05 April 2018 00:00

Punya Banyak Hutang? Gini 5 Solusi yang Wajib Anda Coba

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/604 Punya Banyak Hutang Gini 5 Solusi yang Wajib Anda Coba.jpg

Kebutuhan merupakan hal-hal yang dibutuhkan oleh setiap manusia untuk bisa bertahan hidup dan merasa nyaman di setiap harinya. Ada 2 jenis kebutuhan  manusia yaitu kebutuhan yang bisa diprediksi maupun di luar prediksi setiap orang. Kebutuhan prediksi seperti kebutuhan pokok untuk makan minum dan sekolah anak. Sedangkan kebutuhan di luar prediksi seperti kebutuhan pengobatan saat sakit atau memperbaiki atap rumah yang rusak. Hal-hal di luar prediksi tersebut yang kadang membebani seseorang karena harus mengeluarkan uang lebih untuk dapat memenuhi kebutuhannya. Karena pengeluaran jauh lebih besar dibandingkan dengan kebutuhan akan memacu seseorang untuk melakukan hutang piutang. Banyak orang yang berat untuk mendapatkan pinjaman hutang, apalagi zaman sekarang sudah banyak yang menerapkan adanya bunga. Tentu saja itu akan memberatkan si penghutang, karena kesusahan yang dialami sekarang ditambah dengan pikiran bunga ke depannya. Untuk menghindari bunga pinjaman hutang, maka perlu solusi cerdas bagi orang yang butuh uang buat bayar hutang.

Solusi Cerdas Bagi Yang Butuh Uang Buat Bayar Hutang

Ketika seseorang sudah terlilit hutang tentu saja pusing bagaimana cara mengembalikan hutang tersebut. Sebisa mungkin hindari penggunaan sistem gali lubang tutup lubang. Karena hal tersebut justru akan lebih mempersulit Anda dimasa mendatang. Gunakan cara cerdas untuk bisa menutup hutang Anda tanpa harus berhutang kembali kecuali Anda menggunakan cara cerdas dalam berhutang.

Berikut ini ada beberapa solusi cerdas yang bisa Anda praktekkan untuk mendapatkan uang agar bisa membayar hutang. Berikut ini merupakan beberapa solusi cerdas yang bisa Anda praktekkan. Harapannya yaitu mempermudah Anda dalam melunasi hutang tanpa menambah beban dan kesusahan di kemudian hari.

1. Meminjam Uang Yang Tidak Mensyaratkan Bunga

Wirausaha-Sukses

Jika memang kebutuhan Anda sangat urgent maka Anda bisa meminjam kepada orang-orang yang tidak mempersyaratkan bunga saat membayarnya. Siapa orang-orang tersebut? Tentunya Anda memiliki orang-orang terdekat seperti keluarga, kerabat atau sahabat. Kemungkinan sangat besar mereka akan meminjamkan uang tanpa mempersyaratkan bunga kepada Anda. Ketika melakukan hal ini, maka Anda juga harus konsisten terhadap kebaikan mereka. Anda perlu tepat waktu dalam membayar atau setidaknya menjelaskan secara baik jika memang belum mampu untuk membayarnya. Karena jika Anda ingkar atau menghindar untuk membayarnya, untuk selanjutnya Anda akan sangat kesulitan mendapatkan uang pinjaman kembali dari mereka.

2. Melakukan Pekerjaan Sampingan Di Luar Pekerjaan Tetap

Wirausaha-Sukses

Pekerjaan sampingan bisa dijadikan salah satu solusi pada saat Anda butuh uang buat bayar hutang. Dalam memilih pekerjaan sampingan tentu saja juga harus disesuaikan dengan pekerjaan tetap Anda. Keahlian dan waktu merupakan dua hal yang bisa Anda sesuaikan saat akan memilih pekerjaan sampingan. Keahlian akan membantu Anda menghasilkan karya yang akan dihargai orang lain. Sedangkan waktu akan berkaitan dengan kesempatan Anda untuk dapat melakukan pekerjaan tersebut tanpa harus mengganggu pekerjaan tetap. Solusi tersebut bisa menambah penghasilan Anda sehingga lebih mudah dan cepat untuk segera menutup hutang.

3. Melakukan Bisnis Tanpa Modal

Wirausaha-Sukses

Zaman sekarang banyak sekali pekerjaan yang menawarkan jasa sehingga tidak perlu modal. Baik jasa offline maupun online, pekerjaan ini tidak perlu mengeluarkan uang untuk memulainya. Ketika memilih jasa offline maka Anda memerlukan waktu untuk bisa melakukannya. Jika online Anda bisa melakukannya secara flexible sesuai waktu luang yang Anda miliki. Dari keduanya tentu ada kelemahan dan kelebihannya, tapi keduanya bisa diatasi dengan trik masing-masing individu. So, harus pandai-pandai mencari solusi agar usaha jasa Anda lancar.

4. Menyewakan Aset Yang Dimiliki

Wirausaha-Sukses

Solusi nomor empat ini lebih mudah dilakukan jika Anda memiliki aset untuk disewakan. Seperti kamar, tanah atau bangunan, dan barang-barang lain yang bisa disewakan. Dalam mempraktekannya Anda tidak memerlukan keahlian khusus dan tidak memerlukan waktu lebih untuk mendapatkan uang. Tapi, Anda tetap harus memantau secara berkala terhadap hal-hal yang disewakan. Jangan sampai Anda rugi setelah menyewakannya karena ada kerusakan atau penyalahgunaan.

5. Menjual Barang-Barang Yang Tidak Terlalu Dibutuhkan

Wirausaha-Sukses

Menjual barang-barang merupakan solusi terakhir jika memang Anda benar-benar tidak bisa melakukan empat solusi di atas. Karena solusi ini lebih baik dari pada Anda meminjam kepada renternir yang pada akhirnya akan menyusahkan Anda di kemudian hari. Sesuaikan barang yang dijual dengan jumlah hutang yang harus dibayar. Jangan semena-mena menjual barang secara berlebih dan menggunakan sisanya untuk berfoya-foya. Karena pada akhirnya, hal tersebut akan mempersulit Anda lagi saat Anda tiba-tiba membutuhkan uang . Sedangkan ternyata simpanan barang Anda sudah habis karena terlalu sering dijual dan digunakan untuk foya-foya.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu