juga semakin mahal.

2. Membeli Peralatan Untuk Barbershop

Berikut perkiraan peralatan yang wajib Anda miliki jika ingin membuka usaha barbershop:

  • Mesin cukur minimal 2 buah kisaran harganya Rp 400.000 per buahnya. Jadi totalnya  Rp 800.000.

  • Sisir rambut minimal 2 buah kisaran harganya Rp 10.000 per buahnya. Jadi totalnya Rp 20.000.

  • Gunting khusus potong rambut minimal 2 buah kisaran harganya Rp 50.000 per buah. Jadi totalnya Rp 100.000.

  • Gunting sasak minimal 1 buah kisaran harganya Rp 75.000.

  • Pisau cukur minimal 2 buah kisaran harganya Rp 15.000. Jadi totalnya Rp 30.000.

  • Kap penutup badan minimal 2 buah kisaran harganya Rp 90.000

  • Sikat bulu digunakan untuk membersihkan sisa potongan rambut kisaran harganya Rp 25.000.

3. Membeli Perlengkapan Barbershop

Selain Anda harus menyiapkan modal bisnis barbershop berupa alat cukur. Anda juga harus membeli beberapa perlengkapan untuk menunjang kelancaran Anda. Misalnya saja Anda harus memiliki kursi pangkas rambut paling tidak 2 set yang memiliki total harga Rp 2.000.000. Anda juga perlu memiliki cermin besar dan meja rias 2 set yang jika di total harganya mencapai Rp 3.000.000. Serta Anda juga memerlukan cermin kecil 2 buah yang total harganya Rp 50.000. Jika memungkinkan Anda bisa menambahkan AC agar para pelanggan Anda senantiasa nyaman di barbershop milik Anda.

4. Biaya Operasional

Anda juga perlu memikirkan hal ini. Karena tentunya Anda juga membutuhkan karyawan untuk membantu menangani pelanggan Anda. Pada awal bulan kedua Anda membuka usaha Anda harus mengeluarkan uang  untuk biaya air, listrik, dan biaya lainnya. Untuk biaya air dapat diperkirakan Rp 250.000. Sedangkan untuk biaya listrik yaitu Rp 275.000. Biaya tersebut belum mencakup biaya lainnya misalnya ada mesin untuk potong rambut rusak tentu membutuhkan biaya servis juga. Hal ini harus Anda atur sedemikian rupa agar usaha Anda tetap bisa berjalan dan tidak mengalami kerugian.

5. Biaya Promosi                                                            

Sebuah usaha baru harus didukung dengan promosi. Karena sebagus apapun usaha apabila orang lain tidak mengetahui tentu percuma saja. Anda bisa mempromosikan mulai dari keluarga, kerabat, tetangga, dan sebagainya. Namun untuk promosi ke masyarakat luas Anda harus melakukan promosi yang berbeda. Misalnya saja untuk kerabat dekat bisa melakukan promosi lewat mulut ke mulut. Namun untuk target masyarakat luas tentu perlu media yang lebih ampuh. Misalnya Anda bisa memposting usaha Anda di Facebook, Instagram, Line, dan aplikasi lainnya yang serupa. Karena promosi lewat media sosial  sangat ampuh untuk menjaring masyarakat luas. Karena satu postingan saja sudah bisa menyebar ke seluruh penjuru dunia. Apalagi bila Anda rajin update promosi di media sosial tentu akan semakin banyak orang yang tahu.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu