avatardisplay_general
DISITU
20 Aug 2018

Stadion Berkelas Internasional: Stadion Gelora Bung Karno

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180816/Img%20Banner/GBK banner.jpg

Stadion Gelora Bung Karno merupakan stadion berkelas Internasional kebanggaan masyarakat Indonesia. Stadion ini biasanya digunakan sebagai tempat digelarnya pertandingan sepak bola tingkat internasional. Nama stadion ini diambil dari Presiden Republik Indonesia yang pertama, Soekarno, untuk menghormati beliau yang merupakan tokoh yang mencetuskan gagasan pembangunan kompleks olahraga ini. 

Venue ini dibangun untuk pelaksanaan Asian Games tahun 1962 dan telah selesai direnovasi untuk persiapan Asian Games tahun 2018. Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) ini akan menjadi tempat dari pembukaan dan penutupan Asian Games 2018. Upacara pembukaan Asian Games ini akan dilangsungkan pada 18 Agustus 2018, dan ditutup pada tanggal 2 September 2018.

Berdasarkan data dari pengelola SU GBK, stadion berkapasitas 76.000 penonton ini mendapat sertifikat sebagai stadion bintang lima dari UEFA. Hal ini tentunya dikarenakan fasilitas-fasilitas yang disediakan sudah tidak dipertanyakan lagi.

Kursi Lipat Flip Up

Tidak menggunakan kursi panjang yang biasanya terdapat di stadion lain, stadion GBK telah memasang kursi single flip up, yaitu kursi lipat yang diperuntukkan bagi setiap penonton yang dapat menahan beban hingga 250 kilogram.  Kursi-kursi ini juga ditata secara detail dengan warna merah, putih dan abu-abu yang menggambarkan ilusi bendera Merah Putih yang sedang berkibar. GBK juga menyediakan 200 kursi khusus yang diperuntukkan bagi kaum difabel.

Pencahayaan Paling Terang Di Dunia

Stadion utama GBK menjadi salah satu stadion paling di dunia dengan pencahayaan 3.500 lux yang tiga kali lipat lebih terang dari pencahayaan sebelumnya. Pencahayaan ini dipasang untuk mendukung kualitas HD (high definition) pada saat siaran langsung pertandingan. Pencahayaan ini juga dilengkapi dengan sistem LED lighthing system, sehingga memungkinkan konsumsi listrik yang lebih hemat hingga 50 persen dari lampu konvensional.

Sound System Berkelas

Sistem tata suara atau sound system dari GBK ini juga telah diperbaharui dengan sistem yang berkekuatan hingga 80.000watt PMPO. Hal ini memungkinkan suara yang disiarkan menjadi lebih baik, jelas dan lebih nyata.  

1293 Panel Surya

SUGBK memiliki sejumlah panel surya yang terletak pada atap stadion. Panel surya ini dapat menghasilkan energi listrik sebesar kurang lebih 450 kilowatt. Namun energi yang dihasilkan panel surya ini hanya dapat digunakan langsung pada siang hari karena belum memiliki baterai penyimpanan yang dibutuhkan untuk menyimpan energi yang dihasilkan.

Kondisi Rumput yang Terpelihara

Sebagai green stadium, SUGBK ditanami dengan rumput Zaysia Matrella (Linn) Merr atau yang juga dikenal dengan nama Manila. Rumput ini merupakan jenis kelas 1 standard FIFA. Lapangan GBK dilengkapi dengan sistem drainase dan rain gun yang berfungsi untuk menjaga rumput tetap dalam kondisi baik. Grass Cover (penutup rumput) juga digunakan SUGBK untuk mengamankan rumput ketika stadion mengadakan acara lain seperti konser musik, dan acara lainnya.


Kamera CCTV dengan Face Detection

Stadion ini dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih bertaraf internasional, yaitu kamera CCTV 7K yang memiliki kemampuan pengenalan wajah atau face recognition. Kamera ini dapat menganalisa tingkah laku seseorang bila diduga hendak berbuat jahat, serta dapat mencocokkan wajah pelaku tindak kejahatan teroris dengan daftar yang ada di Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

Fasilitas Tamu VVIP

Terdapat kaca anti peluru yang mampu menahan tembakan peluru sniper AW 10 dengan kaliber 7,62 yang terpasang pada area VVIP, yang biasa menjadi tempat bagi presiden maupun tamu negara yang hadir untuk menyaksikan pertandingan.

Akses Internet dan Sistem Keamanan

Stadion ini menyediakan akses jaringan internet di seluruh area GBK. Untuk masalah keamanan, stadion ini memiliki system keamanan berstandar FIFA. Pintu masuk putar dari stadion ini hanya dapat diakses dengan kartu akses khusus. Sistem keamanan disetiap sudut stadion ini telah tersinkronisasi dengan ruang kontrol. Selain itu, GBK juga memiliki automatic exit gate yang dapat digunakan dalam kondisi darurat, dimana stadion ini dapat dikosongkan dalam jangka waktu 15 menit saja.