avatardisplay_general
DISITU
03 Mar 2019

Syarat dan Cara Membuat BPJS Kesehatan

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201903/190303/Banner/5 sistem BPKS.jpg

BPJS merupakan program jaminan kesehatan yang dikelola oleh pemerintah Indonesia dan merupakan salah satu upaya dan kinerja pemerintah dalam memperbaiki fasilitas kesehatan yang ada. Keanggotaan BPJS sendiri bersifat wajib bagi seluruh WNI maupun WNA yang memiliki lama tinggal lebih dari 6 bulan. Sistem BPJS Sendiri bersifat berbayar per bulan dengan jumlah uang berbayar yang relatif terjangkau sesuai dengan fasilitas kesehatan yang anda pilih. Syarat membuat BPJS Kesehatan sendiri diantaranya:

  • Peserta BPJS memiliki kartu identitas yang masih berlaku (KTP, SIM, Atau Paspor ).
  • Peserta memiliki Kartu keluarga terbaru dan masih berlaku.
  • Buku nikah bagi yang berstatus sudah menikah.
  • Fotocopy buku tabungan.
  • Pas foto 3x4 sebanyak dua lembar.

Setelah melengkapi dokumen yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah segera mendaftarkan diri. Ada dua cara dalam mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS, pendaftaran secara online dan pendaftaran secara offline.

Baca Juga : Belum Punya BPJS Ketenagakerjaan? Ini Manfaatnya

Cara membuat BPJS kesehatan secara langsung atau offline

BPJS-Kesehatan

  1. Calon peserta diminta untuk menyiapkan syarat bpjs kesehatan atau berkas-berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar seperti fotokopi KK, KTP, pas foto terbaru 3x4 satu lembar dan juga biaya iuran pertama yang harus dibayarkan sesuai kelas yang anda pilih (25 ribu, 51 ribu dan 80 ribu.)
  2. Datangi kantor BPJS terdekat atau kantor  cabang BPJS kota anda. Jika anda ingin mendaftarkan diri secara kolektif, anda bisa menghubungi ketua RT untuk informasi lebih lanjut.
  3. Setelah sampai di kantor BPJS, anda akan diminta untuk mengisi form pendaftaran. Islah secara teliti dan cermat. Jangan lupa untuk membaca ulang kembali agar tidak terjadi kesalahan penulisan atau informasi dengan dokumen yang anda miliki.
  4. Setelah selesai, anda akan diberikan akun virtual yang nantinya akan menjadi perantara pembayaran atau transfer dana klaim jika diperlukan.
  5. Lalu lakukan pembayaran di bank yang dituju.
  6. Setelah pembayaran selesai, kembali ke kantor BPJS untuk menyerahkan bukti pembayaran dan tunggu sebentar hingga kartu anda selesai dicetak.

Baca Juga : Cek Tagihan BPJS Sekarang Bisa Secara Online Loh!

Cara buat BPJS kesehatan secara online

BPJS-Kesehatan

  1. Siapkan berkas-berkas yang diperlukan (lihat poin syarat membuat BPJS kesehatan).
  2. Jika sudah, buka halaman website www.bpjs-kesehatan.go.id dari browser perangkat PC maupun mobile phones/tablet Anda.
  3. Isi data diri secara lengkap serta pilih pilihan kelas yang ditawarkan. Fasilitas kesehatan yang bisa anda pilih mencakup faskes tingkat I, II, III serta faskes gigi dengan pilihan instansi sebagai tempat rujukan anda.
  4. Pilih iuran perbulan yang anda akan bayar secara rutin sesuai dengan kelas yang anda pilih.
  5. Jika sudah selesai, simpan data anda dan tunggu email masuk ke alamat email pribadi anda beserta nomor akun virtual. Setelah mendapatkan notifikasi email tersebut, cetak lembar akun virtual yang anda dapat.
  6. Setelah selesai mencetak, lakukan pembayaran di bank yang ditunjuk, seperti BNI, BRI, dan Mandiri.
  7. Ketika anda akan membayar, jangan lupa untuk menyerahkan uang serta nomor virtual yang anda dapat di email kepada teller bank. Hal tersebut akan menjadi bukti pembayaran kepesertaan anda.
  8. Jika semua proses telah usai, kartu peserta BPJS anda sudah aktif, Cek inbox email anda untuk memastikan BPJS telah mengirim E-ID card BPJS yang bisa anda cetak sendiri dirumah.
  9. Anda juga bisa mencetak kartunya di kantor BPJS cabang terdekat. Anda cukup pergi ke bagian print kartu BPJS dengan membawa semua data sebelumnya termasuk form isian akun virtual dan bukti pembayaran.

Baca Juga : Cara Mudah Pindah Kelas BPJS Kesehatan Secara Online

BPJS-Kesehatan

Itu dia informasi mengenai syarat dan cara membuat BPJS kesehatan. Beberapa informasi di artikel ini dapat berubah-ubah sewaktu-waktu. Sangat disarankan untuk mendaftar langsung agar anda dapat dengan leluasa bertanya lebih kepada petugas yang bersangkutan. Selamat mencoba.