avatardisplay_general
DISITU
22 Sep 2018

Sikap Penting Untuk Sukses dalam Dunia Kerja

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180922/Sikap Penting yang Diperlukan Mahasiswa Sukses dalam Dunia Kerja.jpg

Saat duduk di bangku universitas kebanyakan mahasiswa hanya terpaku pada nilai atau IPK yang tinggi. Untuk mendapatkan hal tersebut tidak sedikit mahasiswa yang rela belajar hingga larut malam atau mengambil kelas pelajaran tambahan. Bukan tanpa alasan, nilai IPK tinggi dipercaya mampu mengantarkan seseorang untuk mendapatkan pekerjaan yang baik setelah lulus nanti.

Padahal menempuh pendidikan tinggi tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan nilai tinggi saja. Lebih dari itu para mahasiswa juga harus memperhatikan faktor lain seperti softskills dan juga sikap yang baik agar menjadi mahasiswa sukses di dunia kerja. Hal ini jelas penting karena tanpa sikap atau attitude yang baik, seseorang akan sulit untuk bertahan di dunia kerja yang penuh dengan bermacam tuntutan.

Sebagai tips mahasiswa sukses, ada beberapa sikap yang perlu dikembangkan bagi Anda para mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja nantinya. Simak ulasannya berikut ini:

  1. Aktif dan Inisiatif

Dunia Kerja

Memiliki nilai IPK yang tinggi tentu membanggakan. Tidak hanya orangtua, diri sendiri pun akan merasa bangga dengan hasil yang didapatkan. Namun hal tersebut terasa kurang jika Anda tidak memiliki sikap aktif dan inisiatif terutama dalam berorganisasi.

Sikap aktif dan inisiatif akan sangat dibutuhkan di dunia kerja. Mereka dengan sikap ini dinilai memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan selalu memiliki ide baru untuk terus maju ke depan. Tidak perlu berlebihan, Anda bisa memulainya dengan aktif berkontribusi di kelas atau memiliki inisiatif membantu saat sedang melakukan tugas kelompok.

  1. Tidak Menunda Pekerjaan

Dunia Kerja

Mahasiswa memang dikenal memiliki sifat deadliners atau menunda pekerjaan mendekati batas waktu pengumpulan. Jika Anda termasuk orang dengan sifat ini, sebaiknya perbaiki mulai sekarang. Pekerjaan memang bisa saja dikerjakan mendadak mendekati deadline, namun biasanya tidak akan maksimal.

Tidak hanya itu terlalu sering menunda pekerjaan tanpa disadari akan membuat Anda semakin menumpuk pekerjaan yang akhirnya terasa menggunung dan tak kunjung selesai.

  1. Disiplin

Dunia Kerja

Sikap yang satu ini rasanya menjadi sikap wajib tidak hanya di dunia kerja namun harus ditanamkan sejak kecil. Disiplin dalam hal waktu misalnya, jika tidak diterapkan bukan tidak mungkin seseorang akan menjadi pribadi yang tidak menghargai waktu dan akhirnya memiliki kebiasaan terlambat.

Saat berada di dunia kerja sikap sering terlambat menjadi hal yang tidak bisa diterima. Tidak disiplin dalam waktu dapat membuat Anda kehilangan kesempatan atau bahkan proyek besar dalam pekerjaan.

  1. Terima Kritik

Dunia Kerja

Tips mahasiswa sukses di dunia kerja lainnya adalah mampu menerima kritik dan saran dari orang lain. Dalam melakukan pekerjaan tentu saja Anda bisa sesekali membuat kesalahan dan mendapat teguran. Saat menghadapi hal ini jangan langsung merasa sedih atau marah. Cobalah berlapang dada dan menerima kritik tersebut sebagai sebuah nasihat agar lebih baik di masa mendatang.

  1. Rendah Hati

Dunia Kerja

Memiliki kemampuan hebat dan otak yang cemerlang tentu terdengar sangat sempurna. Namun jika tidak diimbangi dengan sikap rendah hati, semua itu akan terasa sia-sia saja.

Memiliki sikap rendah hati akan membuat seseorang memiliki pribadi yang mau terus belajar dan tidak gampang meremehkan orang lain. Sikap seperti ini tentu akan sangat disukai tidak hanya oleh atasan tetapi kolega Anda di kantor nanti. Tapi ingat, cukup memiliki sikap rendah hati saja ya, jangan sampai Anda memiliki sikap rendah diri.