avatardisplay_general
DISITU
07 Jun 2018

Peluang Gadai Fisik Motor di Tempat Gadai

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1806/180607/Peluang Gadai Fisik Motor di Tempat Gadai.jpg

Praktik gadai atas Buku Pemilik Kendaraan Bermotor alias BPKB untuk jenis mobil maupun motor mungkin merupakan pemandangan yang lazim di benak Anda. Proses gadai BPKB pun sangat mudah, bahkan disambut baik oleh kebanyakan perusahaan gadai dan lembaga pembiayaan.

Namun akan beda ceritanya, jika Anda hanya menggadaikan fisik motor tanpa dilengkapi dengan BPKB dan kelengkapan surat-surat lainnya. Apakah cara gadai semacam ini akan diterima? Untuk keterangan lebih lanjut tentang peluang gadai fisik motor di tempat gadai, mari kita simak uraian berikut ini:

1. Barang Gadai Motor Harus Dipastikan Bebas Masalah

Pada prinsipnya, seluruh perusahaan gadai, baik yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta menerima segala bentuk gadai barang jika ia memiliki nilai dan berpeluang dilelang jika proses cicilan uang pinjaman bermasalah.

Namun, mereka tidak sembarangan menerima barang berharga, sebab barang tersebut harus dipastikan tidak bermasalah, pun bukan barang yang diperoleh dari jalan yang tidak benar. Makanya, dokumen kelengkapan barang sangat dibutuhkan guna kelancaran proses gadai, termasuk ketika Anda ingin menggadaikan motor.

2. Kenali Ragam Alasan Orang Ingin Gadai Fisik Motor

Terdapat beragam alasan, mengapa orang ingin menggadaikan fisik motor. Alasan pertama yakni motor tersebut masih dalam proses kredit, sementara calon penggadai sedang sangat butuh uang dadakan sehingga terpaksa ingin menggadai motor tersebut. Pada kondisi tersebut, BPKB dan STNK-nya ada, dan sama sekali tidak bermasalah.

Untuk jenis praktik gadai fisik motor semacam ini, permohonan gadai Anda berpotensi dapat dikabulkan, sebab perusahaan pembiayaan akan menjadikan barang kredit tersebut sebagai agunan. Praktik ini disebut juga dengan Take Over Program.

Dari praktik ini, terdapat sejumlah syarat yang harus diterima dan disepakatii oleh para peserta gadai. Di antara ketentuan tersebut yakni besarnya pencairan dana pinjaman harus lebih besar dari sisa hutang kredit Anda di leasing pertama. Maka dari itu, pastikan Anda meminta simulasi angsuran gadai. Selanjutnya, bandingkanlah dengan sisa hutang pokok kredit mobil di perusahaan pembiayaan sebelumnya.

3. Hindari Mengajukan Gadai Fisik Motor Tanpa BPKB

Alasan selanjutnya, mengapaorang ingin gadai fisik motor, sebab ia tidak mengantongi BPKB. Ketidakhadiran BPKB yang seharusnya menyertai motor disebabkan oleh beragam kemungkinan, misalnya hilang, atau sengketa, atau mungkin barang tersebut didapatkan dengan cara yang tidak sesuai prosedur legal. Hampir dipastikan, jika kendaraan tidak mengantongi BPKB, minim sekali perusahaan gadai yang mau mengabulkan permohonan gadai Anda.

Namun jangan dulu berkecil hati. Sebab perusahaan gadai perseorangan serta Pegadaian sebagai perusahaan gadai pemerintah maih mau menerima gadai fisik motor, dengan ketentuan tertentu. Untuk mendapatkan keamanan dan keadilan, sebaiknya Anda menggadaikan fisik motor di Pegadaian ketimbang di perusahaan perseorangan yang belum terjamin keadilan dan keamanannya. Bahkan boleh jadi perusahaan gadai yang memeprsilakan Anda menggadaikan fisik motor hanyalah kamuflase dari jati diri sebenarnya mereka yang aslinya rentenir.

4. Nilai Gadai Fisi Motor Lebih Rendah Ketimbang Gadai BPKB

Perlu Anda ketahui, bahwa jika perusahaan gadai atau pegadaian mengabulkan permohonan gadai fisik motor yang Anda ajukan, maka nilainya akan jauh lebih rendah ketimbang Anda menggadaikan BPKB motor. Kerugian selanjutnya, Anda tidak akan bisa mempergunakan motor untuk mendukung aktivitas sehari-hari, sebab motor tersebut harus disimpan di gudang pegadaian hingga masa pelunasan uang cicilan tiba.

Jadi, alangkah baiknya jika Anda menjaga BPKB motor Anda, lantas gadaikanlah surat penting tersebut di situasi mendesak, bukan malah menggadaikan fisik motornya.

Demikianlah artikel tentang gadai fisik motor. Semoga artikel ini ada manfaatnya untuk Anda.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu