Dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 2018, semua data pengajuan yang masuk melalui DISITU.COM akan diproses kembali pada tanggal 19 Juni 2018. DISITU.COM mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H

14 March 2018 00:00

Pinjaman Uang di Bank Untuk Modal Usaha,Harus Kamu Ketahui!

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/498 Pinjaman Uang di Bank Untuk Modal Usaha Ini Syarat yang Harus Kamu Ketahui.jpg

Banyak orang yang ingin membuka usaha untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik. Namun, terkadang seseorang terkendala dalam hal modal apalagi jika usaha yang akan dibangun membutuhkan uang yang tak sedikit. Hal inilah yang membuat seseorang melakukan pinjaman. Tak sedikit orang yang mengajukan pinjaman uang di bank untuk modal usaha. Mayoritas bank memang menyediakan layanan pinjaman dengan berbagai macam produk yang ditawarkan. Ada pinjaman yang menggunakan agunan dan adapula pinjaman tanpa agunan. Terlepas ada tidaknya agunan, ada persyaratan yang ditetapkan bank ketika anda akan mengajukan pinjaman.

Syarat Mengajukan Pinjaman Uang Di Bank Untuk Modal Usaha

Jika anda akan mengajukan pinjaman uang untuk modal usaha di bank maka sebaiknya anda menyiapkan persyaratannya terlebih dahulu. Syarat tersebut sebagai berikut.

1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Persyaratan paling utama yang harus anda penuhi adalah menyiapkan fotokopi KTP dan menetap di wilayah Negara Indonesia. Persyaratan ini wajib anda penuhi. Selain itu, tempat tinggal anda sekarang harus sesuai dengan alamat yang tercantum di dalam KTP. Jika berbeda, maka anda harus melampirkan surat keterangan tinggal dari pihak kelurahan wilayah anda. Apabila anda sudah menikah, anda harus melampirkan KTP pasangan anda. hal ini untuk memastikan pinjaman tersebut telah diketahui oleh kedua belah pihak.

2. Fotokopi Akta Nikah

Jika anda sudah memiliki pasangan (suami/istri) maka anda harus melampirkan fotokopi akta nikah. Akta ini sebagai bukti bahwa harta yang digunakan adalah harta bersama. Tentu saja harta bersama ini harus diketahui oleh kedua belah pihak, baik istri ataupun suami. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi jika ke depan ada permasalahan. Dengan demikian maka konfirmasi pada saat permasalahan tersebut dapat berjalan dengan lancar.

3. Fotokopi kartu Keluarga (KK)

Syarat pinjaman uang untuk modal usaha lainnya adalah fotokopi KK. Persyaratan ini diperlukan agar pihak bank mengetahui berapa banyak beban anggota keluarga yang ditanggung oleh anda. Dengan demikian, pihak bank dapat memperkirakan kesanggupan anda untuk membayar cicilan. Jika tanggungan anggota keluarga anda banyak maka pihak bank akan ragu untuk mencairkan pengajuan pinjaman dana anda. Hal ini karena banyak beban yang harus anda penuhi.

4. Buku Tabungan

Syarat lain yang harus anda sertakan adalah rekening tabungan anda. Pihak bank akan melihat transaksi yang ada di buku tabungan anda selama tiga bulan terakhir. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan fiansial anda dengan jelas. Besarnya tabungan anda juga akan menunjukkan kesanggupan untuk mengganti dana yang akan dipinjamkan kepada anda. Syarat ini berlaku di bank manapun yang ada di Indonesia.

5. Slip Gaji

Hal lain untuk mengetahui kemampuan finansial anda adalah melihat slip gaji. Persyaratan inilah yang paling digunakan sebagai bahan pertimbangan pihak bank kepada anda. Jika pendapatan di peroleh dari suatu instansi pemerintah ataupun swasta diketahui nominalnya, maka akan memudahkan pihak bank untuk memberikan keputusan (diterima/ditolak). Slip gaji akan memperlihatkan secara nyata kemampuan finansial anda. Jika anda mengajukan pinjaman dalam jumlah cukup besar sedangkan gaji anda sedikit tentu saja pihak bank akan ragu memberikan pinjaman. Bahkan bukan tidak mungkin, pengajuan pinjaman anda akan ditolak.

6. Tidak Memiliki Kredit Lain

Persyaratan selanjutnya adalah pastikan bahwa anda tidak memiliki pinjaman apapun di tempat lain. Syarat ini sebagai penentu akhir peminjaman dana. Jika anda dapat membuktikan bahwa anda tidak memiliki pinjaman di tempat lain maka pihak bank akan segera mencairkan pinjaman anda. Sebaliknya, jika anda memiliki cicilan di tempat lain maka peluang bank akan mencairkan pinjaman anda sangat kecil. Pihak bank tidak akan mengambil resiko dengan memberikan pinjaman kepada anda.

Prinsip dasar dalam melakukan pinjaman uang di bank untuk modal usaha adalah kepercayaan. Kepercayaan tersebut dapat dimulai dari pengajuan berkas pinjaman yang akurat dan lengkap pada saat penyerahan ke pihak bank. Sedangkan mengetahui persyaratan tersebut akan memperlancar proses peminjaman anda. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu