avatardisplay_general
DISITU
25 Sep 2018

Selain Musik, Tingkatkan Produktivitas dengan Bunga

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180925/Selain%20Musik,%20Tingkatkan%20Produktivitas%20Karyawan%20dengan%20Bunga.jpg

Banyaknya tugas yang menumpuk di kantor seringkali membuat kelelahan yang akhirnya menimbulkan rasa jenuh. Rasa jenuh tersebut jika dibiarkan, bisa saja tanpa disadari akan mempengaruhi produktivitas kerja Anda. Bukan masalah kecil, tentunya hal tersebut tidak boleh terjadi karena dapat membuat kinerja menjadi turun.

Produktivitas

Untuk mengatasinya, sebagian orang mungkin akan memilih beristirahat sejenak atau mendengarkan lagu favorit mereka. Hal tersebut tidak salah sebab istirahat memang dapat membuat tubuh lebih segar, sementara musik instrumental dapat membantu Anda lebih fokus.  Tapi selain dua hal tadi, siapa sangka melihat bunga ternyata juga dapat membantu Anda meningkatkan produktivitas yang menurun.

Berdasarkan studi penelitian yang dilakukan oleh Texas A&M University ditemukan bahwa bunga dapat mempengaruhi tingkat produktivitas pria dan wanita. Tidak hanya bunga, tanaman segar lain pun juga memiliki efek yang sama terhadap peningkatan produktivitas.

Studi tersebut menyebutkan bahwa bunga dan tanaman yang berada dalam lingkungan kantor terbukti mampu membuat karyawan berpikir lebih inovatif serta memicu lebih banyak ide serta solusi untuk memecahkan masalah.

Namun tidak berhenti sampai di situ, bunga serta tanaman segar rupanya juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan mental. Sebuah studi lain di tahun 2008 menyebutkan bahwa pasien yang memiliki bunga di atas mejanya terbukti mampu merasa tenang dan kecemasan mereka berkurang setelah melihat indahnya bunga.

Tidak hanya itu, melihat warna-warni bunga yang indah saat mengawali hari mampu membuat seseorang memiliki mood lebih baik. Hal ini tentu penting karena mood yang baik akan membuat pikiran lebih positif dan hal tersebut akan berdampak pada meningkatnya semangat untuk menjalani berbagai aktivitas seharian.

Karena fakta itulah tidak mengherankan saat ini banyak tempat bekerja yang mulai meletakan bunga serta tanaman segar pada beberapa sudut ruangan. Selain untuk mempercantik dekorasi ruangan, bunga dan tanaman juga akan meningkatkan  produktivitas karyawan.

Jadi, jika saat ini Anda mulai merasa produktivitas bekerja di kantor mulai menurun, tidak ada salahnya membeli beberapa bunga potong segar atau tanaman hias untuk diletakan di meja kerja. Selamat mencoba!