avatardisplay_general
DISITU
01 Sep 2018

Gadai Sertifikat Rumah Di Bank Mandiri, Ini syaratnya!

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1809/180901/Tertarik Untuk Gadai Sertifikat Rumah Di Bank Mandiri Pahami Ketentuannya.jpg

Bank Mandiri sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Bisa dikatakan bank swasta yang satu ini telah menggurita di Indonesia. Banyak sekali program yang dikeluarkan oleh bank Mandiri untuk  masyarakat Indonesia. Salah satu program tersebut adalah program mendapatkan pinjaman dengan menggadaikan sertifikat rumah. Jika Anda tertarik untuk gadai sertifikat rumah di bank Mandiri, ada baiknya Anda memahami ketentuan yang diterapkan. Sebab, Anda perlu mempertimbangkan keuntungan serta kerugian untuk bisa menggadaikan sertifikat rumah di bank ini. Pikirkan dengan matang, apakah Anda sanggup memenuhi ketentuan yang telah diberikan atau tidak. Baca dan simak baik-baik, ketentuan yang ada di bawah ini.

Ketentuan Untuk Gadai Sertifikat Rumah Di Bank Mandiri

Sebagai bank swasta, bank Mandiri mencoba memberikan solusi bagi masalah keuangan yang dialami para nasabahnya. Salah satu cara tersebut dengan memberikan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah. Untuk mendapatkan pinjaman ini Anda harus mengikuti ketentuan yang telah diberikan pihak Mandiri. Berikut ini ketentuan yang harus dipenuhi :

1. Syarat Calon Peminjam

Untuk mengambil pinjaman di bank Mandiri, Anda harus memenuhi syarat calon peminjam. Calon peminjam bisa warga negara Indonesia maupun warga negara asing. Peminjam harus memiliki pekerjaan tetap sebagai karyawan. Usia peminjam minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun. Memiliki gaji minimal sebesar 3 juta rupiah setiap bulannya. Mempunyai rumah yang layak untuk digadaikan. Semua syarat ini harus terpenuhi, jika tidak pihak bank tidak bisa memproses pinjaman Anda.

2. Dokumen Yang Harus Dilengkapi

Banyak dokumen yang harus dilengkapi untuk menggadaikan sertifikat rumah. Anda harus melengkapi kartu identitas diri/KTP , Kartu Keluarga, slip gaji, fotokopi rekening tabungan, NPWP dan surat legalitas rumah. Semua dokumen ini merupakan dokumen wajib yang harus dibawa. Jika ada penambahan dokumen, pihak bank akan memberitahu Anda apa lagi yang harus dilengkapi.

3. Besar Pinjaman Yang Bisa Diambil

Besar pinjaman yang diberikan oleh pihak Mandiri berkisar antara 50 juta sampai 1 miliar rupiah. Angka ini termasuk pinjaman yang terbilang cukup besar. Namun besarnya pinjaman yang Anda dapatkan tergantung dari kisaran harga rumah yang dimiliki. Kisaran harga rumah ini akan ditentukan oleh pihak survei dari bank Mandiri. Semakin bagus lokasi dan rumah yang Anda miliki, maka semakin besar pula kisaran harga rumah yang akan diberikan. Otomatis pinjaman yang bisa Anda dapatkan juga semakin besar.

4. Ketentuan Bunga

Bunga yang diberikan oleh pihak bank Mandiri terbilang cukup besar. Anda harus membayar bunga sebesar 12,25% per tahun. Dibandingkan dengan bank swasta lain, bunga ini cukup besar bagi para peminjam. Untuk itu pertimbangkan matang-matang, apakah Anda merasa keberatan atau tidak dengan besarnya bunga ini. Besarnya bunga ini sudah mutlak dan tidak bisa ditawar lagi oleh calon peminjam.

5. Biaya Lain-Lain

Dalam mengajukan pinjaman Anda juga akan dikenakan biaya lain-lain. Biaya lain-lain ini berupa biaya administrasi hingga 500 ribu rupiah, biaya materai dan biaya provisi. Selain itu, apabila Anda terlambat membayar angsuran, Anda akan dikenakan biaya 3% dari biaya angsuran yang dibayarkan. Sanksi juga akan diberikan apabila Anda terus terlambat membayar angsuran. Sanksi terberat adalah Anda harus merelakan sertifikat rumah yang Anda gadaikan. Itu artinya Anda harus kehilangan rumah yang menjadi jaminan.

Itulah semua ketentuan yang wajib Anda ketahui sebelum gadai sertifikat rumah di bank Mandiri. Pahami dengan benar agar Anda tidak mengalami kerugian. Bila Anda kurang jelas, Anda bisa bertanya langsung pada pihak bank Mandiri yang terdekat dengan Anda.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu