avatardisplay_general
DISITU
03 Aug 2018

Syarat Dan Ketentuan Gadai Mobil Masih Leasing

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180803/Syarat Dan Ketentuan Gadai Mobil Masih Leasing.jpg

Gadai mobil tanpa BPKB sering terjadi kepada seseorang atau pemilik mobil yang memiliki kebutuhan dana yang mendesak. Sementara itu, satu-satunya harga yang cukup berharga yang dapat dijadikan jaminan untuk pinjaman dana adalah mobil yang masih kredit pembayarannya. Biasanya yang melakukan jenis gadai seperti ini adalah lembaga yang bergerak pada bidang keuangan yang sering disebut dengan nama leasing. Lembaga pembiayaan tersebut akan menerima pinjaman gadai mobil masih leasing dengan sistem take over BPKB. Ada beberapa syarat dan ketentuan yang wajib Anda penuhi jika Anda ingin melakukan gadai mobil masih leasing. Berikut adalah beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku untuk gadai mobil masih leasing :

1. Syarat Gadai

Sebelum Anda melakukan pengajuan pinjaman dana kepada lembaga atau perusahaan pembiayaan, Anda harus menyiapkan syarat menggadaikan mobil. Syarat gadai mobil tanpa BPKB yang pertama adalah melengkapi berkas atau identitas diri. Identitas diri tersebut  meliputi foto kopi kartu tanda penduduk (KTP), foto kopi kartu keluarga (KK). Setelah itu, Anda juga harus menyiapkan foto kopi STNK beserta STNK yang asli dan surat kontrak (Jika masih kredit). Persyaratan gadai tersebut mutlak harus Anda penuhi kepada lembaga atau pihak pembiayaan yang nantinya akan mengambil alih BPKB Anda.

2. Syarat Kendaraan

Untuk jenis mobil yang ingin digadaikan sendiri tidak ada pembatasan untuk merek mobil. Hanya saja pihak lembaga atau perusahaan pembiayaan biasanya memberikan minimal tahun kendaraan yang akan digadaikan tersebut. Bagi kendaraan yang ingin digadaikan tanpa BPKB maka tahun minimal kendaraan tersebut adalah tahun 2005. Jadi pastikan bahwa mobil yang ingin Anda gadaikan adalah mobil keluaran tahun 2005 dan keatasnya.

3. Jaminan BPKB

Adanya kepastian dari mudah dan cepatnya BPKB mobil Anda bisa keluar dari tempat Anda mengambil kredit mobil tersebut. Jika ternyata proses keluarnya BPKB cukup memakan waktu yang lama, tentunya pihak leasing akan menolak untuk memproses pengajuan pinjaman Anda. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui kepastian dari BPKB mobil yang Anda kredit tersebut. Jangan sampai BPKB mobil Anda keluar dengan melebihi dari ketentuan yang ada pada awal.

4. Catatan Riwayat Kredit

Selain beberapa persyaratan diatas, Anda juga diminta untuk memastikan bahwa riwayat catatan kredit Anda selama melakukan kredit berlangsung dengan baik. Pihak peminjam pastinya akan menolak pengajuan pinjaman Anda jika terdapat catatan riwayat kredit Anda mengalami penunggakan atau proses kredit bermasalah. Proses gadai juga akan melalui tahap survei ke tempat Anda mengambil kredit mobil.

5. Tempat Mencicil Mobil

Leasing biasanya akan menerima gadai mobil jika tempat mencicil mobil adalah lembaga pembiayaan resmi OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Lembaga resmi tersebut seperti Adira, FIF, BFI dan lain sebagainya. Jika Anda mencicil melalui bank atau koperasi, kemungkinan besar akan lebih sulit. Hal tersebut karena terdapat kebijakan tertentu dari pihak bank.

6. Syarat Administrasi

Selain identitas pribadi, Anda juga diwajibkan untuk menyiapkan dokumen lain meliputi tabungan dan perjanjian kredit (persetujuan). Adanya pekerjaan dan gaji bulanan yang tetap juga turut menjadi salah satu faktor persetujuan dari pihak lembaga atau perusahaan. Di mana akan diprosesnya pegadaian mobil tanpa BPKB dengan mempertimbangkan penghasilan pekerjaan Anda tersebut.

Jika Anda telah yakin dengan syarat dan ketentuan gadai mobil tanpa BPKB di atas, maka Anda bisa untuk mencobanya. Tidak sulit sebenarnya, jika Anda telah mengetahui ketentuan dan prosedur gadai mobil tanpa BPKB di atas. Selamat mencoba dan semoga cepat cair.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu