avatardisplay_general
DISITU
19 Aug 2018

Tempat Makan Legendaris Terekomendasi di Jakarta

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180816/Img%20Banner/Tempat%20Makan%20Jakarta banner.jpg

Kota Jakarta menyimpan sejuta cerita di setiap sudut kota. Bukan hanya digambarkan melalui bangunan dan monumen khas yang ada, aneka kuliner lezat juga menjadi suatu hal yang didambakan masyarakatnya. Sebagai salah satu tempat dengan keberagaman yang tinggi, Jakarta menawarkan berbagai tempat kuliner nikmat yang menyajikan makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia. Berikut beberapa wisata kuliner di Jakarta yang wajib Anda coba.

  1. Kuliner Ragusa Es Italia

Salah satu legenda kuliner di kota Jakarta yang masih bertahan hingga saat ini adalah Ragusa Es Italia. Kedai es krim khas Italia ini telah berdiri sejak tahun 1932. Setiap hari, terutama pada saat akhir pekan, kedai ini juga selalu dipadati pengunjung dari berbagai kalangan. Menu favorit yang ada di Ragusa adalah es krim spageti, yaitu es krim vanila yang dibentuk menyerupai spageti yang merupakan makanan khas Italia. Es krim ini disajikan dengan taburan cokelat dan kacang diatasnya. Selain es krim spageti, ada juga es krim durian, tutti frutti, banana split, cassata siciliana, dan berbagai macam rasa lainnya.

  1. Kopi Tak Kie

Kedai kopi ini disebut sebagai kedai kopi tanpa tandingan. Kedai Kopi Es Tak Kie, yang berlokasi di Gang Gloria, Jalan Pintu Besar Selatan III Glodok Jakarta Barat ini sudah berusia 90 tahun. Didirikan oleh Liong Kwie Tjong seorang perantau dari China pada tahun 1927. Nama Tak Kie sendiri memiliki arti orang bijaksana, sederhana dan diingat banyak orang. Anda dapat menikmati kopi dari campuran kopi lampung robusta dan arabika dengan suasana Tempo Doeloe yang diberikan oleh tempat dan bangunan kedai kopi yang tidak mengalami banyak perubahan sejak 90 tahun terakhir.

  1. Warung Tinggi Coffee

Masih membahas seputar kopi, bagi Anda pecinta minuman kopi patut mengunjungi Warung Tinggi Coffe. Warung Tinggi ini disebut-sebut sebagai warung kopi yang tertua di Jakarta, dan mungkin di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1878, awalnya Warung Tinggi Coffee ini didirikan oleh Liauw Tek Soen yang juga menjual makanan dan barang kebutuhan rumah tangga. Pada tahun 1927, tempat ini pun sempat dibangun secara besar-besaran dan difokuskan menjadi sebuah toko. Warung ini menyediakan berbagai jenis kopi, seperti kopi luwak, Torabica, Arabica Spesial, Arabica Super, Robusta, kopi Jantan dan kopi Betina. Kopi Jantan ini agak unik dan lebih disukai oleh para pria karena rasa yang sangat keras.

  1. Soto Betawi H. Ma’ruf

Soto betawi H. Ma’ruf yang sudah berdiri sejak 1940-an ini menjadi tempat kuliner spesial bagi para pecinta soto. Salah satu kekhasan soto Betawi ini adalah daging dan jeroan sapi yang di goreng terlebih dahulu. Daging dan jerohan ini sebelumnya sudah direndam di dalam kuah soto baru kemudian digoreng hingga garing. Keistimewaan lainnya adalah paru gorengnya yang tetap garing sekalipun sudah direndam di dalam kuah soto.

  1. Bubur Ayam Barito

Salah satu makanan khas yang tidak akan terlupakan adalah bubur ayam. Bagi para pecinta kuliner tentunya sudah tidak asing lagi dengan Bubur Ayam Barito. Setiap hari bubur ini didatangi oleh pembeli dari berbagai kelas masyarakat. Bubur Barito cukup kental, ditaburi dengan ayam potong dadu dan cakwe. Tidak seperti bubur ayam biasa yang ditaburi dengan kerupuk, bubur ini ditaburi dengan cheese stick yang gurih dan renyah. Pembeli juga dapat meminta tambahan seperti telur dan sate ati-ampela-usus.