15 March 2018 00:00

Pinjaman Perbaikan Rumah, Ini Tips Jitu Untuk Mendapatkannya

DISITU

523 Pinjaman Perbaikan Rumah Ini Tips Jitu Untuk Mendapatkannya.jpg

Setelah beberapa tahun rumah biasanya memerlukan perbaikan, baik besar maupun kecil. Namun, masalah akan muncul apabila anda tidak memiliki dana, sementara perbaikan rumah sudah harus dilakukan. Renovasi atau perbaikan rumah biasanya juga langsung dilakukan setelah membeli rumah sederhana karena rumah jenis ini biasanya dibangun pada batas bawah standarisasi. Jadi, jika ingin lebih nyaman untuk ditinggali, anda harus melakukan sejumlah perbaikan. Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tips untuk mendapatkan pinjaman perbaikan rumah yang dapat memberi anda jalan keluar.

Tips Jitu Untuk Mendapatkan Pinjaman Perbaikan Rumah

Ada berbagai macam cara untuk mendapatkan pinjaman untuk perbaikan rumah. Jadi, anda tidak perlu bingung. Simak ulasan mengenai tips jitu untuk mendapatkan pinjaman perbaikan rumah berikut ini:

1. Ajukan Kredit Renovasi Rumah

Anda dapat menjaminkan sertifikat rumah anda ke bank untuk mendapatkan kredit renovasi. Sebagian bank bahkan bekerjasama dengan pabrik pembuat semen untuk membuat program layanan pembiayaan renovasi rumah.

2. Kredit BPJS Ketenagakerjaan

Seseorang yang telah terdaftar sebagai anggota BPJS ketenagakerjaan atau Jamsostek selama minimal lima tahun memang bisa mengajukan fasilitas kredit renovasi rumah. Dalam pembiayaan kredit renovasi rumah via BPJS ketenagakerjaan, pihak BPJS ketenagakerjaan sendiri akan bekerja sama dengan beberapa bank. Jaminan sendiri adalah dana dalam rekening BPJS ketenagakerjaan yang anda miliki. Proses kredit ini sangat mudah, anda hanya perlu datang ke kantor BPJS ketenagakerjaan terdekat dan melengkapi persyaratan yang diminta.

3. Kerjasama Dengan Toko Material

Jika punya anggaran terbatas untuk perbaikan rumah, maka anda dapat menyiasati biaya perbaikan dengan melakukan kerja sama dengan toko material dalam bentuk pembayaran material bangunan secara berjangka melalui angsuran bulanan. Toko material sendiri mempunyai target dari distributor untuk segera menghabiskan stok di toko. Berdasarkan hal ini dan pemahaman, bahwa biaya perbaikan rumah relatif besar, toko material menghabiskan stok dengan memberi kemudahan bagi calon pembeli yang akan melakukan renovasi dengan cara mengangsur untuk pembelian material bangunan di toko mereka.

Tempo pembayaran biasanya dalam jangka pendek 1-3 bulan saja dan syarat utamanya, anda dikenal baik oleh toko material bangunan tersebut. Anda dapat saja mengajukan perpanjangan tempo pembayaran jika reputasi Anda bagus atau mencari toko bangunan lainnya.

4. Top Up KPR

Fasilitas Top Up KPR adalah fasilitas yang diberikan bagi para pengaju rumah KPR dengan jaminan rumah yang masih dibiayai bank. Peminjaman ini juga berlaku bagi seseorang yang masih dalam status pembayaran KPR yang belum lunas. Fasilitas ini biasanya diberikan setelah nasabah melewati separuh dari masa kredit dan juga memiliki riwayat kredit yang baik. Dalam hal ini KPR awal anda akan ditutup dan anda akan memiliki kredit baru. Dana renovasi yang akan anda dapatkan sendiri yaitu dari selisih dana plafon pinjaman anda setelah dikurangi sisa KPR sebelumnya.

5. Over Kredit KPR

Over kredit mirip dengan top up KPR hanya saja cara ini melibatkan dua bank. Bank awal atau bank pertama merupakan penerbit KPR, sedangkan bank kedua adalah yang dituju untuk melakukan over kredit dari bank awal tadi. Jadi, intinya sama saja yaitu selisih plafon digunakan untuk membiayai perbaikan rumah. Cara ini bisa digunakan apabila permohonan top up KPR ditolak.

6. Dana Tabungan Dan KTA

Pastinya anda mempunyai tabungan di bank. Anda tidak perlu mengambil semua tabungan di bank sebagai dana renovasi rumah. Ambil saja seperlunya, kemudian kombinasikan dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Dalam pinjaman KTA sendiri anda tidak perlu menunggu lama untuk pencairan dana seperti pada kredit dengan agunan. Sebab, dengan pinjaman KTA anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1-2 minggu untuk pencairan dana, bahkan ada yang lebih cepat. Pinjaman KTA ini sangat cocok bagi anda yang ingin melakukan renovasi kecil-kecilan dan waktu pengerjaan yang singkat. Namun, KTA ini memiliki suku bunga yang lumayan tinggi.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu