avatardisplay_general
DISITU
23 Feb 2018

Pinjaman Guru, Kamu Bisa Mencoba Untuk Modal Usaha

https://disituapi.azureedge.net/artikel/396 Pinjaman Guru Kamu Bisa Mencoba Lakukan Untuk Modal Usaha Ini.jpg

Kebutuhan ekonomi memang tidak pernah ada habisnya. Bahkan kadang-kadang ada sebagian orang yang merasa kekurangan materiil karena jumlah kebutuhan lebih besar dibandingkan dengan jumlah pemasukan. Ketika dihadapkan dengan situasi semacam ini, tentu anda perlu memutar otak agar kebutuhan hidup tetap bisa terpenuhi. Bagi anda yang berprofesi sebagai tenaga pendidik, biasanya akan ada pinjaman guru yang disediakan secara khusus. Bagaimanakah caranya agar pinjaman yang didapatkan tersebut bisa lebih bermanfaat?

Manfaatkanlah Pinjaman Guru Untuk Merintis Beberapa Usaha Ini

Apakah yang harus anda lakukan ketika mendapatkan pinjaman guru? Mungkin sebagian orang masih merasa bingung cara mengelola dana pinjaman. Ketika anda hanya memanfaatkan dana tersebut untuk membeli kebutuhan-kebutuhan pokok saja tentu uang tidak bisa berputar kembali. Artinya, lambat laun uang hasil pinjaman tersebut akan habis. Nah, cobalah manfaatkan pinjaman yang anda terima tersebut untuk melakukan beberapa usaha ini yang cocok dan relevan dengan profesi anda sebagai seorang pendidik.

1. Usaha Jual Beli Kerudung

Minat masyarakat Indonesia terhadap kerudung atau hijab memang sangat besar. Hal ini didukung dengan mayoritas masyarakat Indonesia memang beragama Islam. Manfaatkanlah dana pinjaman yang diterima untuk membuka usaha penjualan kerudung. Anda bisa merekrut penjahit yang mumpuni untuk menjahit aneka model kerudung yang kekinian. Usaha ini memang terbukti cukup menjanjikan.

2. Jualan Pulsa Dan Kartu Data

Berjualan pulsa dan kartu kuota data mungkin bisa menjadi salah satu usaha yang bisa anda rintis dengan memanfaatkan dana pinjaman yang didapatkan. Usaha ini dijamin tidak akan mengurangi ataupun mengganggu waktu anda sebagai tenaga pendidik. Sejak beberapa tahun silam ini, kebutuhan masyarakat akan pulsa dan kuota data memang meningkat. Jadi, anda tidak perlu bersusah payah untuk mencari pelanggan.

3. Penyewaan Buku

Buku memang sebuah hal penting dan menjadi kebutuhan dasar bagi setiap orang. Melalui usaha penyewaan buku ini, selain bisa mendapatkan keuntungan materiil, anda juga bisa menggiring publik untuk gemar membaca. Usaha ini sangat cocok apalagi jika notabene anda adalah seorang pendidik.

4. Membuka Jasa Rental Pengetikan

Kebutuhan masyarakat akan dokumen-dokumen yang melibatkan teknik pengetikan memang tidak ada habisnya. Anda bisa memanfaatkan situasi ini menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Gunakanlah dana pinjaman untuk membeli perangkat komputer dan printer. Setelah itu, rekrutlah tenaga pengetikan yang ahli dan kerjanya cepat. Anda bisa mendapatkan klien-klien dari para tenaga pendidik yang masih awam dengan dunia komputer. Selain itu, para mahasiswa juga bisa menjadi klien usaha anda. Apalagi mahasiswa biasanya memiliki tugas yang membutuhkan jasa pengetikan ataupun percetakan.

5. Membuka Usaha Bimbingan Belajar

Usaha yang satu ini memang sangat identik dengan seorang tenaga pendidik. Nah, manfaatkan dana pinjaman yang anda dapatkan tersebut untuk membuat ruang belajar yang cukup menarik. Anda bisa memanfaatkan uang pinjaman tersebut untuk membeli peralatan yang dibutuhkan dalam bimbingan belajar seperti meja, kursi, alat tulis hingga whiteboard. Selain itu, anda juga bisa menggunakan sebagian dana pinjaman tersebut untuk mempromosikan bimbingan belajar

6. Usaha Fotokopi

Membuka usaha fotokopi dari zaman dahulu hingga sekarang memang memberikan peluang yang cukup besar. Apalagi jika usaha fotokopi anda dilengkapi dengan berbagai pernak pernik alat tulis kantor. Hampir setiap orang pasti pernah membutuhkan jasa fotokopi ini. Cobalah memanfaatkan peluang yang ada ini untuk memutarkan dana pinjaman yang anda terima.

7. Membuat Handicraft

Seorang pendidik biasanya memiliki keterampilan dalam memanfaatkan barang-barang menjadi sebuah kerajinan tangan yang indah. Manfaatkanlah dana dan keterampilan yang dimiliki untuk membuat handicraft seperti tas, bros, dan sebagainya. Anda bisa memasarkan kepada relasi, rekan atau melalui media online.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu