DISITU
12 Jun 2018

Perkiraan Awal Modal Bisnis ATK, Penting untuk kamu

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1806/180612/Perkiraan Awal Modal Bisnis ATK.jpg

Dalam dunia pendidikan dan perkantoran, alat tulis kantor memiliki peran yang sangat penting. Hampir dalam setiap kegiatan yang dilakukan tidak terlepas dari kebutuhan alat tulis kantor. Akibat tingginya permintaan akan alat tulis kantor (ATK) ini menjadikan bisnis ATK sangat potensial dan menjanjikan untuk dijalankan. Berbeda dengan menjual makanan dan sebagainya, menjual alat tulis kantor tidak ada tanggal kadaluarsa dan cenderung awet. Bagi Anda yang berniat memulai usaha ini, berikut modal bisnis ATK yang harus dipersiapkan

1. Lokasi Dan Lahan

Seperti yang kita tahu jika kebanyakan orang yang membutuhkan ATK adalah perkantoran dan sekolah. Oleh karena itu untuk membuka bisnis satu ini sebaiknya memilih lokasi strategis yang dekat dengan kantor, instansi pemerintah, sekolah, kampus dan sebagainya. Dengan mendirikan usaha pengadaan ATK di area tersebut tentunya banyak orang yang membutuhkan produk yang Anda Jual dan berpotensi mendapatkan keuntungan.

Jika Anda tidak memiliki lahan pribadi dapat mengontrak toko tahunan, biaya kontak toko tergantung lokasi dan ukurannya. Biasanya harga sewa toko untuk bisnis alat tulis kantor adalah Rp 10 juta hingga Rp 15 juta pertahunnya.

2. Pengadaan ATK

Dalam mendirikan toko ATK yang mampu bersaing dengan kompetitor, jadilah toko alat tulis yang menyediakan segala jenis alat tulis dan buku lengkap. Dengan menyediakan produk secara lengkap, tentunya menjadikan toko yang Anda kelola sebagai tempat paling dicari orang-orang yang membutuhkan alat tulis kantor.

Adapun  Alat tulis kantor yang dibutuhkan seperti buku, kertas, alat tulis dan produk-produk alat tulis kantor lainnya. Modal yang dibutuhkan untuk pengadaan operasional tersebut kira-kira Rp 3 juta hingga Rp 5 Jutaan.

3. Pengadaan Inventaris Penunjang

Guna memudahkan pelanggan melihat produk yang dijual serta menunjang kegiatan, tentu dibutuhkan barang inventaris penunjang seperti

  • Etalase @Rp. 1.500.000

  • Alat Pemotong Kertas @Rp. 700.000

  • Meja dan Kursi Rp. 800.000

  • Mesin Laminating @Rp. 1.500.000

  • Rak Dinding 3 buah Rp 900.000

4. Pengadaan Alat Cetak

Agar dapat menarik lebih banyak pelanggan, Anda dapat melengkapi toko ATK dengan menyediakan jasa fotokopi dan pengetikan. Meskipun margin keuntungan dari jasa ini cenderung sedikit, namun sangat efektif dalam menarik pelanggan untuk datang ke toko Anda. berikut rincian modal bisnis ATK khususnya dalam pengadaan alat cetak

  • 1 unit mesin Fotokopi @Rp 15.000.000

  • Computer 2 buah @Rp 5.000.000

  • Printer 2 buah @Rp. 500.000

  • Bahan baku (kertas dan Tinta) Rp 1.500.000

Total biaya yang dibutuhkan untuk pengadaan alat-alat tersebut yaitu Rp.22.000.000

5. Biaya Renovasi Dan Promosi

Selain pengadaan biaya sewa toko, dibutuhkan pula biaya renovasi. Biaya renovasi seperti penataan interior, penggantian bagian-bagian yang sudah terpakai dan pengecatan ulang sangat diperlukan guna menarik pelanggan. Biaya yang dibutuhkan untuk biaya renovasi ini tergantung dari tingkat kelayakan dan kemampuan Anda sebagai pemilik usaha. Namun untuk pengecatan dan penataan interior setidaknya dibutuhkan dana sekitar Rp 2 juta rupiah.

 Adapun faktor lain yang bisa digunakan dalam mendatangkan pelanggan yakni dengan media promosi yang baik. Anda dapat membuat papan nama yang dipasang di depan toko dan juga brosur sebagai media promosi. biaya yang untuk pembuatan media promosi seperti papan nama dan brosur ini sekitar Rp 150.000.

itulah sedikit perkiraan awal modal bisnis ATK yang diperlukan. Bisnis satu ini memang sangat menjanjikan dan juga berpeluang menghasilkan keuntungan yang besar. Dan jangan lupakan modal utama dalam sebuah bisnis pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Dengan pelayanan yang ramah tentunya pelanggan akan merasa dihargai dan puas.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu