avatardisplay_general
DISITU
29 Aug 2018

Stadion Pakansari Venue Sepak Bola Asian Games 2018

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201808/Stadion%20Pakansari.jpg

Stadion Pakansari adalah sebuah stadion multi-fungsi bertaraf internasional. Stadion yang terletak di Pakansari, Cibinong, Bogor ini selesai dibangun pada tahun 2014. Selain digunakan sebagai lapangan utama untuk pertandingan sepak bola dari PS TNI dan Persikabo Kabupaten Bogor, stadion ini juga digunakan untuk beberapa kompetisi atletik, drumben, hingga sepak bola Pekan Olahraga Nasional XIX.

Sebelumnya, Turnamen Anniversary Cup telah digelar dari tanggal 27 April sampai 3 Mei 2018 diikuti negara-negara level tinggi seperti Uzbekistan, Korea Utara, dan Bahrai. Meskipun demikian, stadion ini dinilai belum cukup baik kala itu.

Beberapa rekan awak media berpendapat bahwa jarak dari media center ke tribun media cukup jauh.  Dalam menyambut ajang olahraga kelas internasional terbesar di Asia, yaitu Asian Games, venue ini telah dipersiapkan dengan baik oleh pihak yang bertanggung jawab.

Stadion Pakansari Sebagai Salah Satu Venue Asian Games 2018

Untuk menggantikan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) yang tidak menjadi venue pertandingan sepak bola, Stadion Pakasari dipilih menjadi salah satu dari 4 stadion yang digunakan dalam penyelenggaraan Asian Games 2018. Tiga stadion lainnya adalah Stadion Patriot Chandrabhaga, Stadion Wibawa Mukti, dan Sadion Si Jalak Harupat.

Rudy Achdiyat selaku Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor, Jawa Barat telah memastikan bahwa Stadion Pakansari siap digunakan untuk pergelaran Asian Games.

Rumput lapangan hingga fasilitas pendukung lainnya seperti tempat berendam bagi para atlet telah dipersiapkan dengan baik. Menurut Kabid Sarpras Dispora Kabupaten Bogor, beberapa fasilitas baru juga ditambahkan di Stadion Pakan sari dalam menyambut ajang Asian Games 2018. Fasilitas tersebut diantaranya adalah papan sponsor elektronik atau e-board, alat pendeteksi tiket atau access control, dan simbol petunjuk fasilitas seperti simbol toilet dan mushola.

Selain itu, tempat ini juga telah dijaga kebersihan dan ketertibannya dalam menyambut pesta olahraga terbesar se-Asia itu. Para pedagang kaki lima (PKL) yang sebelumnya banyak dijumpai disekitar lapangan telah ditertibkan oleh pihak yang berwajib.

PLN Area Bogor juga telah menjamin agar pasokan listrik selama pertadingan berlangsung pada ajang Asian Games 2018 dapat terpenuhi dengan baik. Sehingga pemadaman lampu di stadion ini seperti yang pernah terjadi ketika tengah menggelar pertandingan internasional karena tidak kuatnya listrik menahan daya lampu tidak akan terjadi.