28 February 2018 00:00

Pinjaman Bank Gaji 1500 Ribu? Masih Bisa Untuk Modal Ternak Lele

DISITU

417 Pinjaman Bank Gaji 1500 Ribu Masih Bisa Untuk Modal Ternak Lele kok.jpg

Saat ini banyaknya pengangguran merupakan salah masalah yang paling kompleks terutama di Indonesia. Masalah ini umumnya diakibatkan karena minimnya lapangan kerja yang tersedia. Selain itu penyebaran penduduk yang tidak merata juga merupakan faktor penyebab utamanya. Jika sudah begini anda dituntut untuk kreatif dalam menentukan langkah demi mencari uang. Salah satu cara yang bisa anda coba adalah bisnis. Lalu adakah bisnis yang bisa dijalankan dengan modal pinjaman bank gaji 1500? Tentu saja ada salah satunya adalah ternak lele. Usaha ternak lele sangat cocok untuk anda yang memiliki lahan kosong di sekitar rumah dan berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan.

Langkah-Langkah Dalam Menjalankan Usaha Ternak Lele

Inilah langkah-langkah dalam menjalankan usaha ternak lele dengan pinjaman bank gaji 1500.

1. Jenis Lele Yang Akan Dibudidayakan

Langkah pertama dalam usaha ternak lele adalah menentukan jenis lele yang akan dibudidayakan. Hal ini sangat penting diperhatikan agar usaha yang anda jalankan bisa sukses ke depannya. Umumnya jenis lele yang mudah di budidayakan adalah lele dumbo sangkuriang. Lele dumbo sangkuriang banyak dipilih karena memiliki banyak kelebihan dibandingkan jenis lele yang lain. Kelebihan ini mulai dari produktivitas yang tinggi hingga lebih tahan terhadap penyakit. Maka dari itu untuk anda yang ingin beternak lele, jenis ini sangat cocok untuk dibudidayakan karena prospeknya yang terbilang baik

2. Syarat Hidup Ikan Lele

Langkah yang kedua adalah memperhatikan syarat hidup ikan lele. Lele merupakan jenis ikan yang mudah dipelihara dan bisa hidup di kondisi air apapun. Meskipun begitu suhu air harus tetap anda perhatikan karena hal itu dapat berpengaruh pada proses pencernaan ikan lele. Umumnya suhu air yang baik untuk budidaya ikan lele adalah 26 hingga 32 °C.

3. Membuat Kolam Pembesaran

Setelah menentukan jenis dan syarat hidup lele, langkah selanjutnya adalah membuat kolam untuk pembesaran. Kolam untuk pembesaran tidak serumit dan tidak seluas kolam untuk pembenihan. Cukup siapkan kolam dengan luas 5 x 2 meter untuk menampung kurang lebih 1000 ekor benih lele. Jika ukurannya lebih dari itu anda bisa menghitungnya menggunakan syarat minimal daya tampung per-meter. Setiap per-meter persegi kolam pembesaran umumnya dapat menampung kurang lebih 100 ekor benih ikan lele. Jadi, jika ukuran kolam yang anda gunakan 7x4 meter itu artinya jumlah ikann lele yang bisa ditampung adalah sekitar 2000 ekor. Untuk jenis kolamnya, anda bisa memilih kolam terpal karena lebih murah dibandingkan kolam semen. Selain itu bahan kimia yang terkandung juga lebih sedikit dibandingkan menggunakan semen.

4. Memilih Benih Lele

Setelah semua persiapan untuk budidaya siap, kita masuk ke langkah berikutnya yaitu memilih benih lele yang berkualitas. Untuk pembesaran pilihlah benih lele dengan ukuran 5-7 cm dan sebisa mungkin ukurannya seragam. Untuk bibit yang berkualitas, terdapat beberapa ciri yang bisa anda perhatikan salah satunya adalah memiliki tubuh yang seimbang antara kepala dan badan. Selain itu tidak terdapat cacat pada tubuhnya serta memiliki gerakan yang lincah.

5. Persiapan Sebelum Menebar Benih Lele

Setelah menentukan bibit yang cocok langkah selanjutnya adalah melakukan persiapan sebelum menebar benih lele tersebut. Langkah pertama adalah , mengisi kolam dengan air bersih dan bebas dari limbah. Isi hingga ketinggian kolam lebih dari 60 cm. Setelah itu siapkan pupuk kandang dan masukan ke dalam karung dengan ukuran 1 sampai 1,5 kg/m2. Jadi jika kolam yang anda buat berukuran 5x2 meter berarti pupuk yang bisa anda gunakan adalah sekitar 10-15 kg.

6. Pemeliharaan

Jika benih sudah disebar maka langkah terakhir adalah pemeliharaan. Usahakan untuk selalu mengecek kondisi lele anda agar saat panen hasilnya bisa maksimal.

Itulah langkah-langkah usaha ternak lele dengan modal pinjaman bank gaji 1500. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Cari kredit DISITU pilihanmu