avatardisplay_general
DISITU
06 Aug 2018

Inilah Kesalahan Saat Melakukan Gadai Mobil Pontianak

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180806/Pastikan Anda Tidak Melakukan Kesalahan Berikut Ketika Melakukan Gadai Mobil Pontianak.jpg

Meningkatnya kebutuhan dan gaya hidup terutama di Pontianak menjadikan orang harus mati-matian untuk mendapatkan penghasilan guna mencukupi kebutuhan. Namun sayangnya tidak sedikit orang yang memiliki penghasilan yang cukup untuk menutup kebutuhan mereka. Sehingga memungkinkan harus mencari dana tambahan, salah satunya dengan menggadaikan barang. Masyarakat Pontianak lebih menyukai melakukan gadai dari pada harus menjual barang mereka. Hal ini dikarenakan dengan gadai suatu saat bisa mendapatkan barang mereka kembali. Alternatif cara yang paling ramai digunakan oleh masyarakat Pontianak yaitu dengan melakukan Gadai Mobil. Dengan adanya gadai mobil ini, masyarakat bisa mendapatkan pinjaman dana yang lebih besar daripada menggadaikan barang lainnya.  Namun faktanya banyak masyarakat yang salah langkah ketika melakukan Gadai Mobil Pontianak ini. Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan ketika melakukan gadai mobil :

1. Salah Memilih Tempat Gadai

Pentingnya survey dan mencari kredibilitas saat hendak melakukan gadai mobil merupakan hal yang terbilang sangat penting. Karena jika Anda salah memilih tempat gadai, mobil yang digunakan sebagai jaminan bisa dibawa lari. Apalagi mobil yang digadaikan tentu bukan mobil tua atau sembarangan mobil.

2. Tidak Melakukan Konsultasi Kepada Pihak Pemberi Pinjaman

Langkah awal ketika Anda ingin melakukan gadai mobil hendaknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu. Perlunya Anda memahami sistem gadai yang diterapkan oleh lembaga pembiayaan. Anda dapat menanyakan persyaratan dan prosedur yang ditetapkan dari lembaga tersebut. Sehingga Anda sudah mempunyai pandangan dan wawasan mengenai apa saja yang perlu diperhatikan.

3. Meminjam Bukan Karena Kebutuhan

Mobil merupakan sarana mendapatkan pinjaman dengan jumlah yang relatif besar. Namun banyak orang yang tertarik dengan besarnya nominal yang ditawarkan oleh pihak kreditur tanpa mempertimbangkan besarnya angsuran. Alhasil banyak dari mereka yang sulit membayar biaya angsuran bulanan dari mobil yang mereka gadaikan. Sehingga semakin besar kemungkinan mobil untuk diambil alih dan tidak dapat diambil kembali.

4. Tidak Memikirkan Besarnya Bunga Yang Dibebankan

Banyak nasabah yang kurang memahami akan besarnya bunga yang diberikan. Besarnya bunga ini perlu diperhatikan karena akan mempengaruhi besarnya angsuran dan jumlah pinjaman yang harus Anda kembalikan. Sehingga Anda perlu untuk mencari info sedetail mungkin dan membandingkan dengan berbagai lembaga penyedia keuangan. Tentu dengan melakukan perhitungan bunga dengan benar akan menghindarkan Anda dari besarnya suku bunga yang membebankan setiap bulannya.

5. Tidak Mencari Informasi Mengenai Pasaran Umum Nilai Mobil

Ketika melakukan gadai mobil hendaknya Anda mengetahui harga pasaran dari mobil tersebut. Biasanya pinjaman yang diberikan oleh pihak pegadaian kisaran 75-80% dari harga mobil. Dengan mengetahui harga tersebut, tentu bisa mendapatkan jumlah pinjaman dengan harga terbaik dan tidak terlalu rendah dalam memberikan harga taksiran.

6. Memberikan Dokumen Asli Saat Survey

Pastikan ketika pihak pemberi pinjaman sedang melakukan survey kendaraan Anda, Anda tidak memberikan dokumen asli baik STNK maupun BPKB. Tentu hal ini untuk mengantisipasi dokumen resmi tersebut yang di salah gunakan. Jika memang dokumen resmi tersebut diperlukan, hendaknya menyerahkan dokumen tersebut saat di kantor cabang yang ditunjuk dan tidak dititipkan pada marketing atau surveyor.

7. Tidak Diberikan Copy Kontrak Kredit Dan Asuransi Mobil

Ketika Anda melakukan Gadai Mobil Pontianak ini pastikan bahwa Anda memperoleh kontrak kredit dan juga polis asuransi yang diberikan oleh perusahaan tersebut. Hal ini bertujuan untuk menjamin transaksi yang Anda lakukan dan juga memberikan keamanan bagi kendaraan Anda. Perusahaan yang resmi dan terpercaya tentu memiliki asuransi yang jelas untuk menjamin barang yang digadaikan.

Dengan mengetahui kesalahan yang rentan terjadi saat melakukan gadai mobil ini tentu menjadikan Anda lebih paham dan antisipasi. Bahkan dapat meminimalisir kerugian yang mungkin bisa ditimbulkan. Sehingga ketika Anda melakukan Gadai Mobil Pontianak menjadi cara yang memang tepat untuk mendapatkan sebuah pinjaman. 

cari-kredit-DISITU-pilihanmu