avatardisplay_general
DISITU
11 Jul 2018

Take Over Kredit Untuk Gadai Mobil Masih Kredit

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180711/Perhatikan Prosedur Take Over Kredit Pegadaian Swasta Jakarta Untuk Gadai Mobil Masih Kredit Jakarta.jpg

Pegadaian swasta banyak menjamur di kota besar seperti Jakarta. Adanya pegadaian swasta ini cukup memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan mengajukan gadai. Umumnya masyarakat banyak melakukan gadai kendaraan maupun perhiasan untuk memenuhi kebutuhan. Mobil menjadi salah satu kendaraan yang menjadi sasaran gadai untuk kebutuhan biaya besar. Tapi, hal ini agak sedikit rumit ketika ternyata mobil yang akan digadai masih dalam tahap kredit. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada mekanisme take over yang disediakan beberapa pegadaian swasta di Jakarta. Mekanisme take over kredit ini cocok untuk Anda yang akan melakukan gadai mobil masih kredit Jakarta. Ada beberapa prosedur yang harus Anda tempuh sebelum resmi melakukan take over. Berikut ini prosedur-prosedur dalam take over kredit yang harus Anda ketahui.

1. Pengajuan Take Over

Tahapan yang pertama adalah melakukan pengajuan take over. Debitur akan melakukan permohonan kredit kepada pihak yang diminta untuk melakukan take over. Ini menjadi langkap pertama dalam prosedur take over ini. Sebaiknya sebelum melakukan pengajuan take over Anda terlebih dahulu menanyakan terkait syarat serta ketentuan take over. Syarat dan ketentuan ini yang menjadi jembatan Anda ke prosedur selanjutnya setelah pengajuan take over.

2. Melengkapi Syarat-Syarat

Hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah melengkapi syarat-syarat dari take over tersebut. Ada berbagai macam persyaratan yang biasanya diminta untuk dilengkapi sebelum mengajukan take over. Biasanya penyerahan syarat bersamaan dengan pengajuan take over. Ketika berkas sudah lengkap maka akan dilakukan survei kepada calon debitur. Survei inilah yang menjadi penentu apakah debitur layak atau tidak untuk berlanjut ke proses selanjutnya.

3. Proposal Usulan Kredit

Pada fase ketiga take over kredit untuk gadai mobil masih kredit Jakarta ada fase usulan kredit. Ketika debitur sudah dirasa layak untuk mendapat take over kredit selanjutnya pihak marketing akan melakukan pengajuan proposal usulan kredit. Proposal inilah yang nantinya diajukan oleh pihak marketing ke pihak pemutus kredit. Jadi pihak pemutus kredit atau komite kredit inilah yang akan memutuskan apakah proses dilanjutkan atau tidak. Jika diputuskan untuk dilanjutkan maka calon debitur dapat masuk ke fase selanjutnya.

4. Perjanjian Take Over

Setelah proposal pengajuan take over tadi kemudian disetujui oleh komite kredit maka pihak debitur kemudian melakukan perjanjian take over. Perjanjian ini bertujuan untuk mengikat debitur dengan pihak yang akan melakukan take over. Pada proses ini ingat untuk membaca baik-baik perjanjian yang akan Anda tanda tangani. Poin-poin perjanjian ini harus Anda cermati agar tidak ada poin yang merugikan Anda.

5. Pelunasan Pada Kreditur Awal

Selanjutnya Anda masuk pada fase pelunasan. Jadi setelah melalui beragam proses tersebut akan dilakukan pelunasan oleh kreditur baru pada kreditur lama. Pihak marketing sebagai wakil dari kreditur baru akan menuju ke kreditur lama bersama debitur. Di sana akan dilakukan pelunasan terkait dengan sisa hutang yang dimiliki debitur. Setelah adanya pelunasan tersebut maka debitur akan menerima bukti pelunasan hutang. Selain itu sertifikat asli dari jaminan yang diagunkan pada pihak kreditur yang lama juga akan kembali pada pihak debitur. Sertifikat-sertifikat dan berkas pelunasan itulah yang nantinya akan diserahkan ke kreditur baru.

6. Pengikatan Jaminan

Sesudah mendapat bukti pelunasan serta sertifikat dari pihak kreditur lama maka berkas tersebut akan diserahkan ke kreditur baru. Dari sana antara pihak kreditur baru dan debitur akan melakukan penyerahan dokumen-dokumen yang tadi didapat. Penyerahan dokumen ini sekaligus menjadi saat pengikatan jaminan antara pihak kreditur baru dengan debitur.

Prosedur-prosedur terkait mekanisme take over kredit di atas harus Anda cermati. Sehingga Anda tidak salah prosedur ketika akan mengajukan take over kredit. Mekanisme take over kredit pegadaian swasta Jakarta dianggap sebagai solusi baik untuk Anda yang ingin gadai mobil masih kredit Jakarta.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu