avatardisplay_general
DISITU
08 Aug 2018

Terhindar Dari Penipuan Pinjaman Uang Tunai Harian

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180808/Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Pinjaman Uang Tunai Harian.jpg

Mengambil keputusan untuk meminjam uang bukanlah perkara yang mudah. Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum akhirnya memutuskan untuk meminjam uang. Agar tidak terkena modus penipuan pinjaman uang tunai harian, ada baiknya untuk tidak bertindak gegabah. Berikut ini akan dijelaskan beberapa hal agar Anda bisa terhindar dari modus penipuan.

1. Jangan Tanggapi SMS Atau Telepon Yang Tidak Jelas

Jika Anda mendapati penawaran pinjaman uang baik melalui SMS maupun telepon, janganlah langsung percaya. Bisa jadi itu merupakan modus penipu yang memanfaatkan kepolosan calon target. Apalagi jika penawaran tersebut sangat menggiurkan bahkan mungkin mustahil diberikan. Selalulah waspada saat mendapatkan SMS atau telepon dari orang yang tidak jelas.

2. Tolaklah Jika Anda Dipaksa Untuk Menjadi Debitur

Yang dimaksud dengan debitur sendiri adalah orang yang meminjam uang, sedangkan kreditur adalah pemberi pinjaman. Berhati-hatilah sebelum Anda memutuskan untuk meminjam uang kepada kreditur. Perhatikan tingkah dan gerak-gerik kreditur serta waspadalah. Apabila menemukan suatu hal yang mencurigakan dan ada unsur pemaksaan, maka bisa jadi ini akan mengarah ke modus penipuan pinjaman uang tunai harian.

Untuk menghindari terkena jebakan penipuan, usahakanlah untuk mengajak orang yang dipercaya untuk diajak berdiskusi sebelum mengajukan pinjaman. Mintalah saran kepada dia dan dengarkan baik-baik sarannya. Hal ini bisa membantu Anda terhindar dari penipuan.

3. Tidak Mengabaikan Kredibilitas Kreditur

Tips selanjutnya agar terhindar dari penipuan pinjaman uang tunai harian adalah dengan memastikan kredibilitas kreditur. Hal yang satu ini juga cukup penting. Dengan melihat sepak terjang kreditur ini, Anda bisa menghindari terjadinya modus penipuan. Apabila Anda menemukan adanya masalah dengan kreditur lain, ada baiknya untuk tidak meminjam di tempat tersebut. Selain itu, kreditur yang terpercaya tidak akan menghubungi Anda secara berlebihan. Mereka hanya akan menghubungi secara wajar dan melakukan survey jika Anda layak untuk menjadi debitur.

4. Jangan Mudah Percaya Dengan Penawaran Yang Menggiurkan

Salah satu penawaran menggiurkan yang biasa diberikan para kreditur adalah riwayat pinjaman akan diabaikan. Anda patut curiga jika menemukan penawaran ini. Hal ini dikarenakan setiap kali seseorang melakukan pinjaman di mana pun, riwayat pinjamannya akan tercatat di BI. Biasanya untuk menghindari masalah pembayaran ke depannya, para kreditur akan mengecek riwayat pinjaman terlebih dahulu sebelum mencairkan dana yang diminta oleh debitur. Sedangkan para pelaku penipuan biasanya akan melakukan cara apapun termasuk merayu Anda dengan mengatakan tidak akan memedulikan riwayat pinjaman sebelumnya. Untuk itu berwaspadalah dan jangan mudah tergiur. Karena bukannya membantu Anda, hal ini malah bisa menambah pinjaman Anda.

5. Verifikasi Terlebih Dahulu Sebelum Memutuskan Mengajukan Pinjaman

Anda bisa melakukan verifikasi dengan menghubungi nomor resmi dari lembaga kreditur yang bersangkutan. Nomor resminya bisa coba Anda cari di website resmi lembaga tersebut. Pastikan untuk tidak mempercayai nomor yang diberikan kreditur yang biasanya mengatakan bahwa nomor tersebutlah yang nantinya akan menghubungi Anda.

Cek juga riwayat lembaga tersebut apakah pernah mengalami masalah. Jika Anda menemukan masalah walaupun hanya ada satu, lebih baik Anda batalkan pinjaman Anda. Hal ini agar Anda bisa terhindar dari hal yang tidak diinginkan ke depannya. Atau jika Anda memiliki banyak waktu dan memungkinkan Anda untuk pergi ke kantornya, datanglah kantor tersebut secara langsung dan lakukan pinjaman di sana. Ini bisa mengurangi resiko terjadinya penipuan saat Anda melakukannya secara online karena Anda bisa menilainya langsung saat bertatap muka.