avatardisplay_general
DISITU
26 Jul 2018

Pahami Kasus Yang Terjadi Saat Gadai Mobil Cirebon

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180726/Pahami Kasus Yang Sering Terjadi Saat Gadai Mobil Cirebon Supaya Tidak Terjadi Kepada Anda.jpg

Gadai mobil merupakan suatu hal biasa di tengah masyarakat Cirebon yang hendak melakukan sebuah pinjaman. Gadai di sini digunakan sebagai jaminan agar si pemberi pinjaman percaya terhadap debitur yang akan melakukan pinjaman. Namun, ada beberapa kasus yang sering terjadi saat melakukan gadai mobil Cirebon ini. Hal tersebut tentu karena kurangnya antisipasi dan juga pemahaman bagaimana menentukan langkah gadai yang benar. Nah, berikut beberapa kasus yang sering terjadi saat melakukan sebuah gadai Cirebon:

Tempat Gadai Yang Ilegal

Kasus yang banyak terjadi di berbagai wilayah tidak hanya di Cirebon yaitu melakukan pinjaman di lembaga pembiayaan yang ilegal. Dengan begitu, sebelum Anda benar-benar memilih lembaga yang akan dipilih sebagai alternatif melakukan pinjaman, Anda perlu mengetahui keresmian lembaga tersebut. Banyaknya tempat gadai yang ilegal tentu akan membahayakan mobil yang digunakan Anda sebagai jaminan. Selain kemungkinan besarnya penipuan yang akan terjadi, kendaraan Anda juga akan diseret ke polisi yang bisa menyebabkan tambahnya beban Anda.

Tidak Dapat Mengembalikan Kembali Pembiayaan

Tidak menutup kemungkinan, sebuah lembaga pembiayaan akan menawarkan sebuah nominal pinjaman yang tinggi. Tentu dengan nominal tinggi tersebut pihak lembaga juga akan menerapkan suku bunga yang tinggi pula. Hal tersebut akan menjadikan keuntungan tersendiri bagi pihak kreditur. Namun, dengan adanya jumlah pinjaman yang tinggi, Anda jangan langsung tergiur. Sebaiknya memikirkan kemampuan financial Anda terlebih dahulu ketika ingin menerima pembiayaan. Banyak kasus nasabah yang tidak dapat mengembalikan biaya pembiayaan yang telah diterima sebelumnya, entah karena kurang memanage keuangan mereka atau memang karena kemampuan penghasilan mereka yang lebih rendah dari pembiayaan. Ketika Anda tidak mampu melakukan pengembalian pinjaman, tentu kendaraan Anda akan disita dan akan kehilangan mobil Anda.

Kontrak Gadai Tidak Dapat Diperpanjang

Banyak orang yang saat jatuh tempo melakukan pembayaran angsuran, tidak mampu untuk melakukan pembayaran. Ada beberapa lembaga pembiayaan yang melakukan perpanjangan waktu sebelum melakukan penyitaan barang. Nah, ketika Anda melakukan sebuah pinjaman dengan gadai mobil Cirebon ini, Anda perlu mengetahui ketentuan yang diterapkan oleh lembaga tersebut. Hal ini untuk menghindari kasus yang sering terjadi akibat kurangnya pemahaman mereka mengenai perpanjangan jatuh tempo. Ketika Anda berfikir jatuh tempo dapat diperpanjang , padahal kebijakan lembaga tidak memberikannya, maka otomatis Anda akan kehilangan mobil yang digunakan sebagai jaminan. Banyak kasus yang terjadi lantaran kurangnya pemahaman nasabah dari ketentuan lembaga pembiayaan.

Menimpakan Kerugian Kepada Nasabah Saat Harga Merosot Diatas Perjanjian

Sebelum fixs melakukan perjanjian pinjaman dengan gadai mobil, tentu Anda akan menandatangani surat perjanjian. Banyak kasus yang sering terjadi seperti langsung menandatangani surat perjanjian tersebut tanpa memahami isinya. Padahal dalam surat tersebut berisi bahwa akan menimpakan kerugian pada nasabah jika harga jaminan merosot. Hal ini erat hubungannya dengan ketidakmampuan nasabah membayar cicilan pada waktu harga pasaran mobil merosot. Karena pihak lembaga tidak ingin merasa dirugikan, nasabah tetap harus membayar bunga yang dijadikan pinjaman meskipun barang jaminan sudah disita.

Pengambilan Kendaraan Oleh Orang Yang Salah

Banyak kasus yang sering terjadi dengan memanfaatkan kesempatan mengambil barang jaminan yang mengatasnamakan lembaga pembiayaan. Pastikan Anda benar-benar menyerahkan jaminan mobil Anda kepada orang yang diutus oleh lembaga untuk mengambil barang jaminan. Banyak nasabah yang tertipu kendaraannya diambil oleh orang yang tidak jelas asal usulnya dengan mengatasnamakan lembaga pembiayaan.

Dengan mengetahui beberapa kasus yang sering terjadi, tentu diharapkan Anda dapat mengatasi dan terhindar dari sesuatu hal yang dapat menyebabkan kerugian. Tentunya kerugian saat Anda ingin melakukan sebuah gadai mobil Cirebon tersebut. Sehingga manfaat yang dirasakan dari sebuah gadai mobil dapat secara maksimal dapat Anda rasakan.