avatardisplay_general
DISITU
26 Aug 2018

Solusi Gadai Sertifikat Rumah Bukan Atas Nama Sendiri

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180826/Risiko Dan Solusi Yang Harus Anda Lakukan Saat Gadai Sertifikat Rumah Bukan Atas Nama Sendiri.jpg

Anda memiliki sertifikat rumah, tapi nama Anda tidak tercantum di dalamnya? Hal tersebut tentu sangat menyulitkan. Bukan hanya demikian, hal tersebut berisiko. Ada banyak ancaman yang perlu ditanggung. Termasuk kesulitan saat mengajukan gadai. Mitra gadai Anda, entah bank ataupun pegadaian, pasti akan berpikir ulang. Saat melihat Anda datang lalu mengajukan gadai sertifikat rumah bukan atas nama sendiri. Kami tidak mau berbohong. Kondisi ini memang akan menyusahkan Anda. Tapi percayalah. Setiap masalah pasti ada solusinya. Supaya bisa memperkirakan solusi dengan tepat, berikut kami beri pandangan mengenai risiko yang mungkin Anda hadapi. Di akhir, sebisa mungkin kami mengajukan solusi. Supaya Anda tidak terlalu pusing memikirkannya. Yuk, simak!

Risiko Gadai Sertifikat Rumah Bukan Atas Nama Sendiri

Kondisi ini bisa terjadi karena banyak hal. Anda bisa saja memperoleh warisan rumah dari keluarga, namun ternyata sertifikatnya masih atas nama orang tua. Supaya lebih mudah antisipasi, berikut ini kami beri risiko-risiko yang akan Anda dihadapi saat gadai sebuah sertifikat rumah bukan atas nama sendiri.

1. Kepercayaan Mitra Gadai Jatuh

Saat Anda gadai sebuah sertifikat rumah bukan atas nama sendiri, kepercayaan mitra gadai akan menurun drastis. Mitra gadai mungkin akan berpikir yang tidak-tidak. Jangan-jangan, Anda memperoleh sertifikat rumah tersebut secara ilegal? Hal ini akan menurunkan selera mitra gadai untuk memulai transaksi dengan Anda. Untuk mengantisipasinya, lengkapi dokumen-dokumen milik rumah Anda. Seperti STP pajak, Surat Ijin Mendirikan Bangunan, dan dokumen-dokumen lain yang bisa memperkuat kepercayaan mitra gadai.

2. Dana Pinjaman yang Diperoleh Rendah

Jika pun diterima gadai, Anda mungkin akan memperoleh dana rendah. Di pasaran, sertifikat rumah bukan atas nama sendiri akan dipertanyakan. Sehingga otomatis, nilai jual pun akan turun. Mitra gadai tidak mungkin mau menanggung risiko terlalu banyak jika ternyata sertifikat Anda tidak laku lelang. Masalah seperti ini akan sulit diantisipasi. Tapi Anda tidak perlu terlalu mempermasalahkan ini jika Anda benar-benar membutuhkan uang cepat.

3. Bunga Yang Dikenakan Tinggi

Gadai sebuah sertifikat rumah bukan atas nama sendiri adalah transaksi berisiko tinggi. Ada banyak risiko yang harus ditanggung. Risiko terbesarnya adalah jika suatu hari perjanjian batal karena ada pihak yang mengakui sertifikat Anda. Sebagai ganti telah menanggung risiko tersebut, mitra gadai akan menimpakan biaya asuransi pada Anda. Sehingga bunga yang harus Anda bayar jadi lebih tinggi.

4. Transaksi Potensial Cacat Hukum

Dengan tidak adanya jaminan nama dari Anda sendiri, Anda sebagai pihak pertama transaksi telah rawan legalitas. Bisa saja di tengah transaksi, ada orang yang mengakui hak milik sertifikat rumah Anda. Saat ini terjadi, Anda tidak dapat berbuat apa-apa karena posisi Anda juga lemah secara hukum.

5. Ditolak Gadai

Melihat rentannya transaksi gadai sertifikat rumah bukan atas nama sendiri, mitra gadai kemungkinan besar tidak akan mau terlibat. Banyaknya risiko yang harus ditanggung membuat mereka lebih memilih menolak pengajuan gadai Anda. Jika ini terjadi, Anda tidak punya banyak kesempatan lagi. Selain mencoba memilih tempat lain yang mau menerima gadai sertifikat Anda.

 Solusi Untuk Gadai Sebuah Sertifikat Rumah Bukan Atas Nama Sendiri

Pemecahan masalah berikut mungkin tidak akan menyelesaikan semua risiko. Tapi setidaknya, akan mampu meminimalisasi dampak kerugian yang berpotensi Anda hadapi. Berikut solusi yang bisa Anda lakukan.

  • Segera melakukan balik nama sertifikat rumah Anda. Semakin cepat Anda mengesahkan kepemilikan, akan semakin baik

  • Minta surat keterangan milik dari daerah atas sertifikat rumah Anda. Hal ini bisa membantu Anda meyakinkan mitra gadai bahwa pemerintah mengakui kepemilikan Anda

  • Mengajukan gadai di mitra yang lebih fleksibel seperti situs online. Ada banyak kok, situs online yang syarat gadainya tidak terlalu rumit. Anda bisa menjadikan situs online pilihan alternatif

cari-kredit-DISITU-pilihanmu