DISITU
22 Jun 2018

Syarat Agar Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair Tanpa Kendala

 Layanan Pengganti BI Checking SLIK OJK Gini Cara Mudah Menggunakannya.jpg

Jika Anda sedang butuh dana cepat, gadai sertifikat rumah bisa jadi solusi terbaik. Banyak sekali kelebihan dengan mendapatkan pinjaman lewat menggadaikan rumah. Mulai dari prosesnya yang cepat, mudah dan banyak yang bersedia menerima jaminan sertifikat rumah. Bahkan dana yang Anda pinjam bisa cair dalam waktu satu hari saja. Namun untuk mencairkan dana pinjaman dalam waktu 1 hari ini, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan. Mulai dari tempat dimana Anda menggadaikan sertifikat rumah, sampai syarat untuk menggadaikan sertifikat rumah. Dalam memilih tempat gadai yang tepat, carilah tempat gadai yang memiliki reputasi yang baik. Serta lengkapi syarat agar bisa gadai sertifikat rumah 1 hari cair.

Syarat Agar Dana Gadai Sertifikat Rumah Cair Dalam 1 Hari

 Walaupun proses melakukan pinjaman dengan gadai sertifikat rumah terbilang cepat, Anda tetap harus melengkapi berbagai persyaratan. Jika persyaratan ini tidak terpenuhi, maka Anda tidak bisa gadai sertifikat rumah 1 hari cair. Berikut ini syarat yang harus Anda penuhi :

1. Sertifikat Atas Nama Sendiri

Proses menggadaikan sertifikat rumah tidak akan bisa cepat jika sertifikat tersebut masih atas nama orang lain. Ada sebuah peraturan yang mengatur, jika sertifikat yang digadaikan adalah atas nama peminjam bukan nama orang lain.  Sehingga ketika sertifikat masih atas nama orang lain, mau tidak mau Anda harus balik nama terlebih dahulu. Proses balik lama ini butuh waktu paling sebentar 5 hari. Untuk itu jika Anda ingin dana pinjaman Anda segera dicairkan, pastikan sertifikat rumah atas nama Anda.

2. Dokumen Penting Lengkap

Dalam menggadaikan sertifikat rumah, Anda juga membutuhkan dokumen penting lainnya. Dokumen ini berupa kartu identitas, surat tanah, bukti pembayaran pajak dan lain-lain. Jika dokumen ini semua tidak terpenuhi, maka jangan harap dana Anda bisa segera cair. Semua dokumen pendukung ini adalah syarat agar pinjaman Anda bisa segera diproses.

3. Lokasi Rumah Mudah Disurvei

Sebelum pinjaman yang diajukan disetujui, pihak gadai akan mensurvei rumah Anda. Hal ini dilakukan untuk mentaksir jumlah uang yang bisa Anda pinjam. Jika lokasi rumah Anda mudah untuk di jangkau, maka proses pencairan dana akan cepat. Namun jika lokasi rumah yang Anda gadaikan sulit untuk di jangkau maka proses akan berjalan lambat. Untuk itu usahakan menggadaikan rumah di lokasi yang mudah untuk di jangkau.

4. Kondisi Rumah Layak

Rumah yang digadaikan harus dalam kondisi yang layak. Jika belum layak, maka proses pencairan dana akan ditunda bahkan digagalkan. Pada umumnya rumah yang layak adalah rumah yang terbuat dari batu serta bersifat permanen. Tidak bisa menggadaikan rumah yang kondisinya belum permanen. Rumah yang belum permanen tidak memiliki nilai jual yang tinggi sebab rentan akan kerusakan.

5. Tidak Dalam Tanah Sengketa

Kondisi tanah dimana rumah itu berdiri juga sangat penting. Pihak gadai tidak akan mau memproses rumah yang berada di lahan sengketa. Sebab hal ini akan berisiko tinggi bagi mereka. Tanah sengketa biasanya tanah yang berada terlalu dekat dengan fasilitas yang dibangun negara. Contohnya seperti terlalu dekat dengan rel kereta api, tempat pemakaman  dan fasilitas negara lainnya. Selain itu pihak gadai juga menghindari rumah yang berada terlalu dekat dengan tanah perkebunan milik perusahaan besar. Sebab tanah dengan letak tersebut rentan disengketakan.

Agar bisa gadai sertifikat rumah 1 hari cair, Anda harus melengkapi persyaratan yang ada di atas. Jika semua persyaratan terpenuhi, maka dijamin proses gadai akan lancar. Sebab pihak gadai biasanya cepat dalam memproses pinjaman yang Anda lakukan.