05 June 2017 00:00

Tetap Sehat dan Bugar Saat Berpuasa

DISITU

8.kredit pinjaman untuk artikel berpuasa

Saat ini umat muslim di seluruh dunia sedang menjalankan ibadah puasa di bulan yang suci ini. Selama berpuasa, tidak diperkenankan makan dan minum sama sekali. Makan dan minum hanya boleh dilakukan pada saat waktunya sahur maupun berbuka. Puasa seringkali menyebabkan menurunnya kondisi tubuh karena tubuh belum bisa menyesuaikan diri dengan perubahan jam makan. Salah-salah, Anda malahan bisa jatuh sakit saat menjalankan ibadah puasa dan menyebabkan batal berpuasa. Nah, bagaima caranya untuk menjaga kondisi tubuh saat menjalankan ibadah puasa?

 

Pilihlah menu sahur dan berbuka yang sehat

Sahur dan berbuka tentu saja adalah hal yang sangat penting ketika bulan puasa. Untuk itu, menu makanan yang akan dikonsumsi pun sangat perlu diperhatikan demi menunjang kegiatan sehari-hari. Biasakan untuk memilih makanan yang sehat seperti perbanyak konsumsi karbohidrat, protein, sayur-sayuran dan buah-buahan. Juga ketika ingin membatalkan puasa (berbuka), biasakan untuk menghindari makanan dan minuman yang dingin. Berbukalah dengan minum air putih dan makan sesuatu yang manis. Ini berguna untuk mengembalikan sedikit tenaga yang sudah terpakai ketika waktu siang.

 

Atur pola makan

Aturlah pola dan porsi makan Anda. Jangan makan terlalu berlebihan baik ketika sahur dan maupun pada saat berbuka. Makanlah dalam porsi yang secukupnya (jangan sampai kekenyangan) sehingga tubuh dapat dengan mudah mengolah makanan tersebut menjadi sumber energi.

 

Minum air putih yang cukup

Minum air putih juga menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama untuk menghindari dehidrasi ketika siang hari. Saat berpuasa, tubuh akan kehilangan banyak cairan dikarenakan kegiatan yang dijalankan ditambah tidak adanya asupan yang masuk untuk menggantikan cairan yang hilang tersebut. Maka dari itu, konsumsilah air putih yang cukup ketika sahur. Dan hindari mengkonsumsi minuman energi, seperti kopi atau minuman bersoda.

 

Tidur yang cukup

Selama bulan Ramadhan, waktu tidur otomatis berkurang karena harus bangun lebih awal untuk sahur. Padahal, cukup tidur berperan besar untuk membuat tubuh Anda tetap segar seharian dalam menjalani aktivitas. Karena itu, atur waktu tidur Anda semaksimal mungkin. Usahakan untuk tidak bergadang jika memang tidak diperlukan. Jika memiliki waktu luang, ambilah waktu tersebut untuk tidur sejenak sekitar 10 – 20 menit agar tubuh menjadi lebih segar.

 

Berolahraga

Puasa tidak dapat menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Olahraga pada saat puasa membantu melancarkan peredaran darah dan sirkulasi oksigen di dalam tubuh, sehingga membuat tubuh menjadi lebih fit dan siap untuk menjalani hari. Pilihlah olahraga yang ringan dan tidak terlalu membebani tubuh seperti jogging ataupun berenang.

Menjalankan ibadah puasa memanglah bukan suatu hal yang gampang, apalagi mengingat kondisi dan pekerjaan yang tetap harus kita lakukan. Namun dengan niat yang baik dan tulus, tentulah Anda dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Jangan lupa, pastikan agar Anda menjaga kondisi tubuh Anda supaya selalu sehat. Selamat menjalankan ibadah puasa di bulan yang suci ini.

Nah,Saat anda berpikir untuk meminjam uang, kita bisa memanfaatkan situs perantara terpercaya yang akan mempertemukan kita dengan penyedia pinjaman dana online yang tepat. Salah satu contohnya adalah Disitu.com, di DISITU Anda dapat mengajukan proposal pinjaman dana online atau pinjaman dana langsung. Tentunya dengan melihat bunga yang tidak terlalu memberatkan, Jangan khawatir dan jangan pernah ragu. DISITU siap menyelesaikan permasalahan keuangan Anda. Manfaatkan segera kredit multiguna DISITUWebsite mudah dan tepercaya dalam mencari pinjaman dana dan segera ajukan pinjaman kredit Anda secara online melalui www.disitu.com. Dapatkan pinjaman dana tunai dengan proses yang cepat dan mudah. 

Cari Kredit? DISITU Pilihanmu