avatardisplay_general
DISITU
08 Nov 2018

Temukan Pekerjaan Sesuai Passion dengan 5 Cara Jitu Ini!

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201811/181108/Banner/Temukan%20Pekerjaan%20Sesuai%20Passion.jpg

Setelah lulus sekolah atau kuliah, setiap orang tentu berharap segera menemukan pekerjaan yang diinginkan. Namun tidak mudah, selain persaingan kerja yang begitu ketat, rasa bimbang dalam menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat atau passion menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Tidak jarang memulai suatu pekerjaan kit ajuga memerlukan modal. Nah, jika Anda membutuhkan pinjaman modal, Anda dapat melakukan pinjaman melalui DISITU.com.

Nah, bagi Anda yang masih merasa bingung mencari pekerjaan sesuai passion, berikut kami rangkum triknya untuk Anda:

  1. Ikuti rasa penasaran Anda

pekerjaan

Saat mencari pekerjaan pertama, banyak orang justru mengincar lowongan yang tidak sesuai dengan jurusannya. Selain ingin mencoba hal baru, sebagian orang beralasan melakukan itu untuk memenuhi rasa penasaran mereka. Jika Anda salah satu yang melakukannya, tidak apa-apa. Mencoba pekerjaan di bidang yang tidak sesuai dengan jurusan Anda akan membantu untuk menyadari apakah bidang tersebut sesuai dengan minat atau tidak.

 

  1. Berhenti jika tidak suka

pekerjaan

 

Merasa kesulitan atau tidak nyaman mengerjakan pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusan Anda? Jika iya, ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama, Anda belum terbiasa, atau kedua, pekerjaan tersebut memang tidak sesuai dengan passion Anda selama ini. Coba renungkan lagi pekerjaan yang Anda lakukan selama ini dan lihat apakah bakat/ keterampilan Anda digunakan selama melakukannya. Jika tidak, besar kemungkinan pekerjaan Anda saat ini belum sesuai dengan minat.

 

  1. Meminta saran

pekerjaan

Anda mungkin merasa paling paham dan mengerti diri sendiri soal pakerjaan. Namun, tidak ada salahnya lho meminta saran dari orang lain tentang karier. Anda dapat bertanya pada orang tua, mentor atau sahabat Anda tentang rekomendasi jenis pekerjaan apa yang cocok sesuai dengan keterampilan. Dari situ Anda dapat melihat jawaban serta alasan yang diberikan tiap orang. Selanjutnya bandingkan jawabannya dan renungkan apakah saran tersebut memang sesuai dengan minat Anda atau tidak.

 

  1. Mengikuti magang

pekerjaan

Jika langsung terjun bekerja fulltime dirasa terlalu berisiko, cobalah mengikuti magang. Untuk lebih mengenali minat Anda, ikuti magang di tempat yang dirasa sesuai dan cocok untuk menyalurkan bakat Anda. Sebagai contoh Anda adalah mahasiwa komunikasi namun tertarik untuk mencoba bidang marketing, maka carilah tempat magang dengan tugas sebagai content marketing. Selain masih memiliki kaitan dengan bidang komunikasi, Anda juga dapat mempelajari hal baru sekaligus menentukan apakah pekerjaan tersebut cocok atau tidak. Tidak perlu malu mengikuti magang setelah lulus karena saat ini banyak sekali fresh graduate yang justru mencoba magang karena dirasa lebih fleksibel dan sebagai arena untuk uji coba.

 

  1. Kenali bakat dan keterampilan Anda

pekerjaan

Cara terbaik untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion Anda, tentunya dengan mengenali terlebih dulu minat dan keterampilan yang dimiliki. Usaha di atas akan sia-sia jika Anda sendiri sebenarnya masih bingung akan apa yang sebenernya Anda sukai. Ambil waktu sejenak dan pikirkan kembali tentang hal-hal yang Anda suka dan kuasai. Cara lain, Anda dapat mengambil secarik kertas kosong dan mulai menuliskan hal yang disukai. Misalnya Anda merasa terampil dalam membuat desain digital, atau ahli dalam public speaking. Nah, kata-kata yang sudah dituliskan tadi akan membantu Anda untuk menemukan pekerjaan yang sesuai.

 

Itu tadi cara yang dapat Anda coba untuk menemukan pekerjaan sesuai dengan passion. Kenali minat dan bakat Anda sejak dini agar dapat menentukan pekerjaan yang benar-benar tepat sehingga keterampilan Anda dapat tersalurkan dengan baik.