avatardisplay_general
DISITU
31 Aug 2018

Solusi Gadai Sertifikat Rumah Di Bank Jabar Termudah

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180831/Tidak Bisa Gadai%20Sertifikat Rumah D Bank Jabar Ini Solusinya.jpg

Bank Jabar adalah salah satu bank berprospek tinggi di Indonesia. Bank ini mulai berdiri pada 20 Mei 1961, setelah sebelumnya merupakan bank milik Belanda yang dinasionalisasikan. 50 tahun lebih telah berlalu, Bank Jabar memberikan banyak kemudahan perbankan, utamanya pada masyarakat Jawa Barat. Berbagai layanan ditawarkannya. Tapi jika Anda mengetikkan keyword ini di Google, mungkin Anda sedang bertanya-tanya. Apa bisa gadai sertifikat rumah di Bank Jabar?

Gadai Sertifikat Rumah Di Bank Jabar, Bisa?

Tidak perlu basa-basi terlalu banyak. Kami akan langsung menjawab: maaf, tidak bisa. Ada beberapa alasan krusial yang membuat Bank Jabar memutuskan tidak menerima gadai sertifikat rumah. Bukan karena Bank Jabar ingin mengecewakan Anda, tapi alasan-alasannya adalah sebagai berikut.

1. Bank Jabar Adalah BUMD


 

Bank Jabar adalah Badan Usaha Milik Daerah. Dulu di awal pendirian, Bank Jabar memang sebuah PT. Tapi sejak 1999, kepemilikannya diakuisisi pemerintah. Hingga sejak saat itu, Bank Jabar menjadi milik negara. Karena telah jadi BUMD, maka dana operasionalnya juga dari daerah. Menggunakan uang masyarakat. Sehingga untuk transaksi riskan seperti pegadaian, Bank Jabar memilih tidak menerima.

2. Bank Jabar Telah Memiliki Banyak Layanan Kredit Mudah

Ini bukan pendapat dari Bank Jabar. Melainkan dari hasil analisis. Bank Jabar merupakan salah satu bank dengan layanan paling bervariasi. Ada banyak jenis kredit yang ditawarkannya. Dengan demikian, Bank Jabar berharap dapat memberikan kemudahan bagi berbagai jenis nasabah. Karena itulah, Bank Jabar tidak menerima gadai sertifikat rumah. Dibandingkan mengorbankan sesuatu yang sangat berharga seperti itu, lebih baik nasabah menggunakan layanan kreditnya yang paling menguntungkan.

3. Bukan Hanya Bank Jabar, Mayoritas Bank Tidak Menerima Gadai Sertifikat Rumah

Di jaman ini, sedikit sekali terdapat bank menerima gadai sertifikat rumah. Jangankan BUMN/BUMD, bank swasta yang menerima gadai sertifikat rumah jumlahnya tidak banyak. Lagi-lagi masalahnya adalah risiko transaksi gadai. Selain itu, untuk melakukan gadai di bank, proses birokrasinya juga panjang. Karena harus ada proses pengurusan fidusia. Sama seperti mayoritas bank lain, gadai sertifikat rumah di Bank Jabar juga akan ditolak.

Solusinya Bukan Hanya Gadai Sertifikat Rumah Di Bank Jabar, Tapi Cara-Cara Ini Juga Bisa

Tenang. Anda tidak usah khawatir dulu. Kami juga akan menawarkan solusi. Jika Anda tidak bisa gadai sertifikat rumah di Bank Jabar, hal-hal berikut ini dapat Anda lakukan :

1. Gadai di Bank Non-BUMN/BUMD

Jika tidak bisa ke Bank Jabar, maka Anda bisa mencari bank swasta. Meski sedikit, masih ada kok bank swasta yang menerima gadai sertifikat rumah. Apalagi jika sertifikat rumah Anda berkelas Sertifikat Hak Milik (SHM). Bank swasta pasti akan menerima SHM Anda dengan sepenuh hati. Tapi sebelumnya, pastikan Anda memenuhi pakem penilaian bank untuk menerima gadai dari nasabah. Yakni meliputi capacity, character, condition, capital, dan collateral (5C).

2. Datang Ke Pegadaian

SHM adalah dokumen yang kuat. Sebenarnya memang tidak cocok bila Anda menggadaikan barang di bank. Hal tersebut dikarenakan bank adalah institusi pemberi kredit. Sehingga tidak terbiasa melakukan prosedur pegadaian. Akan lebih baik bila Anda langsung datang ke pegadaian. Selain prosedurnya yang lebih mudah, pegadaian juga sudah paham bagaimana pola perawatan sertifikat rumah yang digadaikan. Mulai proses pengarsipan hingga asuransinya. 

3. Mendaftar Anggota Koperasi

Tidak semua koperasi menerima gadai. Tapi bila Anda menemukan koperasi yang menerima gadai anggotanya, maka tidak ada salahnya mencoba. Koperasi merupakan badan usaha dengan kekeluargaan sangat kental. Supaya mendapat kemudahan gadai sertifikat rumah, Anda bisa mendaftar sebagai anggota koperasi.

4. Gadai ke Situs Online

Last but not least …gadai ke situs online juga bisa menjadi pilihan, lho! Jangankan sertifikat rumah SHM, banyak situs online menerima sertifikat rumah yang lebih rendah seperti Akta Jual Beli (AJB). Takut dengan keamanannya? Pilihlah situs online yang memiliki track record baik dan bisa dipercaya. Banyak kok. 

cari-kredit-DISITU-pilihanmu