avatardisplay_general
DISITU
19 Dec 2018

Siapa Saja Bisa Memiliki Kartu E-Money, Anda Sudah?

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201812/181219/Banner/Siapa Saja Bisa Memiliki Kartu E Money Anda Sudah.jpg

Bayar tanpa uang tunai? Hal ini sudah tidak asing lagi ketika Anda hendak bertransaksi di berbagai pusat perbelanjaan, mini market, jalan tol, bahkan rumah makan. Ya, kini sistem perbankan telah hadir dengan sebuah inovasi produk uang elektronik atau disebut dengan e-money untuk memudahkan transaksi jual beli.

Apa Sih e-Money Itu?

kartu

E-money merupakan singkatan dari electronic money atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan uang elektronik. Jadi, E-money ini adalah uang dalam bentuk digital dimana saldo uang yang tersimpan di kartu tersebut bisa dipindahkan ke komputer atau sistem informasi penjualan. Dengan begitu, Anda bisa membayar barang atau jasa tanpa perlu mengeluarkan uang tunai sama sekali.

Ada 2 jenis bentuk e-money, yaitu kartu dan token. Kartu e-money biasanya diterbitkan oleh institusi perbankan tertentu dengan sistem prabayar atau top up, contohnya Mandiri E-Money, BNI Tap Cash, Flazz BCA, dan BRIZZI. Tetapi, ada juga kartu e-money perdana yang bisa dibeli tanpa harus memiliki rekening perbankan tersebut. Biasanya, kartu e-money perdana ini bisa diisi dengan batas maksimum saldo satu juta rupiah.

Sementara itu, e-money berbentuk token biasanya memiliki bentuk seperti replika koin atau gambar dan tulisan yang ditempelkan pada smartphone. E-money token yang ditempelkan di smartphone telah terhubung lewat aplikasi online, sehingga pengguna bisa dengan mudah mendapatkan informasi terkait update saldo dan promosi. E-money ini juga bisa disebut dengan e-wallet contohnya T-cash Tap dari Telkomsel dan e-Cash dari Bank Mandiri.

Keuntungan Apa yang Bisa Didapat dengan e-Money?

Setelah tahu apa itu e-money, mari kita cari tahu keuntungan apa yang bisa Anda dapatkan.

  1. Irit ruang di dompet

Ketika Anda ingin berbelanja hingga jutaan rupiah, bayangkan berapa jumlah uang yang harus Anda simpan di dompet? Lipatan uang kertas yang terlalu banyak akan membuat dompet sulit dilipat. Belum lagi ketika harus menyimpan banyak uang receh yang memakan tempat di dompet Anda. Berbeda ketika Anda menggunakan kartu e-money. Anda hanya perlu membawa uang secukupnya dan menyediakan ruang untuk satu kartu yang tipis di dompet Anda.

  1. Lebih aman

kartu

Apabila Anda membawa banyak uang di dompet, maka resiko kehilangan lebih besar. Sementara itu, kartu e-money memungkinkan Anda merasa lebih tenang dari resiko kehilangan uang tunai. Jika kartu e-money yang hilang, maka uang Anda tidak akan hilang. Anda cukup mengganti kartu tersebut di institusi perbankan yang mengeluarkannya.

 

Baca juga5 Tips Membeli Motor Bekas Untuk Dapatkan Harga Murah

 

  1. Lebih hemat

kartu

Semakin sedikit jumlah uang tunai yang Anda bawa, maka semakin minim juga kemungkinan Anda membelanjakannya. Jadi, e-money cocok bagi Anda yang ingin lebih hemat dan selektif ketika hendak melakukan transaksi.

  1. Perjalanan lebih praktis

kartu

Kemudahan yang paling sering dirasakan oleh para pengguna e-money adalah ketika melakukan perjalanan. Bagi Anda yang sering melewati jalan tol, cukup dengan tap kartu e-money, Anda bisa melakukan pembayaran tol dengan lebih cepat dan bebas dari antrian di gardu tol. Selain itu, banyak transportasi publik seperti bus, commuter line, bahkan taksi, sudah menggunakan e-money sebagai alat pembayaran.

  1. Kemudahan isi ulang

kartu

Jika kehabisan uang tunai, Anda harus pergi mencari ATM terdekat. Tetapi, ketika Anda kehabisan saldo e-money, Anda bisa melakukan isi ulang atau top up dengan mudah lewat aplikasi online di smartphone Anda. Atau, Anda bisa datang ke merchant yang sudah bekerja sama seperti Indomaret atau Alfamart.

Kini, segala jenis transaksi jual-beli semakin lebih fleksibel, praktis, dan mudah dengan hadirnya e-money. Nah, sudahkah Anda memiliki e-money? Jangan sampai Anda melewatkan segala kemudahan di atas.