avatardisplay_general
DISITU
20 Jul 2018

Cara Kredit Motor Bekas Dan Tips Lakukan Kredit Motor

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180720/Simulasi Kredit Motor Bekas Dan Tips Melakukan Kredit Motor.jpg

Era globalisasi telah memasuki sendi-sendi kehidupan manusia. Berbagai kemudahan serta fasilitas telah banyak ditawarkan, salah satunya yaitu pada sistem jual beli. Bayangkan saja, di zaman serba canggih seperti saat ini Anda dapat membeli suatu barang seperti sebuah motor bekas walaupun dana yang dimiliki terbatas. Bagaimana caranya? Caranya gampang, Anda hanya perlu membayarnya secara berangsur-angsur atau biasanya disebut dengan sistem kredit. Kalau ingin membeli motor bekas, caranya gimana? Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana simulasi kredit motor bekas dan tips untuk melakukan kredit motor bekas.

Simulasi Kredit Motor Bekas

Sebagai contoh untuk simulasi kali ini, akan dibandingkan besarnya angsuran perbulan dengan masa angsuran 5 bulan dan 10 bulan. Semisal harga motor bekas yang ingin dibeli seharga Rp. 6.000.000,- dengan besaran  uang muka, semisal Rp. 2.000.000,-. Maka besarnya bayaran pokok setelah dikurangi dengan uang muka sebesar Rp. 4.000.000,- Apabila besarnya bunga yang dibebankan tiap bulan sebesar 1,2%. Maka apabila disimulasikan sebagai berikut :

Masa angsuran 5 bulan :

Besarnya bunga = (bayaran pokok x persentase bunga perbulan) x masa angsuran = (Rp. 4.000.000,- x 1,2%) x 5 = Rp. 240.000,-

Bayaran total = pembayaran pokok + bunga hutang = Rp. 4.000.000,- + Rp. 240.000,- = Rp. 4.240.000,-

Besar bayaran perbulan = pembayaran total / masa angsuran = Rp. 4.240.000,- / 5 bulan = Rp. 848.000,-/bulan.

Masa angsuran 10 bulan

Besarnya bunga = (bayaran pokok x persentase bunga perbulan) x masa angsuran = (Rp. 4.000.000,- x 1,2%) x 10 = Rp. 480.000,-

Bayaran total = pembayaran pokok + bunga hutang = Rp. 4.000.000,- + Rp. 480.000,- = Rp. 4.480.000,-

Besar bayaran perbulan = pembayaran total / masa angsuran = Rp. 4.240.000,- / 10 bulan = Rp. 448.000,-/bulan.

Dari simulasi kredit motor bekas di atas dapat disimpulkan bahwa semakin lama masa angsuran yang digunakan maka semakin besar bunga yang harus dibayarkan, namun semakin lama masa angsuran maka nominal yang harus kita bayarkan semakin mudah. Setelah mengetahui simulasi kredit sebuah motor bekas ada beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika ingin melakukan kredit motor bekas.

Tips Melakukan Kredit Motor Bekas

Melakukan kredit motor bekas banyak dilakukan masyarakat di zaman saat ini. Jika Anda ingin juga melakukan kredit motor bekas alangkah baiknya mengetahui tips sebelum menjalankan niat Anda. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika ingin melakukan kredit motor bekas :

  • Teliti Sebelum Membeli. Dalam membeli motor bekas sangat berbeda dengan membeli motor dengan kondisi yang baru. Banyak hal yang harus diperhatikan. Seperti sudah berapa kali pernah di service atau spare part apa saja yang sudah diganti. Jadi tanyakan dengan jelas kondisi motor sebelum membeli.

  • Harga Sesuai Kemampuan. Tips selanjutnya yaitu sesuaikanlah harga motor bekas yang ingin dibeli dengan kemampuan Anda mulai dari harga motor yang ingin dibeli dan besarnya uang muka yang akan dibayarkan. Sehingga tidak akan memberatkan Anda ketika melakukan pembayaran.

  • Selektif Memilih Tempat Kredit. Telah banyak perusahaan yang memberikan penawaran kredit. Dari sekian banyaknya perusahaan tersebut pilihlah perusahaan yang memiliki reputasi yang jelas dan memiliki suku bunga yang jelas agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

  • Angsuran Tercepat. Semakin singkat masa angsuran yang Anda pilih maka akan menekan besarnya bunga yang harus dibayar. Jadi pilihlah angsuran tercepat yang bisa Anda lakukan.

  • Lakukan Simulasi. Setelah mengetahui besarnya harga motor dan bunga yang dibebankan, maka lakukanlah simulasi perhitungan seperti simulasi kredit motor yang telah dicontohkan di dalam artikel agar memudahkan Anda dalam memperkirakan biaya yang akan dikeluarkan tiap bulannya.

Jangan lupa siapkan segala berkas yang diperlukan ketika ingin melakukan kredit motor seperti fotocopy KTP suami istri (bagi yang sudah menikah), fotocopy KK, fotocopy rekening listrik serta PDAM, serta slip gaji. Ingin mudah dalam kredit motor buka saja disitu.com, disitu.com melayani berbagai kredit dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu