avatardisplay_general
DISITU
28 Aug 2018

Stadion Wibawa Mukti, Stadion Dengan Rumput Kelas 1 Standar FIFA

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201808/Stadion Wibawa Mukti.jpg

Stadion Wibawa Mukti merupakan salah satu stadion sepak bola terbaik Indonesia yang berlokasi di Desa Sertajaya, Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi. Stadion ini diperkirakan dapat menampung kurang lebih 30.000 orang dengan bangku single seat yang dinilai cukup nyaman bagi para penonton pertandingan.

Stadion ini juga memiliki akses transportasi yang dinilai cukup baik, salah satunya karena berada di dekat gerbang tol Cibatu KM 34.7 Jakarta-Cikampek sehingga mudah dijangkau bagi para pendukung sepak bola nasional yang berlokasi disekitar Jakarta. 

Dibangunnya stadion ini, yaitu sebagai tempat ajang pertandingan nasional maupun tingkat internasional diharapkan dapat menjadi upaya percepatan pembangunan di Kabupaten Bekasi, juga sebagai penghubung kabupaten ini dengan dunia luar.

Stadion WIbawa Mukti ini dibangun dengan tujuan menjadi tuan rumah Pekan Olah Raga Daerah (Porda) Jawa Barat XII dan Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) IV pada tahun 2014 yang resmi dibuka oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan berlangsung cukup meriah dan lancar. Selain itu, ajang Porda ini menjadi momentum strategis bagi kesuksesan olah raga di Jawa Barat dalam menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX tahun 2016 yang juga dilaksanakan di tempat ini.

Didandani Dengan Rumput Kelas Satu Standar FIFA

Pada tahun 2018 ini, Stadion Wibawa Mukti juga ditunjuk menjadi salah satu venue sepakbola pesta olahraga terbesar se-Asia, yaitu Asian Games 2018. Dalam menyambut acara ini, stadion yang sebelumnya menggunakan rumput Bermuda, kini telah didandani dengan rumput kelas satu sesuai dengan standar FIFA.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi, Denny Rusnandi mengungkapkan bahwa jenis rumput yang ditanam di stadion Wibawa Mukti ini merupakan jenis rumput yang juga dipakai pada Stadion Gelora Bung Karno (GBK) dan beberapa stadion kelas dunia lainnya.

Denny juga mengungkapkan rasa bangganya karena stadion ini dinilai, oleh ketua technical delegate yang turut meninjau lokasi, sebagai venue yang paling siap dalam penggelaran pertandingan Asian Games kali ini.