avatardisplay_general
DISITU
24 Aug 2018

Persyaratan Untuk Gadai Sertifikat Rumah Bank BRI

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180824/Persyaratan Dan Prosedur Gadai Sertifikat Rumah Bank BRI Yang Perlu Kamu Ketahui.jpg

Sertifikat rumah bisa digunakan meminjam uang di BRI untuk banyak jenis pinjaman, seperti KUR dan Kupedes tapi harus memiliki usaha. Jika Anda membutuhkan uang untuk keperluan konsumtif, bukan sebagai modal usaha Anda bisa gadai sertifikat rumah di bank BRI. Sebelum melakukan gadai sertifikat, pastikan bahwa rumah yang Anda tempati milik sendiri dan tidak dalam keadaan sengketa. Kemudian pastikan bahwa Pajak Bumi dan Bangunan rumah Anda sudah dibayar lunas hingga saat Anda mengajukan pinjaman. Sebelum mengajukan pinjaman tentu ada syarat yang harus dipenuhi dan prosedur yang harus dilewati. Berikut akan dibahas tentang syarat dan prosedur gadai sertifikat rumah bank BRI untuk Anda.

Syarat Pinjaman Dengan Gadai Sertifikat Rumah

Dalam sebuah pengajuan pinjaman pasti ada persyaratan yang harus dipenuhi beserta jaminan yang diajukan. Persyaratan yang harus Anda siapkan jika mau melakukan gadai sertifikat rumah bank BRI meliputi: Foto kopi KTP sendiri dan suami/ istri (bagi yang sudah menikah), Buku nikah Suami/ Istri. Foto kopi Kartu Keluarga (KK), Pas foto suami dan istri ukuran 4x6 masing-masing 2 lembar. Surat keterangan usaha dari kelurahan (jika memiliki usaha kecil), surat domisili (jika mengajukan di luar cabang yang sesuai alamat KTP). Dan yang wajib adalah agunan berupa sertifikat rumah sendiri yang asli dan salinan.

Prosedur Pengajuan Pinjaman

Sebelum mendapatkan pinjaman dana yang Anda butuhkan, Anda harus melewati prosedur gadai sertifikat rumah bank BRI, seperti berikut :

1. Pergi Ke Cabang BRI Sesuai Alamat KTP, Menuju CS

Setelah di rumah Anda menyiapkan segala persyaratan yang infonya sudah Anda dapatkan sebelumnya., Anda bisa membawanya pergi ke BRI. Anda harus memilih cabang BRI yang sesuai dengan alamat di KTP Anda, bila memungkinkan. Namun jika tidak memungkinkan, Anda bisa pergi ke cabang terdekat dengan domisili Anda sekarang. Anda bisa menemui CS (customer service) untuk mendaftarkan pengajuan pinjaman Anda.

2. Mengisi Formulir Aplikasi Pinjaman

Setelah Anda berhasil menemui CS (customer service)dan mendaftarkan pinjaman Anda, petugas akan memberikan formulir aplikasi pinjaman. Isilah formulir aplikasi pinjaman tersebut dengan data yang benar dan lengkap sesuai dokumen yang Anda miliki. Setelah selesai Anda isi, serahkan formulir tersebut beserta seluruh kelengkapan persyaratan kepada petugas bank. Dan Petugas bank akan menerimanya untuk dilakukan verifikasi berkas.

3. Pihak Bank Akan Melakukan Survei Ke Rumah Anda

Setelah persyaratan dan formulir aplikasi pinjaman di verifikasi datanya, pihak bank BRI akan melakukan survey ke rumah Anda. Pihak bank akan memastikan rumah yang sertifikatnya Anda buat jaminan, apakah milik Anda sendiri. Selain itu bank akan bertanya seputar rumah, usaha dan pekerjaan, kadang juga mengambil foto rumah Anda. Mereka akan mengumpulkan data pendukung sebanyak-banyaknya untuk pengajuan pinjaman Anda.

4. Menunggu Persetujuan Pinjaman Dari Bank


 

Setelah survey dilakukan, selanjutnya adalah menunggu informasi apakah pinjaman Anda disetujui pihak bank atau tidak. Proses persetujuan ini sekitar 3-7 jam kerja tergantung panjang pendeknya antrian di bank saat itu. Anda akan dihubungi via telepon untuk memberitahukan bahwa pinjaman Anda diterima atau tidak, jika diterima maka lanjut ke prosedur berikutnya.

5. Penandatanganan Perjanjian Kredit Dan Pencairan Dana


 

Setelah Anda mendapat info bahwa pinjaman Anda diterima melalui telepon, Anda akan diminta datang ke cabang BRI tersebut dengan membawa materai. Materai yang dibawa sebanyak 6 lembar materai 6000 an, akan digunakan untuk menAndatangani perjanjian pinjaman Anda. Setelah proses penandatanganan Anda harus menunggu proses pencairan dana dalam beberapa jam setelah pencairan. Jika Anda belum memiliki rekening di bank tersebut, biasanya pihak bank akan menyuruh Anda membuka rekening untuk proses pencairan pinjaman.