avatardisplay_general
DISITU
10 Jan 2019

Perhatikan Hal Ini Sebelum Tanda Tangan Kontrak Kerja

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201901/190110/Banner/Perhatikan Hal Ini Sebelum Tanda Tangan Kontrak Kerja.jpg

Beberapa perusahaan menawarkan kontrak kerja yang harus disetujui oleh para pencari kerja. Hal ini merupakan salah satu perjanjian kerja sama antara perusahaan dengan para pekerja. Biasanya didalam kontrak kerja terdapat beberapa persetujuan yang bertujuan untuk saling menguntungkan antara perusahaan dan pekerja. Namun, ada baiknya jika Anda tidak terburu-buru menerima tawaran tersebut dan mencermati terlebih dahulu perjanjian yang diberikan oleh perusahaan. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menandatangani kontrak kerja yang diajukan oleh perusahaan.

  1. Profesionalitas

pekerjaan

Profesionalitas dari suatu perusahaan dapat dilihat sejak awal proses rekrutmen. Salah satu hal kecil yang mungkin kerap kali tidak diperhatikan oleh perusahaan adalah undangan wawancara kerja yang dikirimkan di luar jam kantor. Hal ini tentunya bukanlah sikap professional yang baik. Dari sini Anda dapat menilai bahwa perusahaan tersebut kurang memperhatikan etika di dalam pekerjaan. Selain itu, penggunaan bahasa yang dilakukan oleh perusahaan juga dapat Anda nilai dari layak tidaknya bahasa dan kesopanan yang digunakan ketika menghubungi Anda. 

  1. Kejelasan Perusahaan

pekerjaan

Anda tentunya tidak ingin melibatkan diri ke dalam perusahaan yang memiliki masalah, terutama dalam hal hukum dan finansial. Berhati-hatilah dalam memilih perusahaan, Anda sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu mengenai citra perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan. Perusahaan-perusahaan yang tidak sehat biasanya perkembangannya tidak jelas atau mengalami kemunduran. Jangan mau untuk bergabung di dalam perusahaan yang memiliki citra yang kurang baik karena hal ini akan mempengaruhi karier Anda di masa depan.

 

Baca juga: Gadai Motor Satria FU Solusi Kebutuhan Mendesak

 

  1. Jenis pekerjaan

pekerjaan

Jenis atau deskripsi pekerjaan biasanya akan dicantumkan di dalam kontrak kerja yang akan Anda tanda tangani. Hal ini biasanya dijelaskan secara lengkap mengenai kewajiban dan tanggung jawab di dalam pekerjaan Anda. Jika dalam kontrak kerja tidak ada deskripsi pekerjaan yang jelas dan bisa dipahami, Anda lebih baik bertanya lebih lanjut dan meminta kejelasan tertulis agar Anda terhindar dari tanggung jawab pekerjaan yang berat, tidak beraturan, dan di luar tugas Anda yang seharusnya.

  1. Lingkungan kerja

pekerjaan

Lingkungan kerja tentunya merupakan salah satu hal yang harus Anda pertimbangkan karena nantinya Anda akan menghabiskan banyak waktu di tempat kerja dimana Anda bekerja. Anda tentunya tidak ingin bekerja di tempat yang tidak memiliki suasana kerja yang cukup baik, misalnya ruangan kantor yang kotor dan berantakan, berbau, ataupun dikelilingi oleh rekan-rekan yang kurang ramah. Anda tentunya ingin memiliki atasan yang dapat Anda hormati dengan rekan-rekan yang dapat bekerja sama dengan baik dengan Anda.

Hal-hal di atas merupakan beberapa contoh hal yang dapat Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk bergabung di dalam suatu perusahaan. Jangan tergesa-gesa dan pertimbangkan pilihan Anda secara matang karena pekerjaan yang tidak Anda sukai akan membuat Anda merasa tidak nyaman ketika bekerja. Dapatkanlah pekerjaan yang nyaman dan sesuai dengan keinginan Anda sehingga Anda dapat menikmati pekerjaan-pekerjaan yang Anda lakukan.