avatardisplay_general
DISITU
30 Jul 2018

Pengaruh Budaya Pada Prospek Gadai Mobil Jember

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180730/Percaya Atau Tidak Ini Pengaruh Budaya Masyarakat Pada Prospek adai Mobil Jember.jpg

Jember adalah salah satu daerah di Jawa Timur dengan potensi ekonomi tinggi. Banyaknya jumlah petani menjadi faktor penyebab yang utama. Hal ini berdampak positif bagi perkembangan pegadaian. Semakin tinggi tingkat ekonomi, semakin tinggi permintaan masyarakat akan kebutuhannya. Semakin tinggi permintaan, maka jumlah kebutuhan untuk menjaminkan barang di pegadaian berpotensi tinggi pula. Salah satu barang yang banyak dijaminkan untuk pegadaian adalah mobil. Dan inilah yang membuat bahasan gadai mobil Jember jadi menarik.

Apa Anda salah satu yang ingin melakukan gadai mobil Jember? Fakta-fakta budaya masyarakat Jember berikut perlu Anda pertimbangkan :

Pengaruh Budaya Masyarakat Terhadap Prospek Gadai Mobil Jember

Berdasarkan teori perilaku konsumen, budaya mempengaruhi preferensi beli seseorang. Hal ini berlaku pula terhadap prospek gadai mobil Jember. Berikut hasil analisisnya :

1. Wilayah Pandalungan

Sebelum melakukan gadai mobil Jember, pahami dulu karakteristik masyarakatnya. Jember dikenal sebagai wilayah Pandalungan, yang artinya wilayah percampuran budaya Jawa dengan budaya lainnya. Budaya Jawa di Jember banyak terpengaruh oleh budaya lain, terutama budaya Madura. Akibatnya, karakteristik masyarakatnya pun khas. Masyarakat Jember dikenal sebagai pekerja keras. Peluang suksesnya tinggi. Jika Anda melakukan gadai mobil, pegadaian berpotensi menawar mobil Anda dengan harga tinggi. Karena kemungkinan permintaannya juga tinggi saat dilelang.

2. Gaya Hidup Tradisional

Masyarakat Jember memiliki gaya hidup tradisional. Mereka tidak terlalu terpengaruh dengan gaya hidup dan kemajuan modern. Jika membeli sesuatu, masyarakat Jember akan memastikan benda tersebut memang benar-benar bermanfaat. Jarang ditemukan masyarakat Jember membeli sesuatu untuk prestise. Jika Anda melakukan gadai mobil Jember, akan lebih potensial jika mobil Anda bertipe mobil keluarga. Karena dibandingkan mobil pribadi, mobil keluarga lebih muat untuk banyak orang.

3. Tingkat Kepuasan Hidup Tinggi

Tingkat kepuasan hidup masyarakat Jember termasuk yang tertinggi di Indonesia. Meskipun hidup dalam lingkungan perkebunan, masyarakat Jember tidak terlalu bergairah untuk bermegah-megah. Jika hasil panen kebun mereka tinggi, masyarakat Jember tidak akan menghamburkannya. Dari segi ini, tampaknya prospek gadai mobil Jember tidak terlalu baik. Tapi tidak bisa langsung disimpulkan demikian. Dikarenakan gaya hidup sederhananya, masyarakat Jember melihat segala sesuatu dari kegunaan. Sehingga saat membeli mobil, masyarakat Jember cenderung akan memilih ikut lelang mobil di pegadaian. Daripada membeli mobil baru.

4. Fanatisme Agama Kuat

Keyakinan masyarakat Jember terhadap agama dan benda mistis tergolong kuat. Maka dari itu, nilai-nilai dan prinsip yang diyakininya banyak terikat dengan peraturan agama. Dalam peraturan agama, sifat hemat dan menghindari pemborosan sangat dihargai. Jika seorang warga ingin membeli mobil melalui pegadaian, maka ia akan membeli untuk sekali seumur hidup. Dipengaruhi oleh pandangan agama, masyarakat Jember tidak tertarik untuk membeli satu barang berjenis sama secara berulang-ulang. Karena hal seperti ini dianggap sebagai pemborosan.

5. Strata Sosial

Termasuk asing di Jember, bila seseorang dihormati hanya karena kekayaannya. Di Jember, kehormatan tidak datang dari materi. Masyarakat Jember akan lebih menghargai seorang tokoh masyarakat dibanding sekadar orang kaya. Untuk Anda yang ingin gadai mobil Jember, hal ini dapat dijadikan pertimbangan. Perhatikan tipe mobil yang akan Anda gadaikan. Jika mobil tersebut adalah mobil mewah, kemungkinan pegadaian akan menolaknya. Harga pasarnya terlalu tinggi, sementara pemikiran masyarakat tidak terlalu menghargai kemewahan. Jika Anda gagal menebus jaminan, pegadaian akan rugi besar karena mobil Anda mungkin tidak laku lelang.

6. Sederhana, Namun Tetap Menyukai Kemudahan

Sifat tradisional, religius, dan sederhana masyarakat tidak membuat gadai mobil Jember serta merta berprospek negatif. Di manapun tempatnya, masyarakat cenderung menyukai kemudahan. Jika dapat diangkut dengan mobil, untuk apa susah-susah membawa hasil panen dengan gerobak sapi? Di Jember, penggunaan gerobak sapi masih ada. Tapi sudah tidak umum lagi. Untuk mengangkut hasil kebun, masyarakat telah beralih ke truk atau mobil pick-up. Sehingga gadai mobil Jember tetap berprospek baik, dengan tipe-tipe mobil tertentu.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu