DISITU
11 Jun 2018

Syarat Mengajukan Pinjaman Tunai Tanpa Jaminan

 Layanan Pengganti BI Checking SLIK OJK Gini Cara Mudah Menggunakannya.jpg

Seiring dengan kondisi perekonomian yang naik turun dan kebutuhan yang terus meningkat membuat masyarakat kesulitan memenuhi kebutuhannya. Terutama ketika kebutuhan yang mendesak datang dengan tiba-tiba. Sehingga tidak jarang masyarakat yang berniat untuk mengajukan pinjaman pada lembaga terkait. Namun banyak masyarakat merasa kesulitan dalam memberikan jaminan. Seiring dengan perkembangan dalam dunia perbankan, kini banyak sekali lembaga-lembaga yang menawarkan pinjaman tanpa jaminan. Banyak masyarakat yang berminat mengajukan pinjaman, namun banyak dari masyarakat yang tidak mengetahui syarat mengajukan pinjaman tunai tanpa jaminan. Jangan khawatir, kali ini penulis akan memberikan informasi tentang syarat mengajukan pinjaman tunai tanpa jaminan. Adapun syaratnya sebagai berikut.

1. Formulir Data Diri

Saat mengajukan pinjaman, isilah data diri Anda dengan benar, jangan ada penipuan didalamnya. Karena jika ada penipuan Anda tidak akan dipercaya oleh pihak pemberi pinjaman. Dan jika terjadi penipuan akan terlihat, karena biasanya pihak peminjam akan check and recheck data dan informasi yang telah Anda isi pada formulir data diri. Selain itu, jika ada perubahan maka isilah data diri Anda yang terbaru. Misalnya Anda baru saja pindah rumah, maka isilah formulir di bagian alamat dengan alamat rumah Anda yang baru.

2. WNI

Selain mengisi formulir data diri dengan benar, pastikanlah Anda merupakan Warga Negara Indonesia. Ini merupakan syarat yang utama, setelah itu harus dibuktikan dengan cara menunjukkan KTP yang Anda miliki. Tidak hanya Warga Negara Indonesia syarat selanjutnya adalah Anda juga harus tinggal dan menetap di Wilayah Negara Indonesia.

3. Usia

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa usia Anda 21 – 60 tahun. Hal ini berkaitan dengan kematangan pola pikir. Di usia 21 tahun ke atas dianggap telah mempunyai pola pikir yang lebih matang. Selain itu, di usia 21- 60 tahun seseorang akan lebih paham tentang prosedur pengajuan pinjaman. Dan yang lebih penting memahami segala konsekuensi yang akan didapati saat periode mengangsur. Dan jangan lupa untuk selalu mencantumkan kontak yang dapat dihubungi.

4. Penghasilan

Lembaga penyedia jasa pinjaman memiliki kebijakan sendiri-sendiri tentang batas minimum penghasilan calon nasabah. Selain karena kebijakan intern dari lembaga tersebut, biasanya kondisi perekonomian daerah setempat juga dapat mempengaruhi. Misalnya jika gaji di bawah UMR maka akan sulit dipenuhi pinjamannya. Dengan asumsi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja dirasa masih kurang, apa lagi jika ditambah dengan beban angsuran. Lain halnya dengan gaji yang diatas UMR maka kemungkinan besar akan disetujui pinjamannya. Adapun alasan lembaga peminjaman menetapkan batas penghasilan adalah agar pinjaman tanpa jaminan ini dapat diterima.

Biasanya batas minimal gaji yang digunakan yaitu Rp 3.000.000 per bulan atau Rp 36.000.000 per tahun.

Selain dari penghasilan, pekerjaan juga tidak kalah pentingnya. Pinjaman yang dapat diterima biasanya pada nasabah yang sudah memiliki pekerjaan tetap. Karena dengan pekerjaan tetap maka akan ada pemasukan disetiap bulannya, sehingga angsuran akan berjalan dengan lancar.  Namun dengan mempunyai pekerjaan tetap saja Anda belum tentu dapat meyakinkan pihak lembaga peminjam jika tidak dibuktikan dengan slip gaji.

5. Bersih Di Biro Informasi Kredit

Selain dilihat dari kelengkapan administrasi, pihak lembaga pinjaman juga akan mengecek data Anda di Biro Informasi Kredit atau yang sering disebut BIK. BIK ini merupakan badan dibawah naungan Bank Indonesia yang bertugas menyimpan data penyediaan dana, kemudian didistribusikan sebagai informasi kredit. Atau yang sering disebut Informasi Debitur Individual History (IDI History). Kalau di dalam data IDI History terdapat tunggakan atas nama Anda, maka pinjaman Anda kemungkinan besar akan ditolak.

Demikian syarat mengajukan pinjaman tunai tanpa jaminan yang dapat penulis sampaikan. Semoga bermanfaat.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu