avatardisplay_general
DISITU
07 Nov 2018

Selain Jago Memotret, 5 Skill ini Wajib Dimiliki Fotografer

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201811/181107/Banner/Selain%20jago%20Motret%205%20skill%20ini%20Harus%20Dimiliki%20Fotografer.jpg

Saat ini banyak orang mulai tertarik menjadi seorang fotografer karena berpikir profesi tersebut memiliki tugas yang mudah yaitu hanya memotret orang atau benda. Kehadiran berbagai fotografer profesional seperti Rio Motret dan Diera Bachir pun, semakin memotivasi banyak orang untuk menjadi fotografer karena mereka dapat pergi ke berbagai negara dengan profesinya.

Padahal, menjadi seorang fotografer bukan sebuah hal yang mudah lho. Nyatanya, tidak hanya skill memotret saja yang diperlukan, Anda juga perlu menguasai 5 hal berikut ini:

 

  1. Mampu mengambil angle dan momen yang tepat

pekerjaan

Sering kali Anda mendengar kasus tentang pasangan yang merasa kecewa dan tertipu dengan fotografer pernikahan mereka. Rasa kecewa biasanya datang karena hasil foto yang diberikan memiliki angle yang buruk serta fotografer tidak menangkap momen penting seperti sungkeman atau momen haru lainnya. Karena itulah, mampu mengambil gambar yang bagus saja tidak cukup. Sebagai seorang fotografer, Anda harus mampu mengambil foto dengan angle dan momen yang tepat. Anda dituntut mampu melihat momen menarik untuk diambil, di mana biasanya orang lain tidak dapat melihat momen tersebut. Skill ini dapat terus diasah dengan meningkatkan kepekaan Anda serta sering berlatih memotret.

 

  1. Editing

pekerjaan

Foto yang Anda ambil melalui kamera tidak selalu sempurna. Karena berbagai faktor seperti cuaca, foto yang dihasilkan kadang terlalu terang atau gelap. Untuk itulah Anda membutuhkan setidaknya skill editing dasar guna memperbaiki hasil foto yang diambil. Anda mungkin bisa menyewa orang lain untuk mengedit foto, namun tentu akan lebih baik jika Anda sendiri mampu memperbaiki foto tersebut, bukan?

 

  1. Lighting

pekerjaan

Untuk foto di siang hari, banyak orang berpikir selama masih ada cahaya matahari, maka hasil foto akan baik-baik saja. Pemikiran tersebut salah besar. Seorang fotografer yang baik harus dapat mengetahui konsep pencahayaan yang tepat agar gambar memiliki dimensi serta hasilnya tidak over exposure (terlalu terang) dan terlalu gelap. Perlu diingat, angle datangnya cahaya dapat mempengaruhi bagaimana sebuah objek akan terlihat di dalam foto. Oleh karena itu, memahami konsep lighting merupakan skill lain yang wajib Anda miliki jika ingin menjadi seorang fotografer.

 

  1. Konsep

pekerjaan

Setelah mampu menangkap momen yang tepat, sebagai seorang fotografer Anda juga harus memiliki konsep dalam setiap pemotretan. Hal ini penting agar foto yang dihasilkan memiliki arti dan tidak terkesan asal diambil saja. Terlebih jika Anda bertugas untuk memotret foto pre-wedding, maka konsep sangat dibutuhkan agar hasil foto memiliki memori dan klien Anda juga merasa puas. Selain konsep, Anda juga sebaiknya memiliki ciri khas dalam setiap pemotretan yang dilakukan. Misalnya Anda adalah seorang fotografer spesialis maternity atau setiap foto yang dihasilkan identik dengan warna yang bold/pekat.

 

  1. Komunikasi

pekerjaan

Ketika sedang bertugas memotret, Anda tentu tidak akan bekerja sendirian. Setidaknya, dalam pemotretan Anda akan bekerja sama dengan orang lain atau klien. Karena itulah, selain memiliki skill foto yang bagus, Anda dituntut untuk mampu berkomunikasi dengan baik pada klien. Kemampuan komunikasi yang baik akan membantu Anda untuk menjelaskan konsep serta berdiskusi dengan klien tentang foto seperti apa yang mereka inginkan. Tidak hanya itu, kemampuan ini juga dapat membantu Anda menyampaikan pesan melalui setiap foto yang dihasilkan, sehingga hasil pemotretan akan memiliki ceritanya sendiri